Mobil Calya, Amunisi Baru Toyota

RESMI : Toyota akan meluncurkan Calya yang diklaim murah dan lebih lengkap dibandingkan mobil MPV.

SURABAYA - Toyota akan resmi meluncurkan Calya dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada 11 Agustus nanti. Mobil hijau tersebut diklaim murah. Meski begitu, fitur yang disematkan pada mobil tujuh penumpang tersebut lebih lengkap jika dibandingkan dengan mobil low multi-purpose vehicle (MPV).
Kepala Cabang Auto 2000 Wiyung, Djoko Soeprapto menyatakan, Calya sudah dilengkapi dengan dua kantung udara (air bag) pada sisi pengemudi maupun penumpang depan. Dashboard Calya juga dibuat berlapis (multilayered) dengan warna hitam dan cokelat.
“Warna cokelat pada bagian bawah senada dengan jok yang berlapis fabric,” katanya. “Tren dashboard saat ini memang multilayered. Mobil keluaran Toyota berikutnya juga menggunakan dashboard seperti itu,” tulisnya dalam rilis kepada Malang Post.
Mobil berkapasitas mesin 1,2 liter tersebut juga sudah dilengkapi dengan kunci immobilizer yang baru disematkan pada tipe Grand New Avanza keluaran tahun lalu. Fitur itu tidak tersedia untuk Toyota Agya.
Fitur lain yang dicomot dari Grand New Avanza adalah velg dengan desain two-tone machining. Mobil kelas menengah Toyota yang memiliki velg tidak simetris tersebut baru Sienta. Hal berbeda lainnya adalah penempatan stick transmisi yang menempel pada dashboard.
“Mirip Honda Freed atau Daihatsu Luxio,” tegas Djoko. Hilangnya tongkat transmisi di antara kursi pengemudi dan penumpang depan membuat Toyota bisa menyematkan armrest yang bahkan tidak ada pada Sienta.
“Biasanya, fitur armrest pada bangku depan hanya ada pada mobil mewah seperti Lexus. Fitur itu disukai ibu-ibu untuk menaruh tas karena lebih aman daripada ditaruh di bangku penumpang,” pungkas dia. (mar)