Kembali Bersatu dalam Suasana Penuh Kekeluargaan

HALAMAN SMP Negeri 3 di Jalan dr. Cipto nomor 20 Kota Malang, Sabtu siang (4/4/15) kemarin penuh sesak. Bukan oleh para siswa sekolah tersebut, tetapi karena kehadiran ratusan peserta reuni akbar yang berdatangan dari seluruh penjuru tanah air.
Disebut reuni akbar, karena reuni kali ini memang  berlangsung istimewa. Dihadiri oleh para alumni sejak angkatan  1960-an hingga alumni angkatan beberapa tahun terakhir. Para alumni dari setiap angkatan mengenakan kostum seragam tersendiri sekaligus membedakan dengan alumni dari angkatan lain.
Sebuah panggung dan tenda berukuran besar berada di lapangan yang terletak di bagian tengah sekolah tersebut. Di situlah seluruh alumni bergantian menyanyikan lagu-lagu kesayangan mereka.Tepuk tangan gemuruh senantiasa mengiringi penampilan para alumni  lintas generasi tersebut.
Di antara mereka tampak mantan Ketua Hiswana Migas Malang Raya Teuku Rizal Pahlevi, Kadispenda Kota Malang Ir. H. Ade Herawanto, MT, Jimmy Wahyu Udiono (pemilik Maestro Productions),  Ketua Ikatan Alumni SMPN 3 Nurul Wardhana hingga anggota Komisi XI  DPR RI Ir. Andreas Eddy Susetyo MM yang memang arek asli Malang, tepatnya dari Jalan Pattimura Kota Malang. Serta sederet tokoh pengusaha hingga pejabat lain.
Berbagai suguhan makanan dan minuman tradisional  dihidangkan panitia yang dalam waktu sekejap ludes dinikmati para peserta. Tak hanya itu, para alumnus itu juga antusias mengelilingi sekolah  yang berdiri pada 17 Maret 1950 yang semula bernama MULO Wilhelmina  ini.
‘’Luar biasa meriah. Saya dan rekan-rekan merasa sangat senang bercampur terharu, karena setelah sekian lama tidak bertemu, kami akhirnya bisa dipersatukan kembali dalam reuni akbar kali ini,’’ ujar alumni tahun 1981, Ir. Teguh Widodo MM kepada Malang Post.
Pria ramah yang sehari-harinya menjabat Ketua STIE STMIK Asia Ir. Teguh Widodo MM ini menuturkan, kekompakan dan kebersamaan alumni SMP Negeri 3 selama ini selalu terjalin dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan begitu antusiasnya para alumni yang selama ini tersebar dari penjuru Aceh hingga Papua.
Acara kangen-kangenan di sekolah ini  merupakan kegiatan pada hari kedua.Sehari sebelumnya, pada Jumat (3/4/15) mereka telah melakukan reuni sesuai angkatan masing-masing di berbagai tempat. Di antaranya  di Hotel Gajah Mada yang kebetulan terletak persis di depan SMP Negeri 3 disamping beberapa tempat lain.  Kebersamaan tersebut dilanjutkan kemarin pagi dengan melakukan berbagai kegiatan dikemas sangat meriah di Taman Indie Araya.
Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh para alumni adalah turut memberikan sumbangan untuk berbagai  pembangunan dan pengembangan  di SMPN 3.Termausk  pembangunan masjid   dua lantai yang akan dibangun di dekat lapangan basket sekolah  tersebut. Sebelumnya, para alumni juga pernah membangun gazebo yang sangat nyaman di sekolah  dan selalu terlibat aktif dalam memajukan sekolah yang memiliki semboyan  Bina Taruna Adiloka (Bintaraloka) ini.
 ‘’Semoga keakraban dan kebersamaan dalam suasana penuh kekeluargaan di antara seluruh keluarga besar SMPN3 ini terus terjalin sampai kapanpun juga,’’ harap Andreas Eddy Susetyo yang sangat bangga dengan berbagai kemajuan SMPN 3 selama ini. (nugroho)