Menko Darmin Yakin Ekonomi Tumbuh 5,2 Persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis pemerintah bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,2 persen kendati sepanjang paruh pertama tahun ini hanya tumbuh 5,04 persen.
“5,2 persen nanti itu kan rata-rata yang mau dikejar. Ya memang (pertumbuhan ekonomi) kuartal III itu tidak selalu lebih tinggi dari kuartal II tetapi kuartal IV bisa (lebih tinggi dari kuartal II) sehingga kita bisalah dapat 5,2 persen,” kata Darmin, kemarin.
Cara pemerintah untuk menjaga laju pertumbuhan perekonomian, lanjutnya, adalah dengan melanjutkan apa yang telah dilakukan sejak awal. Salah satunya menerbitkan dan mengawal implementasi paket kebijakan ekonomi. “Kami teruskan saja ini apa yang ada. Sudah cukup,” ujarnya.
Darmin menilai perekonomian nasional memang sedang menggeliat. Hal itu ditunjukkan oleh beberapa peningkatan kinerja beberapa indikator ekonomi pada kuartal II dibandingkan kuartal pertama tahun ini. “Kalau pertumbuhan ekonomi dalam satu kuartal memang naik. Penjualan ritel juga naik, penjualan mobil juga naik, pertumbuhan kredit juga naik, walaupun enggak besar, tapi naik tiga bulan terakhir,” ujarnya.
Selain itu, menurutnya momentum pertumbuhan ekonomi kuartal II juga ditopang oleh bergesernya masa panen dari kuartal I ke kuartal II. “Panen beras yang bergeser dari kuartal I ke kuartal II itu membuat pertumbuhan di kuartal I sedikit tidak terlalu tinggi. Jadi kuartal II, baru akan terpengaruh naik,” katanya.
Oleh karenanya, Darmin tidak kaget mengetahui bahwa secara tahunan ekonomi kuartal II bisa tumbuh 5,18 persen atas di atas perkiraan analis dan pelaku pasar. “Saya selalu bilang (pertumbuhan ekonomi kuartal II) 5,1 persen, (realisasinya) ini 5,18 persen,” ujarnya. (cnn/ra/udi)