CBR250RR Produk Memuaskan


SEJARAH BARU : PT Astra Honda Motor merilis produk flagship All New Honda CBR250RR sebagai kasta motor balap tertinggi. (HONDA FOR MALANG POST)

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) merilis produk flagship All New Honda CBR250RR. Varian itu, digadang-gadang sebagai titik balik pengembangan sepeda motor hingga 10 tahun ke depan. Hal ini diungkapkan Presdir AHM, Toshiyuki Inuma.
Ia  menyatakan, desain CBR250RR menerapkan kasta motor balap tertinggi sehingga menghasilkan kendaraan yang bisa dikendalikan secara penuh. “Semua yang ada di CBR250RR itu, memasuki generasi baru sampai yang akan datang,” ungkapnya.
Setidaknya sampai 10 tahun ke depan, produk tersebut akan tetap diingat sebagai momentum penting sejarah baru sepeda motor di Indonesia. “Tetap digunakan (teknologi dan prinsip desainnya) sebagai sebuah evolusi untuk 10 tahun ke depan,” kata dia dalam rilisnya.
AHM, dilanjutkan dia, telah mencurahkan segala sumber daya dan kemampuan untuk dituangkan ke dalam produk baru itu. “Para engineer Jepang dan Indonesia berkolaborasi. Ini produk global bagi masyarakat Indonesia yang sangat menyukai motor,” paparnya.
Selain untuk memenuhi pasar Indonesia, CBR250RR yang diproduksi di pabrik AHM, Karawang, Jawa Barat, memang direncanakan untuk diekspor. Kapasitas produksi yang disiapkan khusus untuk produk itu adalah 20.000 hingga 30.000 unit per tahun.
“Untuk ekspor, kami pertimbangkan ke negara-negara berkembang termasuk Jepang. Tapi, masih kami pikirkan apakah dalam bentuk completely built-up (CBU) atau terurai,” tambah  Vice President Director AHM, Johannes Loman.
Dia menyatakan, keterlibatan para teknisi Indonesia untuk produk global menjadi bukti bahwa kemampuan anak bangsa sudah memenuhi standar internasional. “Ini merupakan produk flagship. Sebagai bukti bahwa kami mampu membuat produk yang memuaskan,” terangnya.
Di luar kebiasaan, Honda menghasilkan produk itu dengan tidak menjadikan penjualan sebagai pertimbangan utama. “Pasar motor sport 250cc relatif kecil. Sekitar dua persen dari total market nasional dan 10 persen dari total segmen motor sport,” timpal Direktur Marketing AHM, Margono Tanuwijaya.
Namun dia menyatakan, kehadiran CBR250 RR sekaligus mengakhiri produksi versi sebelumnya. Pihaknya tetap menjamin ketersediaan suku cadang motor tersebut, setidaknya sampai tujuh tahun ke depan. (jpnn/mar)