Pengiriman Didominasi Produk E-Commerce


CINDERAMATA: (ki-ka) Kepala Bagian Sales & Marketing JNE Malang, W Yudistiro, SE, Mass Media Relations Section Head Idham Azka, Pemred Malang Post Dewi Yuhana, Manajer Bisnis Buari dan Asdir Edi Iswanto

MALANG – Pesatnya pertumbuhan bisnis e-commerce dalam enam tahun terakhir turut berkontribusi besar pada bisnis jasa pengiriman JNE. Saat ini, rata-rata pengiriman JNE mencapai 14 juta pengiriman per bulan di seluruh Indonesia.
Demikian disampaikan Mass Media Relations Section Head JNE, Idham Azka dalam media visit di Malang Post kemarin sore. Dia menambahkan, porsi pengiriman e-commerce cukup besar, mencapai 60 persen hingga 70 persen dari total pengiriman JNE. “Perubahan tersebut terasa sekali sejak 2010, di mana bisnis e-commerce di Indonesia mulai tumbuh dan berkembang,” urainya.
Di Malang sendiri, pertumbuhan permintaan layanan JNE meningkat signifikan. Dari Januari 2016 hingga Juni 2016 saja, terjadi peningkatan hingga 35 persen. Rata-rata outgoing operational outbond (produk yang dikirim ke luar Malang, red) mencapai 160 ribu pengiriman per bulan, sedangkan incoming operational inbound atau produk yang dikirim atau masuk ke Malang mencapai 150 ribu per bulan.
Hal itu, menurut Kepala Bagian Sales and Marketing JNE Malang, W. Yudistiro, SE menunjukkan banyak produk-produk UMKM di Malang Raya yang diminati oleh konsumen. “Jumlah pengiriman di Malang ini menyumbang 1-2 persen dari total pengiriman nasional,” ucapnya.
Melihat tren positif dari pertumbuhan produk UMKM tersebut, JNE pun mengambil langkah progresif dengan menggelar banyak event untuk pemberdayaan UMKM. Misalnya saja, edukasi tentang packaging untuk mempercantik kemasan produk mereka, sekaligus bagaimana cara packing yang bagus supaya produk yang dikirim tetap aman sampai tujuan.   
Karena itulah, dalam kunjungan yang diterima oleh Pemimpin Redaksi Dewi Yuhana, Asisten Direktur Edi Iswanto dan Manajer Bisnis Buari, JNE pun berharap ada sinergi dan kerjasama yang dapat dijalin dengan Malang Post. Apalagi korane arek Malang ini seringkali menggelar event-event off print secara reguler.
“Malang Post mempunyai event yang beragam. Mulai dari event untuk anak muda, ibu-ibu, event olahraga, budaya, hingga acara yang melibatkan UMKM. Jadi, kami sangat welcome untuk kerjasama dalam bentuk apapun,” ucap Hana, panggilan akrab Dewi Yuhana.
Media visit kemarin pun diakhiri dengan kesepakatan untuk membuat event dalam waktu dekat ini. “Segala hal detilnya dapat kita bicarakan sesudah pertemuan ini, kami siap mensupport acara yang digelar oleh Malang Post,” tambah Yudistiro.(mgb/han)