JCI Chapter Malang Ciptakan Aplikasi Mobile Pertama Untuk Juventini

PARA gila bola punya banyak cara untuk memamerkan kecintaan terhadap tim pujaannya. Namun, ekspresi kecintaan gibol anggota Juventus Club Indonesia (JCI) Chapter Malang, patut diacungi jempol. Para Juventini, tifosi Juventus di Malang menciptakan JCI Malang Mobile App, aplikasi mobile pertama di Indonesia yang berisi semua informasi update tentang Si Nyonya Tua, sebutan Juventus.

SUASANA Viva Futsal di Jalan Sukarno Hatta tampak ramai, siang (8/11) kemarin. Rupanya, salah satu lapangan sedang dipakai untuk bermain futsal. Para gibol tersebut cukup menikmati permainan sepakbola di lapangan kecil dengan rumput sintetis itu. Tapi, tepat di samping Viva Futsal, tampak beberapa orang sedang nongkrong-nongkrong di café.
Mereka tampak berbincang-bincang santai, menikmati suasana siang di Kota Malang yang semakin panas. Dua di antaranya seperti anak muda biasa, memakai pakaian santai dan tak mencolok.
Tapi satu orang tampak jelas memakai kaus tim Juventus, klub besar dari Liga Italia Seri A. Bahkan satu orang lagi memakai kaus hitam bertuliskan Juventus Club Indonesia.
Empat orang tersebut yakni Muhammad Nizar, Ahmad Tri cahyono dan Reza Bayu Setyawan. Bersama, mereka adalah member JCI Chapter Malang, tifosi fanatik Juventus yang berdomisili di Kota Malang.
Para fans Si Nyonya Tua ini memiliki cara yang sangat kreatif dan modern dalam mengungkapkan kecintaannya terhadap Juventus, yakni menciptakan JCI Malang Mobile App.
Aplikasi ini memungkinkan para Juventini di Malang mendapatkan wawasan terkini soal perkembangan tim dengan kostum ciri khas strip hitam putih tersebut.
‘’Pokoknya semua tentang Juventus ada dalam genggaman, soalnya bisa dilihat lewat hape,’’ ungkap Koordinator JCI Chapter Malang, Antarangga Bhawika Manggala ketika diwawancara Malang Post kemarin.
Anta, sapaan akrabnya menerangkan, JCI Mobile App memberikan banyak informasi seputar Juventus. Mulai dari skor pertandingan Juventus selama kompetisi Liga Italia, live report tentang pertandingan Juventus, klasemen, berita terbaru tentang pemain dan manajemen Juve, hingga anggota skuad Juventus saat ini.
Tapi, selain itu, aplikasi mobile yang bisa diunduh secara gratis tersebut juga berisi tentang quiz trivia soal Juve, penjualan merchandise, info nonton bareng pertandingan, pesan forum, artikel hingga profil JCI chapter Malang.
Tampilan dari JCI Mobile App sendiri cukup menjual. Dengan warna dominan hitam dengan warna putih pada bagian atas, logo Juventus tampak menonjol di sisi atas aplikasi. Sementara itu, ikon pilihan menunya juga tak lepas dari bau Juventus, yakni strip hitam putih.
Tampaknya, Anta dan para tifosi lainnya cukup serius dalam mengembangkan aplikasi ini. ‘’Kita JCI Chapter Malang sudah jadi pelopor pencipta aplikasi khusus tentang Juventus. Kita masih pertama dan satu-satunya di Indonesia, dari semua daerah cuma Malang yang punya. Tentu bangga ketika ini sudah diluncurkan,’’ terang mahasiswa yang saat wawancara kemarin mengenakan kaus JCI. Para Juventini pun tampaknya cukup antusias dengan aplikasi ini. Namun demikian, proses pembuatannya tak mudah.
Ahmad Tri Cahyono, tifosi Juventus, anggota JCI Chapter Malang, sekaligus tim pengembang software JCI Mobile App membenarkan bahwa aplikasi ini memakan waktu dan tenaga selama proses pembuatannya. Setidaknya Tri, sapaan akrabnya, bersama tim software membutuhkan waktu setengah tahun untuk menyelesaikan JCI Mobile App.
Selama proses penggarapan, banyak ide dan gagasan yang masuk untuk menyelesaikan JCI Mobile App. Karena itu, bukan satu dua orang saja yang terlibat dalam pembuatan software ini. Hampir sebagian besar pengurus JCI Chapter Malang ikut ambil bagian untuk menciptakan JCI Mobile App.
Tri dan Muhammad Nizar tergabung dalam tim pengembang software, mulai dari pembuatan bahasa pemrograman hingga konsep desain aplikasi. Sementara tifosi lain seperti Anta dan Reza Setyawan ikut terlibat dalam mengisi konten serta mengupdate informasi aplikasi.
Untuk saat ini, JCI Mobile App bisa dipakai oleh hape ber-OS Java dan BlackBerry. JCI Mobile App untuk versi Android masih dalam pengembangan, sementara OS milik Apple Inc, iOS juga belum bisa dipakai untuk menjalankan aplikasi edisi pertama ini.
Tri menyebut aplikasi tersebut sebagai edisi pertama karena masih bisa diupgrade sesuai dengan permintaan dan saran dari para member JCI Chapter Malang.
‘’Meski sudah resmi meluncur, aplikasi masih bisa dikembangkan, pasti orang yang pakai bisa menentukan apa kelebihan, kekurangan dan apa yang harus diperbaiki dari aplikasi ini,’’ terang pria berkacamata ini.
Nizar yang juga terlibat dalam pembuatan software JCI App Mobile memaparkan, aplikasi ini akan dikembangkan lagi agar lebih interaktif bagi para Juventini.
‘’Kita akan tambah fitur seperti chatting, sehingga memudahkan komunikasi antar Juventini,’’ papar lulusan jurusan informatika perguruan tinggi di Malang itu.
Member JCI Chapter Malang, Reza Setyawan berharap, para member JCI Chapter Malang yang berjumlah 438 orang serta jutaan Juventini dari seluruh Indonesia bisa menikmati manfaat dari JCI App Mobile.
‘’Setelah di Malang bisa diterima, kita akan launch hingga tingkat nasional, kita akan ajukan ke JCI pusat,” tambahnya.
Reza menambahkan, untuk mendownload aplikasi khusus Juventini tersebut bisa lewat website JCI chapter Malang, jcimalang.org. (fino yudistira)