Berbahan Cangkang Telur, Terinspirasi Masakan Ibundanya

Rhezaldian Eka Dharmawan bersama piala yang didapat pasca berhasil membuat pasta gigi dari cangkang telur

Jika kehabisan pasta gigi, dengan temuan Rhezaldian Eka Dharmawan, kita tak perlu kerepotan lagi. Cukup kumpulkan cangkang telur, diolah dengan teknik tertentu, jadilah pasta gigi. Inovasi itu, telah mengantarkan Rhezaldian, ke luar negeri.
Dalam berinovasi, Rhezaldian memegang kata-kata Dahlan Iskan.
“Setiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda,” begitu kalimat Dahlan Iskan.
Quotes tersebut dirasa tepat untuk menggambarkan perjuangan Rhezaldian Eka Dharmawan, yang telah sukses menghabiskan jatah gagalnya. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya ini telah menciptakan pasta gigi berbahan dasar cangkang telur, yang ia beri nama Exceldent.

Kelebihan dalam produk olahannya tersebut adalah pasta gigi yang kaya akan kalsium serta menggunakan bahan-bahan yang alami dan melimpah, dan juga ramah lingkungan. Berkat usaha dan kerja kerasnya, exceldent mampu mengantarkan Reza, sapaan akrab, menginjakkan kaki untuk kali pertama di Malaysia, dalam rangka mengikuti lomba International Engineering Invention and Exhibition MINDS Malaysia and Eyrec Malaysia, pada bulan April 2015 lalu.
Ada perasaan bangga yang bergelora saat kedatangannya kembali ke Indonesia, hal itu karena kepergiannya ke negeri tetangga tidak berakhir sia-sia. Ia mampu mendapatkan medali emas dan spesial award dari produk yang ia perjuangkan semenjak SMA. Selain itu ia juga kembali menyabet penghargaan emas di bulan Juni dalam Category Personal Care product di International Young Investors Award 2015.

“Saya bangga, karena bisa mewakili Indonesia dan kota Malang sendiri hingga ke ajang international dan menyabet dua penghargaan sekaligus,” akunya.
Mahasiswa yang doyan sarapan telur ceplok itu mengaku inspirasi membuat pasta gigi dari cangkang telur datang, ketika melihat sang ibunda yang gemar memasak telur setiap pagi untuk sarapannya. Selain itu, profesi sang ayah yang juga berwirausaha di bidang telur juga semakin menambah ide kreatif yang bersarang dalam benaknya.
“Jadi memang setiap hari lihat telur itu sudah biasa, makanya kepikiran bisa dijadikan apa limbah cangkang telur ini,” tambah Reza.
Reza mengaku tidak mudah menciptakan produk inovatif ini, ia mengaku mengalami banyak duka saat mengerjakan proyek pribadinya tersebut. Setiap harinya ia harus mengumpulkan kulit telur dari penjual nasi goreng dan martabak. Selain itu proses menumbuk menggunakan teknik manual memperlambat kinerjanya.
“Karena proses yang lama itu menghaluskannya,” celetuk Reza.
Ketertarikannya menggunakan cangkang telur sebagai bahan utama pembuatan pasta gigi sangat berdasar. Sebab dalam cangkang telur terdapat kandungan kalsium karbonat. Yang berfungsi sebagai bahan abrasive pembersih plak pada gigi, kandungan kalsium yang juga tinggi, dan telah teruji mengandung 27.272 part per million (ppm). Selain itu exceldent juga tanpa mengandung deterjen dan fluoride yang berbahaya bagi lingkungan sekitar.
Proses pengerjaannya pun tidak membutuhkan waktu lama yaitu hanya dua hari saja. Adapun cara pembuatannya adalah  telur dikeringkan kemudian ditumbuk, setelah halus disterilisasi dan ditambahkan bahan-bahan lain seperti daun sirih untuk anti bakteri, lalu diaduk hingga rata dan tahapan akhir adalah packaging.
Kendala yang selama ini ia hadapi adalah menghilangkan bau amis, menumbuk kulit hingga benar-benar halus, penampilan produk supaya tampil menarik, dan yang terpenting adalah masalah marketing.
Siswa lulusan SMA Brawijaya Smart School tersebut mengaku awalnya produk ciptaannya tersebut hanya dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak, namun dengan pembuktiannya saat ini, exceldent telah banyak mendapat penghargaan tingkat Internasional dan telah dipasarkan ke masyarakat.(Alfinia Permata Sari/ary)