Omzet Emas Pegadaian Meningkat 100 Persen

MALANG – PT Pegadaian (Persero) Area Malang memaksimalkan edukasi kepada nasabah dan masyarakat mengenai pentingnya investasi. Beberapa kali Pegadaian mengadakan seminar di awal tahun ini dan berhasil menarik minat nasabah. Terbukti, omzet penjualan emas baik batangan maupun perhiasan bisa meningkat dua kali lipat dalam satu kali seminar.
Pemimpin Pegadaian Cabang Malang Kota, Kusdi menyampaikan, edukasi investasi yang dilakukan oleh Pegadaian langsung membuahkan hasil kesadaran dari nasabah. “Terakhir kami memberikan edukasi berlangsung pekan lalu di Grand Palace. Sehari, omzet transaksi langsung melesat,” ujarnya.
Menurut dia, dalam sehari Pegadaian Malang Kota mampu menarik nasabah untuk melakukan investasi mencapai 1000 gram emas, yang terdiri dari emas batangan dan perhiasan. Padahal, sebelum ada edukasi semacam itu ketika ada bazaar perhiasan, omzet sekitar 500 gram saja sudah sangat bagus.
“Jumlah itu hanya satu cabang saja. Belum cabang yang lain di wilayah Area Malang yang turut mengikuti seminar tentang emas,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, Pegadaian melakukan edukasi agar semakin mantap melakukan investasi dan mempercayakan investasi emas ke perusahaan plat merah tersebut. Selain itu, edukasi juga memberitahu berbagai produk dan program yang kini dilakukan oleh Pegadaian. Misalnya, yang terbaru juga bisa melayani remitansi dari nasabah.
“Kami sekarang sudah memiliki produk remmitance, seperti Transaksi Delima, BNI Remmitance dan Western Union. Masih ada lagi program arisan emas untuk membantu ibu-ibu saving money dengan model yang lebih mudah,” urai dia panjang lebar.
Kusdi menambahkan, Pegadaian juga tercatat mengalami peningkatan penjualan barang lelang. Menurut dia,  perhiasan lelang yang terjual mencapai 67 pieces yang berasal dari Pegadaian Malang Kota saja.
Pria yang sebelumnya bertugas di Bandar Lampung ini menerangkan, Pegadaian memberikan pula pengetahuan mengenai program Kemilau Emas yang menawarkan hadiah berupa logam mulia. Hadiah utama seperti empat keeping emas seberat 500 gram dan 1000 keping emas dengan berat masing-masing 10 gram. “Masih ada hadiah lain seperti paket umroh dan emas seberat 5 gram,” pungkas Kusdi. (ley/fia)