Langganan Juara Nembak, Fokus Pengamanan Pilkada

AKBP Yudo Nugroho Sugianto, Kapolres Malang saat berlatih menembak yang menjadi hobinya.

Mengenal Kapolres Malang AKBP Yudo Nugroho Sugianto
Sosok AKBP Yudo Nugroho Sugianto, memang belum banyak dikenal oleh masyarakat. Kapolres Malang ini, adalah orang baru di Kabupaten Malang. Ia baru 22 September 2015 lalu, resmi menjabat sebagai pimpinan di Polres Malang, menggantikan AKBP Aris Haryanto.

Sekilas mungkin orang akan beranggapan, bahwa AKBP Yudo Nugroho Sugianto, adalah sosok perwira yang keras dan 'sangar'. Apalagi ketika mengetahui bahwa perwira dengan pangkat dua melati ini, adalah jebolan Brimob. Namun ternyata angkatan Akpol 1995 ini, adalah sosok perwira yang rendah hati dan mudah berkomunikasi dengan siapa pun.

Di balik kerendahan hati tersebut, ternyata ada prestasi yang mungkin tidak banyak dimiliki oleh anggota polisi lainnya. Bapak tiga anak ini, jago menembak. Sudah ada lebih dari lima piagam dan trophy lomba menembak yang dimilikinya.
Terbaru adalah lomba menembak dalam rangka HUT Brimob tingkat internal Polda Jawa Timur, selama dua hari Sabtu dan Minggu lalu. Mantan Kapolres Sampang Madura ini, menyabet juara pertama dengan mengalahkan puluhan perwira polisi lainnya.
"Selain jogging, hobi saya memang menembak. Minggu (11/10) lalu, saya mendapat juara satu lomba menembak dalam rangka HUT Brimob," ujar Yudo Nugroho Sugianto.
Sebelumnya, saat HUT Bhayangkara pada 1 Juli lalu, pria kelahiran Jakarta 15 Mei 1937 ini, juga menjadi juara satu lomba menembak tingkat Polda Jatim.
"Kalau prestasi lainnya apa saja, saya lupa yang pasti ada beberapa lomba menembak yang saya juarai," katanya dengan nada merendah.
Bagi Yudo, kegemarannya menembak bukan sekadar untuk kesenangan saja. Tetapi menjadi penunjang tugas pokoknya sebagai seorang polisi. Sekaligus untuk menyadarkan diri, bahwa menembak lebih puas di lapangan. Karena ketika menembak banyak aturan yang melekat.
Sebelum menjabat sebagai Kapolres Malang, Yudo lama berdinas di Brimob. Mulai 1996 sampai 2006 ia bertugas Sat I Gegana Brimob. Kemudian 2006 sampai 2010, di Sat Brimob Sulawesi Tengah. 2010 sampai 2012 berdinas di Watu Kosek dan juga Sat Brimob Bangka Belitung. Baru 2012 masuk di Sat Brimob Polda Jatim.
Baru September 2014 sampai September 2015, dipromosikan menjabat Kapolres Sampang Madura. Kemudian 22 September 2015 menjabat sebagai Kapolres Malang.
Saat bertugas di Brimob, tugas kerja Yudo lebih pada fungsi teknis Brimob. Yaitu bersifat membantu satuan kepolisian wilayah. Untuk komunikasi dengan masyarakat pun, hanya di sekitar mako dan daerah penugasan karena terbatas dengan kewenangan fungsional.
Namun ketika menjabat sebagai Kapolres, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sudah berbeda. Yudo lebih pada memberikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk harus menciptakan situasi keamanan di masyarakat yang aman dan kondusif.
"Sebetulnya dalam menciptakan situasi kondusif keamanan dan ketertiban masyarakat, bukan hanya tanggungjawab Polres Malang. Tetapi semua pihak dan lapisan masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keamanan wilayah Kabupaten Malang," terangnya.
Termasuk dalam menjaga keamanan wilayah Kabupaten Malang dalam Pilkada 2015. Bersama seluruh anggota jajaran Polres Malang, akan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat supaya tetap kondusif dan berlangsung aman serta damai.
"Program pengamanan Pilkada sudah berjalan dengan baik. Saya hanya tinggal melanjutkan program yang sudah berjalan. Kami akan terus berkoordinasi dengan KPU, Panwaslih Kabupaten Malang serta dengan pasangan calon. Ayo laksanakan Pilkada aman dan damai," paparnya.
Untuk terus menciptakan kamtibmas di wilayah Kabupaten Malang, program ke depan adalah melanjutkan Ngipok Ngerab (Ngopi Bareng) bersama dengan masyarakat. Kegiatan ini, untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Sekaligus sebagai wadah sosialisasi program kepolisian kepada masyarakat.
"Selain itu, kami juga akan terus berkomunikasi dan silaturahmi dengan unsur Forpimda. Termasuk juga bersilaturahmi kepada tokoh masyarakat, tokoh agama serta dengan tokoh Aremania," urai pria murah senyum ini.(agung priyo/ary)