Koperasi Syariah BTM Surya Gemilang Diresmikan

KEDUNGKANDANG – PCM Kedungkandang meresmikan Koperasi Syariah BTM Surya Gemilang MEK PCM Kedungkandang, Minggu (15/2/15). Peresmian dihadiri Lurah Arjowinangun Nyoto S.Stp, didampingi Ketua Koperasi Syariah BTM Surya Gemilang, Drs.Urip Margianto serta warga yang bertempat di sekitar Kantor Kelurahan Arjowinangun, Kedungkandang kota Malang.
“Kami menyambut baik dengan diresmikannya Koperasi Syariah BTM Surya Gemilang, yang tujuannya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan bisa menyerap sumber daya manusia serta mengurangi angka pengangguran khususnya di sekitar Arjowinangun,” kata Lurah Arjowinangun Nyoto S.Stp, kemarin.
Acara peresmian yang juga dibantu mahasiswa KKN UMM berlangsung meriah. Pada  kesempatan tersebut juga dilangsungkan peresmian Posdaya As-Sakinah, program pendampingan DPPM UMM Lutfirahman AM. Selain itu, ada bazar kuliner dan kerajinan tangan mitra binaan koperasi serba usaha, Unit Koperasi Syariah simpan pinjam BTM Surya Gemilang Mek PCM Kedungkandang Kota Malang.
Ketua Koperasi Surya Gemilang, Drs. Urip Margianto mengatakan, koperasi sebagai bentuk pemberdayaan dan mensejahterakan masyarakat terlebih masyarakat Arjowinangun diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di masyarakat Arjowinangun.
Karenanya, agar dapat berkembang, suatu usaha memerlukan kepedulian dan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat. ‘’Sudah semestinya sebuah koperasi jasa keuangan syariah dapat memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan kebutuhan anggotanya. Begitupun sebaliknya para anggota juga dapat memahami dengan baik hak dan kewajibannya. Sehingga jangan sampai kegiatan simpan pinjam koperasi hanya didominasi kegiatan peminjaman disebabkan anggota koperasi lebih suka meminjam tapi enggan menyimpan. Karena itu, anggota koperasi dianjurkan tidak hanya meminjam saja, tapi juga menyimpan,’’ jelas Urip Margianto.
Menurutnya, Koperasi Syariah BTM akan berkembang jika didukung dengan infrastruktur yang bagus, dan menjadi bagian penting dari proses pembangunan ekonomi sehingga bertujuan untuk memperbaiki kesejahteraan secara lahiriah.
Acara tersebut bertambah semarak, dengan adanya jalan sehat serta pengundian kupon door prize, antara lain kompor gas, dispenser, blender, jam dinding dan hadiah menarik lainnya, serta hiburan Duta Kreasi. (sir/mg13/udi)