Terapi Kepala Menyeluruh dengan Head Spa

MALANG – Hair spa mungkin tak asing di telinga Anda. Namun pernahkan mendengar head spa?. Treatment untuk kulit kepala ini memang masih sangat jarang ditemukan di Indonesia apalagi Malang. Namun, perawatan ini banyak ditawarkan salon dan pusat kecantikan di Singapura.
Treatment head spa bisa Anda dapatkan di Dinna Sakti Salon. Salon yang berada d kawasan Soekarno Hatta ini menawarkan treatment untuk kulit kepala dan menjadi satu-satunya salon di Malang yang menawarkan perawatan tersebut.
Owner Dinna Sakti Salon, Dina Arvizu Saktiana menjelaskan, head spa masih sangat jarang ditemui, sebab masyarakat lebih familiar dengan hair spa. Treatment kepala ini memberi banyak manfaat untuk kesehatan kulit kepala da rambut.
“Semua jenis rambut bisa menikmati treatment ini. Bahkan head spa ini bisa menjadi terapi bagi pemilik rambut berketombe dan rontok,” katanya.
Dina menjelaskan, head spa pada prinsipnya adalah membersihkan kulit kepala secara intensif sehingga membuatnya lebih sehat dan siap untuk menumbuhkan sel kulit baru. Perawatan ini membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam tergantung panjang pendeknya rambut.
Head spa dibagi dalam beberapa tahapan, diawali dengan keramas. Dina menuturkan, keramas pada head spa berbeda dengan hair spa yang relative tidak memakan waktu lama.
Head spa membutuhkan waktu keramas kurang lebih 15 menit, dimana kulit kepala akan dipijat untuk melepaskan sel kulit mati penyebab ketombe dan rambut rontok.
“Shampoo untuk keramas pun khusus yang memang diperuntukkan untuk pemijatan,” ungkap dia.
Tahapan selanjutnya adalah pembukaan kutikula rambut dengan pengaplikasian susu untuk menutrisi kulit kepala dan helai rambut. Selama pengaplikasian susu, rambut dan kulit kepala akan di-steamer agar pori-porinya terbuka.
“Ada penambahan ekstrak santan untuk rambut rontok. Setelah diguyur dengan susu, rambut didiamkan agar nutrisi dari susu bisa masuk ke rambut dan kulit kepala,” imbuhnya.
Setelah dibilas, tahapan selanjutnya adalah pengaplikasian krim masker untuk relaksasi kulit kepala selama beberapa menit, baru kemudian diberi hair tonic dan dikeringkan dengan menggunakan hair dryer dingin agar rambut tidak kering.
“Efeknya di awal biasanya ketombe-ketombe akan muncul dan kerontokan akan lebih banyak dari biasanya. Tapi itu wajar.setelahnya akan membaik karena kulit mati penyebab ketombe sudah terangkat sempurna,” urai dia panjang lebar.
Perempuan berambut panjang ini menambahkan, kulit kepala yang bersih dan pemijatan selama proses treatment juga akan membantu memperlancar peredaran darah yang merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat.
“Peredaran darah yang lancar juga akan mengurangi sakit kepala terutama yang disebabkan oleh kecapekan karena aktivitas yang padat,” jelas dia.
Untuk treatment head spa, Dinna Sakti Salon memasang harga Rp 75 ribu. Dina menuturkan, harga tersebut berlaku selama soft opening.(fia)