Citilink Buka Penerbangan Surabaya-Jeddah

MALANG – Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink, telah resmi membuka penerbangan Surabaya-Jeddah mulai 8 Maret lalu. Penerbangan ini untuk melayani perjalanan umrah jamaah dari Jawa Timur, dengan frekuensi penerbangan mencapai dua kali dalam sepekan.
Direksi PT Citi Harmoni Inti Jaya, Taufik menyampaikan, pembukaan rute baru ini akan memudahkan jamaah umrah dan pelaku bisnis umrah dan haji di Jawa Timur. “Termasuk bagi biro umrah di Malang, yang sangat potensial dan memiliki jamaah dalam jumlah besar. Keuntungannya perjalanan langsung ke Jeddah,” ujarnya.
Menurut dia, Citilink meskipun bukan maskapai pertama yang melayani umrah dari Jawa Timur, rute ke Jeddah mempertegas posisi maskapai LCC ini dalam persaingan di penerbangan umrah. Baik dari maskapai lokal hingga maskapai asing yang kerap dipilih untuk melayani perjalanan ke tanah suci.
Menurutnya,  untuk saat ini layanan penerbangan berlangsung di hari Selasa dan Minggu. Secara bertahap, penerbangan akan ditambah menjadi tiga kali dalam sepekan. “Bila antusias dari masyarakat besar, maka intensitas akan lebih banyak lagi,” papar dia.
Dia menyampaikan, perjalanan umrah bersama Citilink saat ini juga terdiri dari dua tipe. Yang pertama di hari Selasa untuk paket 14 hari dan berangkat dari Surabaya pukul 21.30 WIB. Sementara itu, untuk penerbangan di hari Minggu untuk melayani umrah selama 11 hari. “Lama penerbangan selama 13 jam dengan menggunakan Airbus 320 yang berkapasitas 180 penumpang,” imbuhnya.
Dia mengakui bila saat ini Citilink bisa bersaing dengan maskapai lain. Salah satu buktinya, biaya tiket pesawat dipatok di angka 1090 USD. “Dengan rute baru ini, kami harap travel umrah dari Malang dan Jawa Timur mempercayakan perjalanan pada kami,” tegas Taufik.
Terpisah, Owner Travel Umrah dan Haji Saudaraku, Muhammad Yusuf menyampaikan, kehadiran Citilink ini menambah pilihan bagi pelaku bisnis umrah. Pasalnya, tidak hanya maskapai asing saja, dengan maskapai lokal, apalagi bila harganya bersaing dan pelayanan berkualitas pasti akan menjadi jujukan.
“Semoga harganya memang mampu bersaing. Bila tidak, ya masih lebih baik memilih yang lain,” sebutnya.
Dia mengkui Citilink bisa menjadi jawaban bagi bisnis umrah yang menawarkan paket dengan harga murah. “Namun, untuk kelas premium memang pelayanan dan kenyamanan yang diburu. Sehingga, mungkin masih menggunakan maskapai lain,” terang dia.
Menurutnya, Saudaraku dalam sebulan ketika musim umrah, bisa memberangkatkan lebih dari 1000 jamaah. Bila banyak travel umrah, maka kehadiran Citilink diakuinya sangat bermanfaat.
Sementara itu, Rabu (11/3/15) kemarin, PT Citi Harmoni Inti Jaya mengenalkan penerbangan Citilink Surabaya Jeddah kepada pelaku bisnis umrah di Malang dan launching itu berlangsung di Santika Premier Hotel Malang. (ley/han)