Nasabah Cilik Diajari Kelola Uang

MALANG – Puluhan anak-anak berseragam kompak memberikan salam kepada security Bank Permata di Jalan Ade Irma Suryani, Rabu (25/2) kemarin. Langkah mereka berlanjut ke depan meja customer service. Setiap siswa fokus membaca brosur, beberapa menunjukkan wajah bingung.  
Pemandangan itu terjadi di Bank Permata Ade Irma Suryani. Acara bertajuk Banking for Student tengah digelar dan membuat bank itu kedatangan pelajar dari SD Bina Budi Mulia. “Kami memiliki acara yang mengundang pelajar agar mengerti produk perbankan dan keuntungan menabung di bank,” ujar Relationship Manager Permata Bank Ade Irma Suryani, Wahyuningtyas Eka Hardiana.
Dia menyampaikan, acara itu untuk mengenalkan program tabungan Bank Permata yang beraneka ragam. Tak terkecuali dari nasabah usia dini, yang masih kategori pelajar melalui tabungan Permata Bintang, tabungan yang dikhususkan bagi anak-anak dengan usia di bawah 17 tahun.
Perempuan yang akrab disapa Anna ini menerangkan, melalui tabungan ini pun sang anak bisa pintar dan mengenali apa itu tabungan dan bagaimana cara menabung di bank. Pasalnya, kesempatan bagi orang tua untuk memberi pelajaran sang anak juga lebih gampang dan bisa diajarkan secara langsung.
“Permata Bintang ini sebagai salah satu sarana edukasi bagi orang tua. Bagaimana mengelola keuangan dan apa pentingnya menabung,” ujarnya.
Perempuan ramah ini menyampaikan, bank bekerjasama dengan sekolah untuk menyampaikan pesan pentingnya memiliki tabungan. Seperti halnya menggelar Banking for Student, yakni mengundang pelajar SD untuk mengunjungi bank dan belajar mengenai tata cara menabung dan keuntungan ketika menabung.
“Edukasi dari orang tua akan semakin sempurna dan berlanjut pada pembukaan tabungan ketika sang anak sudah merasakan sendiri atmosfer di bank. Keramahan customer service hingga pelayanan prima dari teller,” papar Anna.
Untuk saat ini, Permata Bintang, khususnya di Bank Permata Ade Irma Suryani mampu menggaet rata-rata 300 nasabah baru per bulan dan sesuai dengan target. Menurut Anna, angka ini menjadi catatan bagus bagi bank tersebut dan sejalan bagi program Permata Bintang yang memiliki tujuan edukasi.
Dia menerangkan, pelajar yang diundang untuk mengikuti Banking Student pun bisa langsung bertanya mengenai apa produk Bank Permata, serta bagaimana cara membuka Permata Bintang. Begitu pula terkait keuntungan seperti bebas administrasi untuk tabungan lebih besar atau sama dengan Rp 50 ribu. “Keistimewaan biaya administrasi, bebas biaya tarik tunai di jaringan Permata ATM, ATM Bersama untuk saldo sebelum transaksi minimum Rp 2,5 juta. Selain itu, untuk pembukaan juga ada cash back Rp 50 ribu langsung dimasukkan ke tabungan,” imbuhnya.
Guru Pengajar Kelas 4 SD Bina Budi Mulia, Humphrey menyampaikan, anak didiknya bisa mengaplikasikan dari pelajaran di sekolah dengan kegiatan itu. “Selain edukasi untuk menabung, ini juga sesuai dengan pelajaran yang menyangkut cita-cita ketika dewasa,” terang dia.
Menurutnya, anak-anak pun tidak segan bertanya langsung mengenai produk Bank Permata, baik yang dikhususkan kepada mereka sebagai pelajar, maupun alur membuka tabungan di bank tersebut.(ley/ary)