Mengikuti Puncak Soundrenaline 2012 Bertema Rhythm Revival (1)

Setelah sukses menggaungkan tema ‘Rhythm Revival’ di empat kota besar di Indonesia, rangkaian Soundrenaline 2012 berakhir di Jakarta, Sabtu (3/11) lalu. Wartawan Malang Post, Tommy Yuda Pamungkas berkesempatan langsung meliput festival aspirasional yang diklaim sebagai event musik paling bergengsi se-tanah air persembahan Sampoerna A tersebut.
 
WAKTU sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB, namun lapangan Sunburst Extension BSD City, Tangerang tampak makin sesak. Di depan A Stage yang didesain mutakhir, ribuan penonton kompak mengelu-elukan nama Iwan Fals untuk segera naik ke atas panggung.
Antara OI (sebutan fans Iwan Fals) dan mereka yang sebatas penikmat musik seolah tak ada bedanya. Mereka tak sabar menanti aksi panggung legenda hidup bernama asli Virgiawan Listanto itu.
Mengenakan polo shirt warna hitam, kehadiran sosok yang ditunggu-tunggu langsung disambut aplaus meriah. Pria berumur 51 tahun itu sama sekali tak kehilangan kharismanya meski kini penampilannya sudah jauh berbeda dibanding tiga dekade silam. Rambut gondrong yang biasa terpotret dalam poster legendarisnya sudah tergantikan oleh uban putih.
Ini merupakan aksi kedua pria kelahiran Jakarta, 3 September 1961 itu di atas panggung Soundrenaline setelah terakhir ambil bagian tahun 2006 silam. Sebelum melantunkan tembang-tembang balada andalannya, bapak tiga anak itu mengajak penonton sejenak menundukkan kepala dan berdoa agar konflik di Lampung segera mereda. “Tentu ini suatu tragedi yang patut menjadi keprihatinan kita bersama,” tuturnya lirih.
Namun Iwan tetaplah Iwan yang mampu menghipnotis setiap pasang mata yang memperhatikannya. Musisi yang di era 80-90’an kerap dicekal karena lirik lagunya banyak memotret realitas sosial dan bernada kritik pada penguasa itu dengan sekejap kembali menghidupkan suasana.
Sebait lagu ‘Belum Ada Judul’ langsung membius ribuan penonton sebelum kemudian hits lain seperti ‘Bongkar’, ‘Bento’ hingga ‘Ku Menanti Seorang Kekasih’ benar-benar memanjakan para penikmat musik yang malam itu tumplek blek di Sunburst Extension.
Iwan tampil atraktif membawakan lagu terakhir berjudul ‘Bangunlah Putra Putri Ibu Pertiwi’ dengan mengajak seluruh personil band pengiringnya bergaya ala pesawat terbang sembari berlarian di atas panggung. Pekik histeris penonton makin menyelambu dinginnya malam yang justru terasa ‘panas’.
Tentu saja panggung Soundrenaline 2012 bukan ‘milik’ Iwan Fals seorang. Sejak pukul 12.00 WIB, tak kurang 30 musisi dan band kenamaan tanah air juga sudah menggoncang venue acara yang menyedot 54.265 penonton usia dewasa tersebut. Sebut saja band papan atas seperti Superman Is Dead, GIGI, /rif, Ungu, Sheila On 7, BIP, Naif hingga Jamrud.
Aksi spektakuler mereka terbagi di tiga panggung berbeda, yaitu A Stage, Go Ahead Stage dan Community Stage. Tak heran bila tiap band yang berpartisipasi seolah tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tampil dengan memanfaatkan kecanggihan panggung masing-masing. Sebut saja J-Rocks yang tampil memikat lewat permainan lighting hingga detail fire works guna mendukung performance band berawakkan Iman, Sony, Wima dan Anton tersebut.
“Sebelumnya kita sudah sering lewat sini (Sunburst) dan lihat panggungnya keren banget. Kita pikir kenapa gak kita maksimalin aja biar perform juga makin oke. Maka munculah ide-ide kreatif seperti tadi (Sabtu, 3/11),” ujar Iman, sang vokalis.
Bukan tanpa alasan bila Sampoerna A menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin demi mensukseskan pagelaran Soundrenaline 2012 yang merupakan edisi ke-10 sejak kali pertama diselenggarakan tahun 2002 silam.
“Kami sangat bangga dengan penyelenggaraan Soundrenaline ‘Rhythym Revival’ dalam mendukung perkembangan industri musik Indonesia yang berkualitas. Tata cahaya dan tata panggung kelas dunia yang kami persembahkan membuat para musisi puas dengan penampilan prima dan maksimal di tiga panggung, mulai dari A Stage, Go Ahead Stage dan Community Stage,” papar Brand Manager A Mild PT HM Sampoerna Tbk, Livia Yosetya.
Selain dapat menikmati aksi panggung musisi terkenal, penonton Soundrenaline 2012 juga berkesempatan menyemarakkan event prestisius tahunan tersebut dengan mengikuti aktifitas seru di sejumlah stand. Pengunjung bisa beraksi layaknya pemain band yang sedang rekaman di A Music Production, mengikuti kuis trivia dan puzzle di Soundrenaline Journey, berfoto dan membuat poster layaknya musisi beken di A Music Act dan A Music Lifestyle. (tommy yuda pamungkas)