Jaring 800 Atlet, Bangkitkan Futsal di Kabupaten Malang

Gelaran Bupati Cup 2 turnamen futsal PSSI Askab Malang dan Malang Post berjalan sukses. Pada partai final 27 September lalu, Metro Futsal dan Cherrybelle menjadi juara di kategori U-20 dan umum. Turnamen yang melibatkan 800 atlet futsal Kabupaten Malang dan sekitarnya ini, diorganisasi oleh W Enterprise, EO asal Sumbermanjing Wetan yang dipimpin Muhammad Alwi alias Awe.

Futsal Kabupaten Malang sudah lama tak terdengar gaungnya sejak pelaksanaan Bupati Cup tahun 2012. Baru tahun 2015, PSSI Askab Malang menghelat turnamen futsal, menggandeng Malang Post Korane Arek Malang. Namun, selain PSSI Askab Malang dan Malang Post sebagai partner, ada satu lagi pelaksana di lapangan yang mendalami dinamika turnamen futsal, yakni W Enterprise.
Nama W Enterprise meroket sejak Bupati Cup 2 sukses menjaring lebih dari 800 atlet futsal serta lebih dari 50 tim futsal dari kategori umum dan U-20. Bahkan, setelah W Enterprise sukses menjadi pelaksana turnamen, PSSI Askab Malang melakukan follow up peserta turnamen lewat Liga Futsal Kabupaten Malang.
Kebangkitan futsal Kabupaten Malang, tak lepas dari kerja keras PSSI Askab Malang, dan tentunya W Enterprise. Muhammad Alwi, adalah pria dibalik meroketnya W Enterprise sebagai penggelar event olahraga tersukses di Malang Raya.
Lalu, bagaimana liku-liku W Enterprise dalam menyelenggarakan event futsal dengan 800 orang peserta ini? “Tidak mudah menggelar turnamen futsal di Kabupaten Malang. Sebelum ini futsal Kabupaten Malang masih belum bangkit. Kita harus turun ke lapangan, dan menjaring peserta secara langsung,” kata Awe kepada Malang Post kemarin.
W Enterprise yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan itu mengelilingi Kabupaten Malang, untuk woro-woro pelaksanaan Bupati Cup 2 turnamen futsal. Awe menyebut, ada sekitar 21 gedung olahraga dan 43 lapangan futsal yang didatangi oleh Awe dan timnya demi mempromosikan Bupati Cup 2 yang menggandeng Malang Post.
“Kita keliling seluruh kecamatan di Kabupaten Malang. Mempromosikan Bupati Cup 2. Tapi, saat kita turun, para atlet futsal Kabupaten Malang sempat minder. Karena, mereka takut dengan besarnya event Bupati Cup 2,” sambung pria yang menginjak usia 32 tahun pada Senin 5 Oktober lalu.
Perjuangan Awe menjaring ratusan atlet akhirnya tercapai dengan kemitraan bersama Malang Post. Lewat medianya Arek Malang ini, Awe mulai kebanjiran peserta, khususnya untuk kategori umum. Bahkan, bukan hanya atlet Malang Raya saja yang akhirnya mendaftar di Bupati Cup 2.
“Kita bisa menjaring peserta dari Kediri, Gresik, Blitar, Jombang, Pacitan hingga Surabaya. Pada kategori umum, kita sampai menolak-nolak peserta. Lewat media, Bupati Cup 2 jadi turnamen level regional yang diakui di Jawa Timur,” sambung Awe.
Dengan support PSSI Askab Malang dan Malang Post, W Enterprise bergerak cepat menyambut animo tinggi futsal Kabupaten Malang. Hasilnya, ratusan atlet futsal mendapat wadah pembinaan serta ajang prestasi yang pas. Suami dari Luluk Lestining ini menyebut, respons para atlet terhadap turnamen ini pun sangat bagus.
“Atlet yang ikut, entah yang kalah atau menang, puas dengan turnamen ini. Mereka bahkan inden kepada W Enterprise, kalau ada turnamen futsal lagi, minta dihubungi dan pasti ikut. Mereka juga senang, karena diekspos koran,” papar ayah dari Evan dan Abi tersebut.
Meski demikian, liku-liku mengorganisasi para atlet muda Malangan yang berdarah panas juga susah-susah gampang. Karena belum matang, emosi kadang tidak terkendali saat pertandingan. Gesekan pun sering terjadi. Beruntung, kata Awe, W Enterprise  dipercaya oleh para atlet, sehingga gesekan emosi bisa diredam panitia selama turnamen.
Awe mengatakan, W Enterprise kini semakin kokoh sebagai event organizer olahraga lewat kesuksesan Bupati Cup 2. Awalnya, W Enterprise yang berdiri pada tahun 2008, bergerak seperti EO pada umumnya. Yakni, event promo marketing produk dan SPG.
“Namun, saat dipercaya jadi pelaksana Bupati Cup pertama, kita pun mulai menemukan apa yang jadi passion W Enterprise. Yaitu penyelenggara event olahraga hingga sekarang,” tutur Awe. Menurut Aremania Korwil Sumbermanjing Wetan ini,  W Enterprise akan terus bertahan sebagai penyelenggara event olahraga.
“Kita sudah tancapkan nama sebagai penyelenggara event olahraga, dengan reputasi regional. Sebagai Arek Sumawe, kami tidak akan kalah dari segi kreativitas dan etos kerja. Sekarang Kita siap menggelar Liga Malang Selatan,” tutup Awe.(fino yudistira/ary)