Kini, Ada Cokelat untuk Vegetarian

KINI tidak ada pantangan lagi bagi para vegetarian untuk menikmati cokelat. Di Inggris, ada produsen cokelat yang meluncurkan cokelat khusus bagi mereka yang hanya makan dari olahan nabati.
Siapa yang tak suka cokelat? Cita rasa ringan dan lezat dari sebuah cokelat digemari semua kalangan. Namun sayang, untuk mereka yang vegetarian harus menghindari cokelat, lantaran umumnya cokelat yang tersedia di pasaran telah dimodifikasi dengan campuran susu yang berasal dari sapi. Cokelat seperti ini biasa disebut dengan dairy milk chocolate.
Namun, kini ada gembira bagi para vegetarian yang tidak mengonsumsi susu. Cokelat khusus para vegetarian telah diluncurkan oleh produsen cokelat ternama di Inggris, Hotel Chocolat. Cokelat benar-benar bisa dikonsumsi oleh para vegetarian, karena dibuat tanpa campuran susu, melainkan dengan campuran cocoa powder dan almond powder. Cokelat itu diberi nama Milk-Free Milk.
Cokelat ini mengandung kepadatan kakao sebanyak 56 persen, sehingga rasanya tidak terlalu manis. Menurut beberapa koresponden yang sudah mencobanya, rasa dari cokelat ini benar-benar seperti cokelat yang mengandung susu, tidak ada yang berbeda meski tanpa menggunakan campuran susu.
Cokelat vegan ini dihadirkan dengan berbagai bentuk yang lucu. Seperti, cokelat berbentuk telur angsa berukuran 130 gram, yang dibanderol seharga 10 poundsterling atau sekira Rp198 ribu. Lalu ada bentuk kelinci dengan harga 5,50 poundsterling atau sekira Rp109 ribu, dan cokelat stik dengan harga yang lebih murah, yaitu 2,50 poundsterling atau sekira Rp49 ribu.(ozn/fia)