Satu Malam Rp 20 Juta, Jacuzzi Mewah hingga View Empat Gunung

MALANG - Hadir sebagai pendatang baru, tidak membuat Ijen Suites Resort & Convention main-main memberikan sesuatu yang unik dan berbeda. Sebagai bukti, dengan menghadirkan satu ruangan super besar, berukuran mencapai 240 meter persegi. Kamar Presidential Suites itu kali pertama dibuka akhir Agustus lalu, dan dijajal oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
Dalam sebuah bisnis hotel, Presiden Suites merupakan kamar spesial, yang memiliki ukuran paling besar. Hotel pun menjadikan kamar seperti itu sebagai senjata menerima tamu penting, misalnya presiden, seperti namanya. Pasalnya, kamar yang dimaksud dirancang dengan beberapa ruang, yang memungkinkan ajudan dari tamu utama, tetap dalam satu rangkaian ruangan.
“Presiden Suites selalu memiliki ruangan paling besar. Selain itu, banyak hotel yang melengkapinya dengan perlengkapan dan pelayanan istimewas, termasuk pula pemandangan yang ditawarkan, seperti di tempat ini,” ujar Public Relation Ijen Suites Resort & Convention, Paramitha Hayu Rini ketika menemani Malang Post showing Presiden Suites di hotel tersebut.
Dia menyampaikan, di hotel itu dipastikan memiliki perbedaan dengan yang lainnya. Istimewa, luas dan memiliki pemandangan yang mengagumkan bagi siapa pun yang menjajal menginap di ruangan ini. Ya, selain ruangannya memiliki luas yang mencapai delapan kali dari ukuran kamar normal, President Suites ini setengah dari ukuran luas lantai di lantai 10 hotel.
Tidak main-main memang. Manajemen rela menghabiskan separuh ukuran dalam satu lantai hanya untuk satu ruangan. Padahal, yang mengisi dari kamar tersebut dipastikan tidak sesering kamar lainnya.Paling, sebulan hanya beberapa hari terjual. Sebab, dengan harga yang mahal, hanya orang berduit rela merogoh koceknya untuk menginap di kamar itu.
Publish rate dari President Suites di Ijen Suites dipatok sebesar Rp 19,9 juta. Harga itu, 20 kali lipat dari publish rate harga kamar terendah hotel. Tak pelak, pelayanan pun diberikan sangat spesial. “Memang untuk very-very important person. Harga tinggi, pelayanan terbaik,” tegas Mitha, sapaan akrabnya.
Dia menjelaskan, layanan spesial itu diwujudkan dengan pemberian butler. Satu pegawai yang akan melayani setiap keperluan dari tamu hotel, siaga 24 jam.
Kamar ini, terdiri dari empat ruang utama. Ruang kamar utama bagi tamu, ruang rapat, ruang tamu dan juga dapur, serta ruang kamar ajudan. Dalam setiap ruang, terdiri dari berbagai sudut pula. Misalnya di ruang utama yang menjadi satu dengan kamar VIP, ada satu set meja untuk bersantai lengkap dengan televisinya.
Di belakang tempat tidur utama itu, terdapat ruang yang terhitung besar pula. Namun jangan salah, ternyata itu bagian dari kamar mandi. Berbeda dengan kamar mandi lainnya, ruangan ini terhitung luas. Terdapat satu bilik standing shower. Di sampingnya, ada bath tub berukuran raksasa, sebagai tempat berendam. “Ada tempat Jacuzzi di dalam kamar. Bisa betah berlama-lama di kamar mandi,” tambah dia, lantas tersenyum.
Miss Matos 2014 ini mengungkapkan, di area ini, tamu kamar bisa menuju balkon. Sajian pemandangan pun langsung mengagumkan, terutama ketika pagi hari. Hawa yang segar, akan kian sempurna ketika memandangi Gunung Semeru, Gunung Arjuna dan Gunung Panderman. “Ada empat gunung yang bisa dipandang dari kamar ini. Satu gunung, yakni Gunung Kawi, akan terlihat di balkon sebelah selatan,” urai dia panjang lebar.
Sebelum menuju balkon selatan, terdapat ruang rapat yang dipadukan dengan perpustakaan mini. Di dalam ruangan yang dikonsep modern bercampur etnik ini, tamu bisa memilih bacaan tentang sosok penting di Indonesia, tak terkecuali tentang biografi dari presiden. Tidak jauh dari rangkaian buku-buku itu, juga terdapat meja yang terpampang foto presiden Indonesia, dari berbagai generasi. Mulai dari Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono hingga Jokowi.
Untuk ruang rapat, terdapat 10 kursi sofa berwarna merah untuk peserta rapat, serta satu kursi utama. Masih ada juga meja kursi seperti di kantor. “Di ruang ini pun, tersedia televisi. Siapa tahu ketika rapat butuh tontonan,” sebutnya.
Beralih pada ruangan tamu, yang tepat berada di depan pintu masuk kamar. Memiliki ukuran yang sama dengan ruang rapat, di bagian ini terdapat dapur dan mini bar. Bagi tamu yang ingin menikmati nuansa lebih santai, bisa memilih sudut tersebut. “Selain untuk tamu penting negara seperti Presiden atau menteri, bagi artis juga cocok,” tegasnya.
Sementara itu, di sudut terakhir merupakan kamar, yang dijadikan sebagai kamar ajudan. Lengkap, ketika tamu VIP datang, maka tinggal memilih President Suites di Ijen Suites ini.
Kamar tersebut, pertama kali dijual kepada public, akhir Agustus lalu. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menjadi orang pertama yang menjajal kamar itu. Berikutnya, sosok menteri Marwan Djafar disebutkan oleh Mitha pernah menginap di tempat ini.
“Yang lainnya ada, meskipun bukan sosok terkenal di Indonesia. Pasti tertarik sih jika mengetahui layanan dan bagaimana interior serta kondisi President Suites kami. Serasa di apartemen super mewah,” pungkasnya. (stenly rehardson/ary)