Siapkan Tenaga Kerja Berkualitas dan Berdedikasi Tinggi

JUMLAH outsourcing (alih daya) dari kegiatan sumber daya manusia (SDM) terus bertambah dan bertumbuh subur belakangan di Malang Raya.  PT Garda Wisesa Resimen (GWR) 507 lahir di kota Malang ikut bersaing, mewarnai dan menangkap peluangnya. GWR 507 bertekad  mencarikan dan menempatkan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya bagi para pemuda dan pemudi  di negeri ini.

Siang kemarin, terik sinar matahari di kota Malang terasa begitu menyengat, sebelum kemudian sore hari turun hujan. Namun, hal itu tidak menghentikan geliat seorang wanita muda dalam menjalankan aktifitasnya. Dia adalah Siti Maisaroh, SE, yang tidak lain menjabat sebagai Direktur Utama PT GWR 507. Wanita berparas cantik ini terlihat begitu ramah menemani teman dan sekaligus rekan-rekan  bisnisnya. Dia yang pernah tinggal, kerja dan menimba ilmu di Jepang selama 10 tahun ini pun mempersilahkan Malang Post yang hendak bertemu.
‘’Selamat siang, apa kabar? Baik kan? Monggo silakan duduk,” sapanya dengan penuh ramah. Selang kemudian, Mai, begitu akrab ia disapa, mulai berkisah keberadaan GWR 507. Dia menyebut, GWR 507 didirikan beberapa orang dengan latar belakang berbeda, diantaranya ada ahli pemasaran, hukum, pengembangan SDM dan keuangan. Mereka bertemu kemudian mengusung satu visi dan misi mendeklarasikan PT GWR 507 dengan legalitas akte pendirian no 27, tertanggal 28 September 2012 baru lalu. Mereka bahu membahu memberikan layanan yang terbaik bagi perusahaan yang membutuhkan.
Dikatakannya, sistem perekrutan atau pencarian tenaga kerja dilakukan GWR 507 dengan tiga cara, yakni pemberdayaan karyawan yang ada ada di lokasi kerja pemakai jasa, melalui media cetak dan elektronik, dan melalui penjaringan berpengalaman dan memiliki latar belakang di bidang jasa ketenaga kerjaan sebelumnya. Kesemuanya melalui tes atau wawancara berdasarkan prosedur GWR 507 bekerjasama dengan Yayasan SDM dan kesatuan Brimob  di kawasan  Ampeldento  Kabupaten Malang.
‘’Tujuan GWR 507 yakni menawarkan jasa dibidang penyediaan tenaga kerja kepada perusahaan pemakai jasa. Untuk itu sebagai bahan pertimbangan, kami juga menyertakan beberapa dokumen pendukung terkait perusahaan kami dan prosedur sesuai standar operasional kerja yang kami tawarkan,” ucap Mai.
Wanita berambut panjang kelahiran Blitar ini menyebut, nilai-nilai yang ditegakkan GWR 507 menjalankan visi dan misi adalah mencetak dan meningkatkan kualitas tenaga kerja guna meminimalisasi permasalahan ketenagakerjaan dan meningkatkan produktifitas kerja. PT ini juga membantu pemerintah dalam menangani tenaga di bidang penempatan tenaga kerja sekaligus membantu pihak perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja sebagaimana yang diharapkan.
‘’Bisnis inti kami yakni memenuhi kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional dari hasil pendidikan dan pelatihan yang kami lakukan. Kami hadirkan SDM yang punya tekad, kemauan, profesional, berdedikasi tinggi dan tanggung jawab di bidangnya dan menjadi tolok ukur nilai plus bagi pengguna jasa yang membutuhkannya,” lanjut pengelola dari May’s Fashion di  Jalan Diponegoro nomor 11 A Kota Malang ini.
Mai juga yakin, GWR 507 juga mampu mempererat hubungan dan membina jaringan pertukaran pengembangan SDM, serta kerjasama antar kelompok yang terhimpun dalam dunia kerja maupun dunia usaha. Tak ketinggalan, perusahaan yang dipimpinya siap mengembangkan serta meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme para pelaku dunia usaha yang bergerak di bidang pengelolaan SDM melalui berbagai pengembangan, pelatihan, pengalihan pengetahuan dan kemampuan secara mandiri.
‘’Pengguna jasa dapat berfokus pada strategi bisnis dan bidang usahanya sehingga dapat berkompetensi dalam pasar, karena hal-hal intern perusahaan yang bersifat penunjang dialihkan ke pihak lain yang profesional. Kredibilitas perusahaan pengguna jasa juga terjaga karena mereka akan lebih aman dari segala ketentuan yang berhubungan dengan peraturan ketenagakerjaan,” urai pengusaha berpenampilan ramah ini.
Tentu, GWR 507   siap menghadapi persaingan. Untuk itu, dikatakan Mai, pihaknya bertekad secara maksimal menjalankan kewajibannya, meliputi menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan dan selalu dalam kondisi prima, hubungan hukum pekerja dengan GWR 507 untuk pengalihan resiko, manajemen SDM yang lebih baik dengan jumlah yang dapat ditentukan, menyatukan dan menyeimbangkan antara kepentingan perusahaan dan tenaga kerja, lebih fleksibel yakni pengguna jasa dapat memperoleh penggantian karyawan dengan mudah.
‘’Kami juga lakukan pengawasan, penyuluhan dan pembinaan yang terus menerus dengan menempatkan supervisor lapangan GWR 507 di perusahaan pengguna jasa, serta mengelola admintrasi tenaga kerja yang ditempatkan,” tegas Mai yang mengaku selalu mengusung semangat berjiwa mandiri dan profesional dalam bekerja.
GWR menyediakan tenaga kerja di bidang Security (Satpam), Driver (Sopir), Office Boy / Girl, Juru Parkir, Cleaning Service, General Service, Customer Service, Operator telpon, Administrasi, Teknisi Listrik, Teknisi Komputer, Teknisi AC, dan tenaga kerja pendukung lainnya seperti  Teller, Sortir dan Sales Promotion Girl/Boy. Jangka waktu masa kontrak atau perjanjian kerja antara GWR 507 dengan pihak pemakai jasa minimal satu tahun masa kerja. (poy heri pristianto/nugroho)