Citilink Layani Penerbangan Umroh Surabaya-Jeddah

MALANG – Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink akan membuka penerbangan umroh Surabaya – Jeddah,  mulai 8 Maret mendatang dengan frekuensi penerbangan mencapai tiga kali seminggu.
"Setelah sebelumnya meresmikan penerbangan umroh dari Jakarta, Citilink melengkapi ekspansi bisnisnya dengan melayani masyarakat Jawa Timur yang ingin melaksanakan ibadah umroh ke Arab Saudi," kata President & CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan dalam peresmian penerbangan umroh Citilink Surabaya – Jeddah di Garden Palace Hotel, Surabaya.
Meskipun bukan maskapai yang pertama melayani umroh dari Jawa Timur, namun penerbangan umroh Citilink ke Jeddah, mempertegas posisi bahwa maskapai LCC tetap mampu bersaing di pasar penerbangan umroh yang dikenal dengan persyaratan yang sangat ketat. Mulai dari aspek administrasi, tingkat ketepatan waktu penerbangan, hingga keselamatan dan keamanan penerbangan.
“Dalam perencanaan Citilink, penerbangan umroh akan dilakukan selama satu tahun yang dibagi dalam dua tahap. Pada tahap pertama Citilink menargetkan untuk menerbangkan sedikitnya 26.250 penumpang, dengan rata-rata penerbangan setiap hari mengangkut 180 penumpang dengan pesawat Airbus A320 terbaru,” kata Albert.
Penerbangan umroh dari Surabaya ke Jeddah akan dilakukan tiga kali sepekan yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan keberangkatan pukul 21.00 WIB setiap hari. Sementara sebelumnya Citilink telah melakukan penerbangan umroh Jakarta – Jeddah tiga kali sepekan yaitu hari Senin, Rabu, dan Minggu dengan keberangkatan pukul 22.00 WIB, sehingga total penerbangan Citilink ke Jeddah mencapai enam kali sepekan.
“Minat warga Jawa Timur dan tingkat pertumbuhan perekonomian 5,86 persen yang relatif tinggi menjadi bukti bahwa pasar penerbangan umroh di provinsi ini semakin terbuka luas," tegas Albert.
Penerbangan umroh yang dilakukan Citlink juga semakin membuktikan bahwa usaha penerbangan murah (LCC) dapat menembus bisnis umroh ke Arab Saudi yang Citilink menargetkan untuk menerbangkan 11,2 juta penumpang selama tahun 2015. Tahun sebelumnya Citilink menerbangkan 8 juta penumpang selama tahun 2014.
Tingkat Ketepatan waktu (on time performance-OTP) sepanjang tahun 2014 mencapai 82 persen, sementara tingkat isian penumpang mencapai 83 persen.
Selain itu, anak perusahaan Garuda Indonesia itu pada semester I akan mendatangkan lima pesawat terbaru airbus A320 guna mengembangkan sayap ke wilayah timur dan juga beberapa penerbangan regional. Hingga 2014 Citilink telah menerbangi 23 kota seluruh Indonesia. Citilink menargetkan untuk menerbangkan 11,2 juta penumpang selama tahun 2015 setelah sebelumnya menerbangkan 8 juta penumpang selama tahun 2014.  (ley)