Dibalik Kemeriahan Kejurda Time Rally Jatim di Malang

RATUSAN peserta ambil bagian dalam Kejurda Time Rally seri ketiga tahun 2015 di Malang,hari Sabtu 27 Juni 2015  kemarin. Even dikemas semarak ini sekaligus jadi reuni sederet tokoh otomotif di Jawa Timur. Bagaimana suasananya?
Pria sepuh ini nampak tetap penuh semangat walau  berjalan tertatih-tatih dan harus  dibantu tongkat. Setiba di Ijen Suites Resort & Convention, tokoh otomotif Jatim Ir.R.Agoes Soerjanto dan sejumlah   panitia  bergegas  menyambut dan mengantarnya ke tempat duduk di dekat tempat berlangsungnya pemberangkatan peserta. Mereka kemudian saling berbincang sekaligus bereuni dalam suasana penuh kekeluargaan.
Ya,sosok pria  yang rambutnya sudah memutih ini sosok yang sangat akrab bagi insan otomotif di Jatim. Dia adalah Teddy Moedayat  yang telah puluhan tahun mengabdikan diri sebagai pembina otomotif sekaligus pengurus IMI(Ikatan Motor Indonesia) Jatim. Akhir tahun 2014 silam, Pemprov Jatim melalui Wagub Jatim Drs H Saifullah Yusuf telah  menganugerahkan penghargaan sebagai Tokoh Pembina Otomotif Jatim kepada pria berkacamata asal Surabaya ini.
 ‘’Saya sangat senang setiapkali  bisa menghadiri even otomotif di Malang seperti sekarang ini.Sebab saya sekaligus bisa bernostalgia dan bereuni dengan teman-teman lama saya di bidang otomotif,’’ papar Teddy Moedayat sembari tersenyum ramah. Ia kemudian memperkenalkan beberapa anggota keluarga,termasuk sang cucu,yang kemarin sengaja diajak  turut  berlibur dan menikmati kesejukan Kota Malang.
Beberapa saat kemudian beberapa  tokoh otomotif  lainnya tiba dan langsung bereuni dengan Teddy Moedayat yang didampingi Ir.R.Agoes Soerjanto dan beberapa panitia lainnya.Mereka diantaranya adalah Tonny BP, Ir.Freddy BK,Raditya dan beberapa tokoh otomotif lainnya.
Pembicaraan kian gayeng ketika mereka bernostalgia menceritakan beberapa kisah dan kenangan baik ketika masih aktif sebagai pembalap maupun kiprah sebagai  panitia even otomotif, pengawas lomba dan   pengurus IMI Jatim. Kiprah mereka tidak terbatas di wilayah Jatim tetapi hingga berbagai daerah lain di seluruh Indonesia.
Ir.R.Agoes Soerjanto mengungkapkan  dirinya masih duduk di bangku SMP kelas 3 ketika dirinya kali pertama berkenalan dengan Teddy Moedayat. ‘’Saya waktu itu sudah mulai sering menjadi panitia even otomotif yang diadakan oleh Kelompok Muda Javanoea di Malang.Saya sejak awal sangat terkesan  dengan  ketegasan beliau setiapkali berlangsungnya even otomotif,’’ kenangnya.
Pembina Makota Sport & Ijen Suites Team ini menuturkan banyak pelajaran berharga diperolehnya dari sosok Teddy Moedayat yang puluhan tahun menjabat Kabid Perlombaan IMI Jatim. Berbagai pelajaran tersebut berhasil menempanya hingga akhirnya berhasil menggelar berbagai even otomotif. Baik roda dua maupun roda empat.
‘’Kami bisa menjadi seperti sekarang ini juga berkat dukungan dari beliau-beliau  termasuk Bapak Teddy Moedayat. Mereka  tidak pernah lelah memajukan pembinaan otomotif  di Jatim sehingga  memang sangat tepat jika akhir tahun lalu beliau mendapat penghargaan khusus dari Pemprov Jatim dan IMI Jatim,’’ seru Agoes Soerjanto.
Suasana reuni tokoh otomotif Jatim ini berlanjut hingga kehadiran anggota Komisi X DPR RI dapil Malang Raya yaitu  Moreno Soeprapto  dan beberapa tokoh lain yang terus berdatangan menjelang berlangsungnya pemberangkatan peserta. Termasuk Ketua DPRD Kota Malang Ir.Arif Wicaksono.
‘’Semoga keakraban dan kekompakan insan otomotif  ramai-ramai berkumpul di Malang sekarang ini membawa dampak positif bagi kemajuan otomotif di Malang Raya seterusnya.Sehingga Malang Raya tetap menjadi gudangnya atlet berprestasi termasuk dari cabang otomotif ,’’ harap Arif Wicaksono. (nugroho)