ITN Malang Tuan Rumah Olimpiade Nasional MIPA-PT 2015

INSTITUT Teknologi Nasional (ITN) Malang menjadi tempat pelaksanaan agenda tahunan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2015. Acara akan digelar dua hari (8-9/4/15) di kampus ITN Malang. Sebanyak 590 kontingen dari 46 PTN/PTS di Jawa Timur akan mengikuti lomba bergengsi ini. ITN Malang berupaya maksimal untuk menjadi tuan rumah yang baik.

Sebuah photo booth terlihat sedang ditata di halaman samping rektorat ITN Malang sore kemarin. Ada beberapa foto yang menunjukkan aktivitas mahasiswa ITN Malang mewarnai photo booth itu, ditambah tulisan sedikit mencolok ON MIPA PT 2015. Stand foto yang akan ditempatkan di area pelaksanaan olimpiade tersebut sontak menarik minat beberapa peserta yang sudah mulai berdatangan sore kemarin. Mereka antusias berfoto dengan teman-temannya.
ON MIPA PT 2015 rencananya akan dimulai hari ini serentak di seluruh Indonesia. Seleksi tingkat wilayah ini akan digelar di 14 wilayah mulai pukul 09.00 WIB . Khusus wilayah VII Jawa Timur, kegiatan dipusatkan di ITN Malang.  Lomba ON MIPA PT ini digelar oleh Dikti, pelaksananya adalah Kopertis dan ITN Malang dipilih sebagai tempat lomba untuk wilayah VII Jatim.
“Kami bersyukur dan bangga karena dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan lomba ini, dan ini adalah kali ke dua bagi ITN Malang,” ungkap Rektor ITN Malang Dr. Ir. Lalu Mulyadi MT. kepada Malang Post.
Kepercayaan yang diberikan Dikti melalui Kopertis ini tentu beralasan. Tidak menutup kemungkinan bahwa kesuksesan penyelenggaraan sebelumnya menjadi alasan dipilihnya ITN sebagai tuan rumah untuk kali ke dua. Tepatnya pada 2013 lalu, kegiatan ON MIPA PT sukses digelar di ITN Malang.
Sebenarnya, menurut Lalu, ITN menawarkan penyelenggaraan kegiatan ini di Kampus 2 Karanglo. Mengingat keberadaan kampus tersebut sangat luas dan nyaman untuk menampung ratusan peserta dari seluruh Jatim. Namun, karena pertimbangan akses ke lokasi penginapan peserta, maka dipilihlah Kampus 1 yang dianggap lebih representative.
“Tim Kopertis sudah meninjau ruangan di kampus 1, dan menurut mereka sudah memenuhi standar untuk lomba,” bebernya.
Tak hanya melakukan persiapan maksimal sebagai tuan rumah, ITN Malang juga sudah menyiapkan mahasiswa terbaiknya dalam lomba tahun ini. Untuk empat bidang lomba yakni Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia, masing-masing ada tujuh mahasiswa.
“Kami sudah melakukan seleksi di internal kampus, dan sudah ada kontingen di tiap bidang lomba,” ujar Wakil Rektor 3 ITN Malang Ir. I Wayan Mundra MT.
Mundra menuturkan, sesuai aturan, pada tiap bidang lomba maksimal boleh mengirimkan 7 orang saja. Itu pun, tidak semua perguruan tinggi bisa mengikuti semua bidang lomba atau bahkan mengirimkan kontingen sejumlah 7 orang. Beruntungnya, ITN memiliki banyak mahasiswa potensial yang pernah mengikuti olimpiade ketika masih SMA. Karena itu, tak berlebihan jika pada ajang kali ini target juara menjadi impian ITN Malang.
“Persaingan tentu amat ketat karena yang berlomba adalah mahasiswa terbaik dari masing-masing perguruan tinggi, tapi kami tetap berharap bisa juara,” kata dia.
Iming-iming beasiswa sudah disiapkan ITN Malang bagi mahasiswa yang bisa mendulang prestasi di ajang ini.
Sesuai target kegiatan, penyelenggaraan ON MIPA-PT diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa, serta kecintaan mereka terhadap MIPA. Selain itu, diharapkan pula kegiatan ini memberikan dampak pada peningkatan kualitas dan wawasan staf pengajar, serta memberikan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA. Kegiatan ini dapat menjadi ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau matakuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat.(lailatul rosida/red)