Mengikuti Puncak Soundrenaline 2012 Bertema Rhythm Revival (Habis1)

Iwan Fals boleh jadi magnet utama gelaran puncak Soundrenaline 2012, namun Sampoerna A selaku penyelenggara tak henti menghadirkan kejutan hingga acara berakhir. Pertunjukan kembang api spektakuler menjadi gong penutup festival akbar yang dihadiri lebih dari 54 ribu penonton tersebut.

MALAM kian larut. Selain Iwan Fals, band-band kenamaan seperti Jamrud dan Andra & The Backbone juga sudah menghibur ribuan penikmat musik dewasa yang memadati Sunburst Extension BSD City, Tangerang. Hampir saja penonton meninggalkan venue acara, namun kehadiran seorang pria di A Stage sontak membelalakkan ribuan pasang mata dan membuat mereka tak lagi beranjak.
‘’Apa kabar semuanya? Masih tetap semangat kan,’’ teriak pria yang tak lain adalah Ariel NOAH. Histeria pun membahana seantero Sunburst Extension.
Penonton mulai mengelu-elukan nama vokalis kharismatik bernama asli Nazril Irham tersebut. Sejurus kemudian front man grup band yang dulu populer dengan nama Peterpan itu langsung menyanyikan lagu ‘Topeng’ sehingga malam puncak Soundrenaline 2012 kembali memanas.
Diiringi formasi lengkap, mulai dari Reza (drum), Lukman (gitar), Uki (gitar) dan David (keyboard), Ariel tampil atraktif sekaligus komunikatif. Vokalis berusia 31 tahun itu tak jarang berinteraksi dengan penonton hampir di tiap sudut panggung. ‘’Tenang saja, ini baru lagu pertama. Kita masih ada 10 lagu lagi,’’ candanya lantas terkekeh.
Kehadiran NOAH di panggung Soundrealine 2012 memang terbilang mengejutkan. Sebelumnya, panitia benar-benar menutup rapat rencana perform band yang baru saja merilis album ‘Seperti Seharusnya’ tersebut. Bahkan di lembar rundown acara yang diterima Malang Post, tak ada nama NOAH karena hanya diisi dengan sebutan Special Guest.
Total lima lagu dibawakan NOAH untuk memuaskan kerinduan fans dan penikmat musik yang hampir dua tahun belakangan tak lagi menyaksikan aksi panggung Ariel cs. Belum habis rasa terkesima penonton, mereka kembali dikejutkan dengan dentuman kembang api yang dilontarkan dari balik panggung.
Hampir 20 menit lontaran kembang api warna-warni nan indah menghiasi langit kota Tangerang malam itu. Kemeriahan itu menandai berakhirnya Soundrenaline 2012 dan seolah menjadi kalimat perpisahan yang sangat berkesan.
‘’Kami ingin Soundrenaline 2012 dapat membangkitkan kembali industri musik di Indonesia dengan musik berkualitas, sesuai dengan tema ‘Rhythm Revival’ yang kami usung. Semoga kita bisa bertemu lagi tahun depan, tentunya dengan konsep yang makin matang,’’ ujar Brand Manager A Mild PT HM Sampoerna Tbk, Livia Yosetya.
Iwan Fals dan NOAH boleh jadi pusat perhatian, namun justru band KOTAK lah yang dinobatkan sebagai best performance alias band dengan penampilan terbaik di panggung Soundrenaline 2012.  Aksi enerjik Tantri, Chua dan Cella diiringi back ground video band-band rock legendaries diganjar pujian setinggi langit oleh dewan juri.
‘’Seluruh band tampil memikat dengan karakter khas masing-masing dan mengusung aksi kreatif di atas panggung. Tapi apa yang dilakukan KOTAK malam ini (Sabtu, 3/11) luar biasa,’’ ujar Adib Hidayat, editor Rolling Stone Indonesia yang juga salah satu anggota dewan juri.
Tantri, vokalis KOTAK mengaku aksi hebat mereka ditunjang fasilitas memadahi di atas panggung. ‘’Ini dia baru festival musik sesungguhnya, Soundrenaline Rhythm Revival! Di sini kami benar-benar merasa dimanjakan dengan kualitas sound system, tata cahaya dan panggung kelas dunia. Kami bisa tampil dengan sangat maksimal di sini,’’ seru lady rocker itu antusias. (tommy yuda pamungkas)