Pizza Hut Tetap Jalan, Warga Juga Tak Khawatir


MALANG - Isu mengenai dugaan pemakaian bahan makanan kadarluarsa yang dilakukan oleh PT Sarimelati Kencana (Pizza Hut, Pizza Hut Delivery, dan The Kitchen by Pizza Hut) seakan tidak memiliki pengaruh besar di Kota Malang.
Hal ini terbukti dari beberapa pernyataan pelanggan Pizza Hut di Kota Malang yang menyatakan ketidakkhawatiran mereka untuk mengkonsumsi produk makanan Pizza Hut yang tersebar berbagai cabang di Kota Malang.
“Saya sudah lama ya makan pizza disana, saya lihat juga cara pembuatannya kan langsung dimasak saat kita pesan. Makanya agak nunggu lama, saya pikir isu yang beredar juga belum terbukti kebenarannya jadi ya ga khawatir,” tutur Ade Yori Maulana yang mengaku sudah menjadi pelanggan reguler Pizza Hut Delivery Dinoyo sejak dua tahun belakangan.
Hal yang sama juga dituturkan seorang mahasiswa penggemar menu Pizza, Mila Baisuni. Ia menerangkan bahwa jika kabar tersebut sudah dapat dibuktikan benar mengandung bahan berkadarluarsa oleh pihak resmi seperti Dinkes atau BPOM dirinya masih belum memiliki kekhawatiran.
Mahasiswi semester akhir ini mengungkapkan bahwa, kabar dan isu boleh saja beredar, hanya saja isu masih belum terkonfirmasi dengan benar. Ia berharap pihak pemerintah pusat segera mengusut serius. Pasalnya jika memang benar dugaan kadarluarsa terbukti, banyak sekali warga Indonesia yang akan dirugikan.
Sementara itu, Restaurant Manager Pizza Hut Malang Cabang Ciliwung, Zaenal Wahyudi saat ditemui Malang Post, Selasa (6/9) terkait isu tersebut mengatakan tidak dapat memberikan keterangan. Pasalnya, hal tersebut tidak menjadi kewenangan pihaknya.
“Ini yang berhak menjelaskan adalah pihak pusat. Kami tidak berwenang, mohon maaf,” paparnya saat ditemui.
Zaenal kemudian memberikan Malang Post, sebuah kontak yang dapat dihubungi terkait konfirmasi mengenai isu bahan kadarluarsa yang diduga dipakai pihak Pizza Hut. Kontak tersebut berupa alamat email Pizza Hut pusat.
Saat dikontak, pihak pusat kemudian bersedia memberikan konfirmasi yang menyebutkan bahwa pemberitaan yang menyebutkan PT Sarimelati Kencana selaku pengelola merek Pizza Hut, PHD, dan The Kitchen by Pizza Hut di Indonesia menggunakan produk kadaluwarsa adalah tidak akurat.
Surel tersebut meyebutkan bahwa sebagai perusahaan yang telah berdiri di Indonesia lebih dari 32 tahun dan memiliki 13.000 karyawan di 326 restoran, pihaknya selalu menempatkan keamanan, kenyamanan, dan kepercayaan Anda selaku pelanggan setia Pizza Hut Indonesia sebagai prioritas utama.