Lima Rute Beru Perkuat Sayap Citilink

MALANG POST - Guna meningkatkan jumlah penumpangnya tahun ini, PT Citilink Indonesia akan membuka lima rute penerbangan domestik baru dalam waktu dekat. Sedianya, maskapai penerbangan murah (low cost carrier) itu menargetkan jumlah penumpangnya tahun ini mencapai 11,2 juta orang, naik 43,5 persen dibanding besaran tahun lalu yang hanya mencapai 7,8 juta orang.
"Tahun ini memang kita targetkan membuka lima rute baru, namun kita belum tentukan rute-rute pastinya. Kemungkinan besar dua atau tiga diantara rute tersebut akan difokuskan di Indonesia bagian timur," ujar Direktur Utama Citilink Albert Burhan di Jakarta, Senin (23/2).
Sebagai realisasi awal, Albert bilang, Citilink telah meluncurkan satu rute baru yakni Bandung-Lombok yang dirilis dua pekan lalu. Nantinya, Citilink juga mempertimbangkan untuk membuka rute Yogyakarta-Lombok meskipun keputusan ini belum final.
"Kita sedang mempelajari rute-rute baru ini karena selain untuk menggerakan pariwisata, diharapkan upaya tersebut juga bisa mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) masing-masing daerah agar pasarnya semakin luas," tambahnya.
Albert mengisyaraktkan, Citilink juga akan membuka rute untuk ke kawasan Indonesia Timur khusunya wilayah Makasar, Sulawesi Selatan. Ia menegaskan, penambahan rute ke kawasan Indonesia timur diharapkan mampu menarik 20 hingga 30 persen dari total target penumpang sebanyak 11,2 juta tahun ini.
"Dengan 185 penerbangan di tahun kemarin, kami harapkan ada tambahan 50 hingga 60 flight pada tahun ini. Terlebih kita akan menambah lima pesawat pada tahun ini, semoga semua bisa terlaksana sesuai rencana," ujarnya.
Selain penambahan rute, manajemen Citilink juga bakal meningkatkan frekuensi penerbangan ke luar negeri. Berdasarkan catatan anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk tersebut, bulan ini pihaknya menerbangkan banyak penumpang dari Tiongkok datang ke Bali lantaran adanya perayaan hari Imlek. Selain itu, awal bulan Maret mendatang Citilink juga akan membuka penerbangan umrah baru dari Surabaya ke Jeddah, Arab Saudi.(cin/fia)