Peserta Tertua 83 Tahun, Satu Tiket Langsung Dapat Motor

Gelaran ulang tahun ke-13 Alfamart, yakni Gowes Sehat Bareng Alfamart dan Malang Post, dihelat Minggu (21/10) pagi hingga siang kemarin sangat berarti bagi para pemenang hadiah, khususnya pemenang utama sepeda motor. Acara ini juga semakin berkesan karena seorang pria berusia 83 tahun didapuk sebagai peserta gowes tertua dan diganjar hadiah uang tunai langsung dari Alfamart.

Sejengkal punggung renta tampak berat ketika mendekati panggung utama Gowes Sehat Bareng Alfamart. Panas matahari seakan menghambat langkah pemilik punggung bungkuk itu, Kasbi untuk menyambut panggilan MC kepada peserta gowes dengan usia tertua. Beberapa manula lain sempat mendahului Kasbi untuk menyerahkan KTP ke panitia.
Ada yang berusia 60 tahun, ada pula yang hingga 70. Tapi, Kasbi sepertinya tak terlalu bingung. Dengan santai, ia membuka tas pinggan berwarna hitam untuk mengambil KTP-nya.
Ketahuan, Kasbi adalah peserta berusia 83 tahun yang ikut dalam Gowes Sehat Bareng Alfamart. Praktis, ia dinobatkan sebagai peserta tertua yang ikut gowes kemarin.
Sontak, para manula lain yang merasa kalah tua pun mundur teratur. Sebaliknya, Kasbi, merasa menang, langsung melangkahkan kaki tuanya ke atas panggung, meski masih dibantu oleh panitia. Begitu di atas panggung, warga Mergan Lori itu diberi hadiah uang tunai Rp 1 juta oleh Alfamart.
Namun, Kasbi ternyata mengalami kesulitan dalam berbicara. Ketika diwawancara Malang Post, hanya suara serak dari konsonan kata yang keluar dari mulutnya. ‘’Saya gak ngimpi apa-apa dapat uang Rp 1 juta,’’ papar Kasbi terbata-bata kepada Malang Post. Ia mengaku sudah lama terkena penyakit yang membuat suaranya serak.
Tapi, kesulitan bicara tak membuat Kasbi menyerah dalam menggeluti hobi bersepedanya. Sejak tahun 1950-an hingga sekarang, pejuang kemerdekaan RI ini tekun mengayuh sepeda. Dalam usia lanjutnya, Kasbi juga telah bersepeda ke berbagai kota, seperti Blitar, Kediri, Mojokerto hingga Madura.
‘’Semua laut di Jawa Timur sudah saya datangi dengan sepeda,’’ tambahnya. Mungkin, konsistensi dan kegigihan ini pula yang membuat Kasbi tetap sehat secara fisik dan tetap kuat gowes, meski tenggorokannya bermasalah. Pria dengan 3 anak, 14 cucu dan 17 cicit itu masih ruso, dan terbukti mampu mengimbangi penggowes lain yang usianya jauh lebih muda.
Kasbi mengaku bakal menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. ‘’Gawe nyambung urip,’’ tandas pria kelahiran Pasuruan itu.
Sementara itu, tubuh Wiwiko Waseso langsung gemetaran saat namanya dipanggil oleh Direktur Utama Malang Post, H Imawan Mashuri, dari atas panggung Gowes Sehat Bareng Alfamart.
Lututnya lemas, karena tidak menyangka bisa mendapatkan hadiah utama sepeda motor Honda Revo yang jadi rebutan ribuan goweser.
Sambil setengah berlari, pria berusia 39 tahun itu melangkah mendekati panggung utama perayaan ulang tahun ke-13 Alfamart. ‘’Tangan Pak Imawan memang ngerejekeni,’’ ungkap MC Oneng dan MC Riris sembari menunggu Wiwiko naik ke atas panggung. Wajahnya masih tegang dan sedikit ragu.
Ia benar-benar tidak percaya bisa memperoleh hadiah utama Gowes Sehat Bareng Alfamart. Setelah berfoto bersama Dirut Malang Post, Wiwiko berjalan menuju ke samping panggung sebelah kanan. Di sana, sudah menunggu petugas Alfamart yang mengkonfirmasi kemenangan Wiwiko atas hadiah sepeda motor.
Saat hendak membubuhkan tanda tangan untuk memperoleh hadiah yang pajaknya sudah dibayar Alfamart, lengan Wiwiko masih keder, gemetar tak karuan. Rasa gembira sekaligus terkejut tergambar jelas di raut mukanya. ‘’Saya tidak mimpi apa-apa semalam, tentu sangat mengejutkan,’’ ungkapnya kepada Malang Post kemarin.
Keberuntungan mungkin memang sedang menaungi Wiwiko. Pasalnya, ia mengaku hanya membeli satu kupon di toko Alfamart dekat rumahnya, daerah Kapi Minda, Kecamatan Pakis Kabupaten Malang sebelum turut serta dalam Gowes Sehat Bareng Alfamart. Ia hanya ingin memuaskan hobi bersepedanya.
‘’Saya sudah dua tahun ini hobi sepeda, tapi gak ikut klub, sendiri aja,’’ papar Wiwiko. Ternyata, kegemaran bersepeda membawa hoki baginya. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai wiraswasta itu akhirnya menggondol pulang sepeda motor yang menurutnya bakal dipakai untuk kegiatan harian.
Sementara itu, pemenang sepeda motor lainnya, Maya Irawati, warga Tebo Utara juga tampaknya memiliki keberuntungan yang sama dengan Wiwiko. Maya mengaku hanya membeli satu kupon di toko Alfamart daerah Tebo Utara sebelum ikut dalam Gowes Sehat Bareng Alfamart.
‘’Gak nyangka bisa dapet,’’ tandas Maya. Dengan hadiah ini, Gadis 19 tahun itu berharap kegiatan keluarga sehari-hari bisa terbantu. Selain Maya dan Wiwiko, Ria Buntaran warga Jalan Danau Towuti Sawojajar juga beruntung memperoleh sepeda motor hadiah utama. (fino yudistira)