Debut Infiniti QX30 Concept di Geneva

MALANG POST – Pabrikan otomotif Infiniti mengenalkan QX30 Concept yang penuh gaya dan serba bisa. Sebuah mobil mewah dengan desain masa depan yang akan menjadi inspirasi premium compact crossover terbaru. Seri itu, dikenalkan di Geneva International Motor Show 2015.
Debut ini menguatkan ambisi Infiniti untuk masuk di segmen compact premium, yang tumbuh pesat seiring dengan meningkatnya pelanggan dari kalangan atas, khususnya yang lebih muda. Mengombinasikan garis-garis halus dari coupe dengan command sitting dan kemampuan all-wheel drive dari crossover membuat QX30 Concept sangat mahir dalam bernavigasi di jalanan kota, layaknya menjelajahi perjalanan saat berlibur.
“Infiniti QX30 Concept menjadi pelopor dalam segmen premium compact yang memberikan alternatif terbaru bagi pelanggan pada segmen ini,” kata Roland Krueger, Presiden dan CEO Infiniti.
Kendaraan ini merepresentasikan prinsip Infinity untuk memberikan pelanggan kebebasan untuk berkendara ke manapun dan kapanpun mereka mau, dengan cara yang dapat mengekspresikan karakter individual pelanggan.
Dengan penampilan tajamnya dan fitur yang berbeda dengan yang lainnya, QX30 Concept didesain oleh tim internasional untuk menggugah pelanggan global yang tidak suka mengikut tradisi. Konsep compact footprint cocok dengan kebutuhan mereka akan produk yang sesuai dengan gaya hidup urban. Efek lebih tinggi dari crossover juga memberikan perspektif visual yang lebih tinggi di tengah lalu lintas kota dan dalam manuver parkir.
QX30 Concept merupakan yang terbaru dari kendaraan konsep Infiniti. Telah diumumkan akan masuk dalam tahap produksi missal, Q30 akan dibuat di Inggris pada tahun ini, sedangkan sports coupe, yang didasari oleh desain Q60 Concept dan dipertunjukkan di Detroit awal tahun ini, akan masuk produksi pada tahun depan. Crossover yang terinspirasi dari QX30 Concept juga akan diluncurkan tahun depan.
Infiniti terus memperluas line up produknya mulai jajaran kendaraan mewah kecil, yaitu Q30, sampai crossover berukuran besar seperti QX70. Bahkan, Infiniti telah mengukir sejarah kesuksesannya dalam menciptakan model crossover berperforma tinggi seperti QX50 dan QX70 untuk membuat QX30 Concept.
Untuk mendukung posisi penting QX30 Concept,  pendesain Infiniti telah menambah ciri khas visual yang akan mengidentifikasi kendaraan tersebut sebagai sebuah crossover. Bodinya terlihat lebih lebar dan tebal, dengan roda 21 inci, ban besar, dan increased blackout pada sekitar wheel opening. Desain roda yang unik mengkombinasikan alumunium dengan ukiran tiga dimensi dan bahan karet matte agar menjadi kombinasi yang unik.
Krom bumper depan yang mengkilat dibuat rendah dengan big side openings, memberikan proteksi terhadap hantaman udara. Sensasi perlindungan yang penuh gaya didukung oleh plat super kuat di bawah pintu dan plat yang terlihat keras namun di desain sangat unik di belakang.
Bahkan atap mobil didesain melebihi fungsinya. Dengan melebarkan dari garis tengahnya, secara artistik mereka seperti “menghadang” pandangan penumpang belakang melalui atap kaca, yang membuat perspektif luar mobil yang unik dan berbeda.
Kursi yang berbentuk U sebagian ditutupi dengan lapisan premium Connolly saddle leather dilengkapi dengan jahitan biru. Keselarasan yang terjadi antara bagian yang terekspos dan yang tertutup menambah kualitas tiga dimensi ke interior mobil.
“Penampilan luar biasa QX30 Concept layaknya kemampuan serba bisanya yang memang diciptakan demikian,” kata Alfonso Albaisa, Executive Design Director Infiniti. Sentuhan artistic yang diberikan menaikkan level crossover tersebut dari level di mana ia hanya sebagai mobil multi-fungsi saja.
QX30 Concept menjadi salah satu bagian dari kelompok kendaraan yang didesain cocok dengan beragam pilihan powertrain, untuk bensin dan diesel. Bergam pilihan ini dimaksudkan untuk memberikan variasi aspirasi gaya hidup di seluruh dunia, tergantung keinginan pelanggan akan kendaraan yang lebih sporty atau efisien.
QX30 Concept juga memperlihatkan kedinamisan dalam berkendara yang sudah pernah diperkenalkan oleh Infiniti sebelumnya, dan pengemudi bisa mendapatkan respon gas penuh, yang akan sangat berguna dalam berkendara di lalu lintas kota.
Interior QX30 Concept yang mengundang kehangatan mengajak dan menyatukan penghuni mobil secara emosional. Tempat duduk yang dibuat lebih efisien sekarang menjadi fasilitator ruang berbagi tersebut, dibanding menjadi penghalang antara pengemudi dan penumpangnya. Dan crossover menjadi tempat yang aman bagi penghuni untuk berhubungan satu dengan yang lainnya.
Merefleksikan nilai yang pelanggan pegang pada konektivitas, QX30 Concept memberikan sekilas level teknologi yang ada, yaitu fitur-fitur yang tidak banyak ditemukan dalam mobil compact. Sebagai contoh, Infiniti InTouch™ membuat pengemudi tetap dapat berkoneksi dengan dunia digital ketika sedang berkendara.

“QX30 Concept mencoba untuk memperluas variasi pada segmen. Mobil tersebut akan memberikan kenyamanan yang elegan baik ketika menghadapi cuaca buruk, kondisi jalan yang rusak atau lalu lintas kota,” tandasnya. (ley/jon)