Kompak dengan Anak Hobi Traveling dan Belanja

MALANG – Hobi traveling dan kuliner semenjak remaja, membuat Kiky Andika, Owner QA Holiday Tour and Travel menggemari aktivitas itu hingga kini. Bahkan, hobinya kini menular kepada sang anak Adellia Baby Wiranta yang kerap turut pergi traveling bersama dia.
“Saya menggemari travelling dan kuliner sudah lama. Ketika masih sekolah hingga berlanjut sekarang,” beber Kiky Andika.
Dia menyebutkan, sejak kecil sering mencari tempat kuliner yang bisa memanjakan lidahnya. Berlanjut ketika dia sudah menempuh perguruan tinggi hingga akhirnya Kiky memutuskan berbisnis tour and travel.
“Usaha yang saya miliki pun berawal dari hobi. Lebih enak ketika menjalankannya,” beber dia kepada Malang Post.
Kiky mengakui, bisnis tour and travel dirintisnya sejak tiga tahun lalu. Awalnya, dia masih menjadi partner temannya. Kesempatan itu, Kiky manfaatkan semaksimal mungkin untuk bersiap memiliki tour and travel sendiri.
“Saya mencoba mengenali sistem dan alur kerjanya. Setelah cakap, sudah saatnya saya membuka bisnis sendiri dan memanfaatkan keuntungannya,” papar dia panjang lebar.
Perempuan kelahiran 28 November 1977 ini menyampaikan, keuntungan yang dia dapatkan paling utama bisa berjalan kemana-mana. Baik di dalam dan luar negeri. Pasalnya, paket tour yang dia tawarkan memungkinkan Kiky untuk menjadi guide dan menyalurkan hobinya.
Menurut dia, dengan kondisi seperti itu dia sangat total untuk memajukan bisnisnya. Bekerja untuk kesenangan dia dan juga kesenangan wisatawan yang memanfaatkan jasa perjalanan wisata kepadanya.
“Saya bisa berkeliling Indonesia hingga luar negeri. Mencicipi kuliner di suatu daerah hingga berbelanja,” imbuh perempuan yang gemar mewarnai rambut ini.
Kiky mengungkapkan, untuk lokasi kuliner dia sangat menyukai Makassar. Alasannya, di berbagai lokasi di Ibukota Sulawesi Selatan itu, Kiky selalu menemukan masakan yang enak dan tidak mengecewakan lidahnya.
“Hampir semua masakan di sana enak dan cocok dengan lidah saya. Makassar sangat berkesan sebagai jujukan kuliner,” imbuh dia.
Sementara itu, untuk wisata alam dia lebih sepakat bila semua wisata di Indonesia menggoda. Mulai dari wisata pantai, gunung hingga wisata buatan. Misalnya di kawasan Malang Selatan dan Batu hingga di luar pulau seperti Raja Ampat dan Karimun Jawa.
“Untuk pilihan luar negeri, semua bagus. Untuk memenuhi hobi shopping di Singapura atau Hongkong. Tempat yang legendaries, ke Tiongkok saja,” jelas dia, merinci.
Aktivitas itu, menular pada sang anak. Baby, juga sangat gemar kuliner dan travelling. Anaknya pun kerap ikut sang ibu untuk pergi berwisata, baik di dalam dan luar negeri. “Asal pas liburan atau harus mengatur waktu, Baby sering ikut,” sebutnya lantas tertawa. (ley/jon)