Malang Post

Banner
You are here: Ekonomi Harga Emas naik Rp 15 Ribu per Gram

Harga Emas naik Rp 15 Ribu per Gram

Share
MALANG – Permintaan emas mengalami peningkatan pasca lebaran. Hal ini terlihat dari transaksi di toko emas Utama Pasar Besar Malang yang kemarin (23/8) didominasi oleh penjualan emas ke konsumen.
Pemilik Toko Emas Utama, Hasan mengungkapkan, banyak masyarakat yang membeli emas perhiasan terutama untuk kadar 70 persen atau 22 karat baik dalam bentuk gelang, kalung, cincin maupun anting-anting.
”Pembelian oleh konsumen lebih besar, tapi perbandingannya tidak terlalu jauh. Kira-kira, 60 persen pembeli, sedangkan 40 persen konsumen menjual kembali emasnya,” etrang Hasan saat ditemui Malang Post kemarin (23/8) siang.
Tingginya permintaan emas membuat harga emas perhiasan pasca lebaran mengalami peningkatan dibandingkan sebelum lebaran. Untuk emas 24 karat, saat ini harganya Rp 500 ribu per gram, sementara untuk emas 23 karat Rp 435 ribu per gram.
”Kalau untuk emas 22 karat Rp 360 ribu per gram. Kalau dibandingkan dengan harga sebelum lebaran, ada kenaikan Rp 15 ribu untuk emas 24 karat,” terang dia.
Untuk buyback (harga jual kembali), emas perhiasan sangat tergantung pada kondisi barang, namun rata-rata untuk harga jual kembali, pedagang memasang selisih harga lebih murah Rp 7000 per gram. Hasan mengungkapkan, kenaikan penjualan emas pasca lebaran memang selalu terjadi.
Banyaknya uang yang masuk membuat para pemilik modal memilih untuk menyimpan sebagian uangnya dalam bentuk emas sebagai investasi aman karena nilainya tidak menyusut bahkan cederung terus mengalami kenaikan.
”Kalau setiap lebaran, harga emas memang selalu naik. Tahun lalu juga seperti itu,” ucap dia.
Kenaikan tak hanya terjadi pada emas perhiasan. Setelah libur sekitar seminggu, PT Aneka Tambang (Antam) juga menaikkan harga logam mulianya. Kemarin, harga yang dirilis PT Antam mengalami lonjakan Rp 12 ribu per gram.
Daftar harga emas yang dirilis pada pukul 8.01 WIB menunjukkan emas bersertifikat tersebut dijual dengan patokan harga Rp 510,8 ribu hingga Rp 550 ribu per gram. Level harga Rp 510,8 untuk pembelian emas batangan ukuran 250 gram, sedangkan Rp 550 untuk ukuran 1 gram.
”Buyback Antam secara otomatis menyesuaikan. Saat ini buyback berada pada level Rp 490 ribu per gram atau naik Rp 7000 dibandingkan harga sebelum lebaran,” ucap Penaksir Gadai Mega Syariah, Franggajati Firmansyah Maligan.
Pria yang akrab disapa Ega ini menjelaskan, kenaikan harga emas Antam maupun lokal (emas perhiasan) sejalan dengan kenaikan harga global di Bursa Logam Hong Kong Metal Exchange. Di bursa global, indeks Gold 100 Bloomberg menunjukkan harga emas naik 54,33 sen dolar ke level US$53,29 per gram pada pukul 7.57 WIB. Sementara itu, indeks HKMEx Gold Bloomberg menunjukkan harga emas naik 49,94 sen dolar ke level US$53,34 per gram pada pukul 7.54 WIB. (fia)

comments

This content has been locked. You can no longer post any comment.