Dikonsumsi Teratur, Bisa Sembuhkan Diabetes

Produk minuman Raja Sari Tebu produksi PG Krebet Rajawali I – PG Krebet Baru II Bululawang.

Minuman ‘Raja Sari Tebu’ Ditangani Tenaga Ahli

DAERAH Malang  memang   memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, untuk menjadi sebuah usaha. Salah satunya adalah minuman sari buah. Jika selama ini ada minuman sari buah apel, maka sekarang ada minuman ‘Raja Sari Tebu’. Khasiatnya, antara lain dipercaya  bisa  menyembuhkan penyakit diabetes.

Minuman Raja Sari Tebu memang belum terdengar di pasaran. Minuman ini diproduksi oleh PG Krebet Rajawali I – PG Krebet Baru II Bululawang. Baru pada hari Selasa (12/5) lalu, minuman penghilang rasa dahaga ini, diresmikan oleh Direktur PG Krebet Rajawali I, Gede Meivera.
“Minuman Raja Sari Tebu ini, dibuat melalui penelitian serta kajian. Minuman ini sehat dan murni dari sari tebu, bagus untuk konsumsi sekaligus penambah dan pengganti energi tubuh sehari-hari,” ujar Gede Meivera kepada Malang Post.
Saat ini belum banyak produk yang dihasilkan. Selain karena masih tahap pengenalan, tempat produksinya juga masih gabung dengan PG Krebet Baru II Bululawang. “Sementara memang hanya untuk internal saja. Termasuk untuk suguhan ketika ada tamu,” tambah  GM PG Krebet Baru II Bululawang, Audry Harris Jolly Lapian.
Ide pembuatan minuman Raja Sari Tebu ini, karena ingin mengembangkan potensi yang ada. Malang Raya memiliki lahan tebu yang sangat luas. Sementara belum ada yang membuat minuman yang terbuat dari sari tebu.
“Sementara Kota Batu yang hanya memiliki lahan tebu tidak terlalu luas, bisa memanfaatkannya. Karena itulah, untuk mengembangkan potensi yang ada kami buatkan minuman Raja Sari Tebu,” jelas Jolly.
Proses pembuatan minuman ini, tidak sekadar asal-asalan. Pembuatan minuman Raja Sari Tebu, melalui pengkajian serta penelitian yang cukup lama. Tenaga yang menangani pembuatan minuman inipun, tidak sembarangan. Yaitu ditangani oleh tenaga ahli lulusan S2 salah satu Universitas Negeri terkenal di Indonesia.
“Sari tebu ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa menyembuhkan sakit diabetes jika rutin mengkonsumsinya,” tegas pria asal Manado ini.
Pria ramah murah senyum ini mengatakan, kendati bahan pembuatan minuman adalah tebu, tetapi tidak mengurangi produksi tebu dan gula di PG Krebet Baru II Bululawang. Karena PG Krebet Baru II Bululawang, memiliki lahan tebu sendiri seluas 17 hektare.
“Sehingga sama sekali tidak akan mengganggu produksi gula dan tebu. Sebab masih ada ratusan hectare lahan tebu milik petani, yang memang untuk produksi gula. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika permintaan minuman Raja Sari Tebu dari masyarakat meningkat, bisa memanfaatkan lahan tebu milik petani,” paparnya.
Target awal produksi minuman Raja Sari Tebu ini, adalah menyasar wilayah Jawa Timur terlebih dahulu. Baru setelah itu, akan menyasar ke seluruh wilayah di Indonesia. Sebab dalam pemasaran, PG Krebet Baru II Bululawang akan bekerjasama dengan pihak luar (badan usaha), untuk distribusi serta marketing.
“Adanya produk minuman Raja Sari Tebu ini, secara tidak langsung juga untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Malang, karena akan menampung tenaga kerja sesuai yang dibutuhkan nantinya,” sambungnya.(agung priyo/nug)