Sewakan Berbagai Jenis Kostum

BANGGA: Ristya, pemilik Toko Meiyu Aiko saat menunjukkan kostum sailor moon koleksinya. (Abraham/Malang Post)

MALANG – Adanya kostum yang unik menjadi daya tarik ternsediri untuk sebuah event pertunjukkan, maupun karnaval. Apalagi kostum tersebut menjadi salah satu penunjang penampilan peserta event. Untuk itu, Toko Meiyu Aiko menghadirkan tempat rental kostum di Malang Raya.
Tempat ini menawarkan berbagai macam jenis kostum mulai dari tokoh kartun Jepang, Indonesia, China dan lain sebagainya. Meiyu Aiko juga menyewakan rental kostum tokoh –tokoh pewayangan Indonesia. Toko yang terletak di jalan Uranus no 7 Tlogomas Lowokwaru ini, awal mulanya hanya dari keisengan Ratya Ratna.
Pemilik Toko Meiyu Aiko ini dulunya adalah cosplayer yang sering mengikuti event-event bunnkasai atau event kebudayaan Jepang yang ada di Kota Malang maupun di kota-kota lain.  Ratya mencoba menyewakan  kostum-kostum yang dimilikinya dengan tidak sengaja, dan ternyata kostum-kostum tersebut laku disewa oleh pelanggan.  
Akhirnya Ratya memutuskan untuk terjun kedalam bisnis penyewaan kostum tersebut.  Pada bulan juli 2015, Ratya hanya memiliki 25 kostum dan berkat teman-temannya sekarang Ratya mempunyai lebih dari 1000 kostum di tokonya.
“Pertama buka toko itu saya cuma punya 25 kostum, lalu teman-teman saya sesama cosplayer menitipkan kostum-kostum yang dimilikinya untuk saya sewakan,” jelas Ratya Ratna.
Meiyu Aiko mendapatkan kostum-kostumnya dengan membelinya secara online, maupun langsung. Selain itu juga menjahit sendiri beberapa kostum-kostum yang dimilki.  Perempuan ramah ini dibantu oleh tiga karyawannya untuk membantu menjahit kostum-kostum terbaru miliknya.“Kostum itu ada yang jahit sendiri. Sekarang kami juga dalam proses pengerjaan untuk baju India yang akhir-akhir ini banyak peminatnya,” ujar Ratya.
Dalam memasuki bulan Oktober nanti, Ratya juga mempersiapkan diri untuk menyiapkan kostum Halloween karena banyak dari pelanggan yang meminta untuk dibuatkan kostum Halloween.  Kostum yang diperlukan untuk acara Halloween adalah kostum labu, penyihir, kurcaci, medusa atau manusia ular dan berbagai tokoh Halloween lainnya.  
“Pengerjaan kostum Halloween ini sudah mulai kami kerjakan awal Agustus ini karena pemesannya cukup banyak dengan desain yang cukup rumit,” tutur pemilik yang juga memiliki berbagai macam koleksi wig atau rambut palsu ini.  
Untuk pemesanan pelanggan hanya perlu datang ke toko, dan menyiapkan Kartu Tanda Penduduk atau kartu pelajar. Untuk 24 jam dikenakan sewa kisaran Rp.45 ribu sampaiRp.200 ribu rupiah tergantung kostum yang disewa oleh pelanggan. Pemilik juga membuat perjanjian dengan para pelanggan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan kostum, hilangnya aksesoris kostum, dan sebagainya.
“Sewa di Meiyu Aiko tidak ribet seperti yang dibayangkan kok, pelanggan cukup membaca dan menandatangani perjanjian dan mengembalikkan kostum tersebut tepat waktu,” pungkas Ratya. (mg4/bua)