Pelni Hadirkan Alfamart di Atas Kapal

JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) untuk menghadirkan toko Alfamart di atas kapal KM Sinabung sebagai pilot project.
Direktur SDM Pelni Datep Purwa Saputra mengatakan bahwa untuk tahap awal, toko Alfamart baru berada di kapal KM Sinabung. Ke depan, perusahaan plat merah ini akan menambah unit kapal yang dilengkapi dengan minimarket tersebut.

"Kami memiliki 24 unit kapal, sekitar 12 kapal berkapasitas 2.000 orang, dan 9 kapal berkapasitas 1.000 penumpang. Ini peluang bagi Alfamart untuk digarap," kata Datep dalam jumpa persnya di Kantor Pusat Pelni, Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Di dalam kapal KM Sinabung saat ini terdapat dua toko Alfamart, yaitu di dek 5 dan dek 6. "Kerja sama ini merupakan usaha Pelni untuk mengembangkan perusahaan serta meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Rencananya, kerja sama akan berlangsung selama lima tahun ke depan," yakinnya.
Sementara itu, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin menjelaskan, perusahaan mempunyai visi menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil.

"Dengan latar belakang persaingan bisnis ritel yang cepat, kalau perusahaan tidak mengikuti ritme persaingan yang cepat pula maka akan tertinggal. Alfamart dan Pelni mempunyai visi yang sama, yaitu berorientasi kepada konsumen," ungkapnya.

Solihin menjelaskan, investasi perusahaan untuk satu kapal tak kurang dari Rp 200 juta. "Potensi bisnisnya cukup besar karena sekali berlayar membutuhkan waktu selama tiga bulan. Untuk itu kami akan menambah toko lagi di sejumlah unit kapal Pelni," katanya.(*)