Berinvestasi di Sukuk Minimal Rp 5 Juta

MALANG – Ragam pilihan investasi bisa menjadi pilihan masyarakat saat ini. Salah satunya dengan berinvestasi di sukuk. Dengan modal Rp 5 juta, Anda sudah bisa menjadi seorang investor. Apalagi Sukuk menawarkan model investasi dengan prinsip syariah.
Pemimpin BRI Syariah Cabang Malang, Agung Rahardjo menyampaikan investasi Sukuk bisa dilakukan individu atau perseorangan WNI dan minimal melakukan investasi sebesar Rp 5 juta dan berlaku kelipatannya. Sedangkan untuk angka maksimal yakni sebesar Rp 5 miliar. Syarat berikutnya sudah memiliki rekening di bank yang telah ditunjuk dan rekening surat berharga. Selain itu, pemerintah meneyapkan adanya holding period yaitu masa dimana Sukuk Negara Ritel tidak dapat ditransaksikan selama satu kupon period.
Agung menyampaikan, untuk saat ini berbagai kalangan telah berinvestasi SR 007.
“Makanya, anak muda atau karyawan muda pun bisa dengan mudah berinvestasi. Segera datang saja ke kantor BRI Syariah bila tertarik, sebelum kuota habis,” pungkas Agung.
Saat ini, pemerintah menerbitkan Sukuk Negara Ritel (SR 007) berupa surat berharga yang ditawarkan dengan prinsip syariah kepada investor perorangan yang ingin berinvestasi. BRI Syariah menjadi salah satu perbankan yang turut menawarkan sukuk ritel dan menargetkan penjualan sebesar Rp 250 miliar. BRI menargetkan penjualan SR 007 sebesar Rp 250 miliar itu berlaku nasional. Sementara, untuk tingkat Malang targetnya sebesar Rp 15 miliar.
“Untuk area Malang, penjualan SR 007 sebesar Rp 15 miliar yang meliputi Malang Raya hingga cabang di Rogojampi, Banyuwangi,” ujarnya, di Investor Gathering yang berlangsung di Hotel Aria Gajayana, Kamis (26/2) malam.
Menurut dia, target ini lebih tinggi ketimbang penjualan sukuk ritel sebelumnya sebesar Rp 5 miliar. Pasalnya, tingkat minat masyarakat untuk berinvestasi dengan model syariah pun turut berkembang. Sebagai bukti, hingga Kamis malam pun dari kuota Rp 15 miliar, sudah sekitar 70 persen terjual kepada investor.
Alasan larisnya SR 007 tersebut yakni ditawarkan dengan tingkat coupon rate sebesar 8,25 persen yang sangat menguntungkan bagi investor. Akad yang digunakan yakni akad Ijarah Asset To Be Leased yang berjangka waktu tiga tahun.
“Penawaran SR 007 ini akan berlangsung hingga 6 Maret dan telah berlangsung sejak 23 Februari lalu. Tetapi, terkadang sebelum tanggal itu sudah habis terjual kepada investor,” papar dia kepada Malang Post.
Sukuk ritel memiliki keistimewaan yang disingkat dengan SALAM yang berarti Syariah, Aman, Likuid, Adil, dan Menguntungkan. “Penerbitannya sesuai dengan prinsip syariah, aman, dapat diperdagangkan yang berpotensi menghasilkan keuntungan, imbalan sesuai dengan imbalan pasar dan imbalan atau kupon yang ditawarkan lebih tinggi ketimbang bunga deposito BUMN,” urai dia panjang lebar. (ley/oci)