37 Tahun Berolahraga

MALANG – Bos otomotif Kota Malang Soewito Widjaja punya komitmen untuk menjaga kesehatan. Presiden Direktur Perdana Motor itu sangat hobi olahraga. Menurut pria 67 tahun ini,  olahraga selalu rutin dilakukan, utamanya treadmill dan sepeda statis.
“Rutinitas olahraga saya bisa tiga sampai empat kali seminggu. Saya pilih treadmill dan sepeda statis. Itu sudah saya lakukan mulai berumur 30 tahun sampai sekarang. Berarti, sudah 37 tahun saya tak pernah berhenti olahraga,” kata Soewito kepada Malang Post.
Dia pun punya jam khusus untuk olahraga tiap minggu. Ketika sudah mengayuh sepeda statis, bapak dari Reza Wijaya dan Yudi Irawan Wijaya tersebut bakal menghabiskan waktu satu setengah jam. Waktu tersebut, juga dikombinasikan dengan treadmill.
“Karena sudah umur, saya tidak lagi berlari di treadmill. Kalau lari akan menghentak-hentak dan membuat lutut sakit. Saya biasanya hanya jalan cepat saja untuk treadmill,” tambah bos perusahaan dealer otomotif yang kini membawahi merk-merk internasional.

Dia menyebut, olahraga rutinnya ini dilakukan untuk membuang 300 kalori per hari. Dengan begitu, kadar kolesterol dan lemaknya tidak tinggi. Meski demikian, Soewito mengakui tak mudah berolahraga secara konsisten. Ketika mengawali olahraga rutin ini, Soewito malas setengah mati.
“Ya pasti malas setengah mati, awal-awal olahraga pasti begitu. Namun, saya tidak mau menyesal di belakang. Saya meyakini hasil olahraga akan saya rasakan di belakang. Karena itu saya tak pernah berhenti olahraga,” jelas kakek empat cucu ini.
Selain menjaga kesehatan di usia yang tak muda, Soewito punya alasan lain untuk tetap berolahraga. Dia mengaku ingin tetap bekerja dan ikut mengelola perusahaan bersama dua putranya. Soewito tak mau menjadi pikun karena otak tak lagi dipakai bekerja memikirkan perusahaan.
“Saya tidak mau pikun meskipun sudah tidak muda. Saya ingin tetap bekerja sehingga otak tetap berputar. Meskipun segala urusan sudah dihandel oleh kedua putra saya, tapi saya masih kerja untuk kembangkan perusahaan,” tutup Soewito.(fin/aim)