Ketika KPU Manfaatkan Pesta Pergantian Tahun untuk Sosialisasi Pilkada

Malam pergantian tahun di Kota Malang, lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya sekadar merayakan malam pergantian tahun dengan pesta kembang api, KPU Kota Malang memanfaatkan malam pergantian tahun dengan menggelar Gebyar Aksi Malang Damai 2013, sekaligus sosialisasi Pilkada.

Kemeriahan Gebyar Aksi Malang Damai 2013, sudah terasa sejak Senin (31/12) siang. Ratusan sepeda motor dan mobil melakukan konvoi. Mereka membawa spanduk ajakan damai, untuk warga Kota Malang dengan logo KPU yang didominasi warna oranye.
Mereka melakukan konvoi dari Jalan Semeru menuji Jalan Ijen, Jalan Veteran, Jalan Mayjen Panjaitan, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Borobudur, Jalan Letjen S Parman, Letjen Sutoyo, Jagung Suprapto dan finish di depan Balai Kota Malang.
Setibanya di Balai Kota, mereka langsung dihibur band indie yang tampil di panggung utama Gebyar Aksi Malang Damai 2013. Meski hujan sempat mengguyur Kota Malang, mereka tetap semangat menyuarakan Pilkada Kota Malang damai dan tetap menjaga persaudaraan dengan semangat Salam Satu Jiwa Arema.
Kemeriahan itu terus berlanjut sampai malam hari dengan penampilan band-band yang pernah berjaya pada zamannya. Seperti  d’Kross, Dye Marker dan Red Spider serta penampilan terbaik dari band ABG asal SMAN 3 Malang Knigh Fury.
Selain penampilan band-band terbaik Kota Malang dan Surabaya, malam pergantian tahun yang dinanti puluhan ribu warga Malang itu di deklarasikan bersama 23 Parpol, ormas, FKUB serta Aremania untuk menjaga Kota Malang tetap damai dalam Pilkada Kota Malang dan Pilgub Jatim di tahun 2013.
Para perwakilan Parpol dan Ormas menandatangani ikrar Pilkada damai yang telah dibacakan bersama di atas panggung 8 meter x 12 meter yang disaksikan langsung puluhan ribu warga Malang yang memadati jalan Tugu dan sekitarnya.
‘’Kami sengaja memanfaatkan momen malam pergantian tahun untuk mendeklarasikan Pilkada damai, bersama masyarakat Kota Malang. Momen ini sangat tepat untuk mendeklarasikan Malang damai 2013,’’ ujar Ketua KPU Kota Malang Hendry, ST, MT.
Harapannya, dengan menggelar even Gebyar Aksi Malang Damai 2013 di malam pergantian tahun, akan memudahkan KPU untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkada di Kota Malang yang akan di gelar pada 23 Mei mendatang. KPU yakin, gelaran sosialisasi yang dikemas dengan entertainment pada malam pergantian tahun, akan banyak didatangi masyarakat.
Berbeda ketika KPU menggelar deklarasi Malang damai di luar malam pergantian tahun, mungkin masyarakat yang akan hadir tidak sebanyak malam pergantian tahun.
Padahal, KPU berharap, Pilkada damai dapat tersosialisasi baik di tengah masyarakat dan masyarakat pula yang akan menjadi saksi bagi Parpol dan ormas untuk menjaga Pilkada damai di tahun 2013, meski KPU harus merogoh kocek cukup dalam untuk menggelar acara yang bekerjasama dengan Pemkot Malang itu.
‘’Kami tidak ingin sekadar saja. Kami menggandeng Ad Production untuk mengemasnya lebih baik. Karena malam pergantian tahun akan banyak dinanti masyarakat. Kami acaranya, kembang apinya dibantu dari Pemkot Malang,’’ ujar pria asal Sumatera itu.
Berbeda dengan sosialisasi Pilkada biasanya, aksi Malang damai juga menggelar pertarungan tinju amatir dan professional di satu venue yang sama.
Meski banyak yang bertanya, mengapa sosialisasi Pilkada dihibur dengan pertarungan tinju, sedangkan ajakannya untuk damai. Bagi KPU, selain sebagai olahraga prestasi, tinju juga mengajarkan sportifitas yang tinggi. Pertarungan hanya ada di dalam ring tinju, diluar tinju tidak ada lagi pertarungan.
Meski dipadati puluhan ribu warga Malang, gebyar aksi Malang damai 2013 berjalan dengan sukses. Buktinya, tidak ada keributan atau insiden yang berarti saat acara digelar.
Sesuai dengan temanya mengajak untuk menjadikan Malang damai, acaranya pun mulai siang sampai malam pergantian tahun berjalan dengan damai yang ditutup dengan pesta kembang api.
‘’Kami berterima kasih kepada semua masyarakat Malang yang sangat antusias dan dapat menjaga ketertiban. Semoga ini sesuai dengan harapan kita semua, Malang tetap damai dan kita semua menjadi saksi agar Malang tetap damai,’’ ujar Supervisor Event dari Ad Production, Sam H. Ade Dkross.
Deklarasi dan ikrar bersama Pilkada damai yang dibacakan para perwakilan Parpol dan ormas serta Aremania akan menjadi komitmen bersama yang disaksikan masyarakat Malang, untuk tetap menjaga Kota Malang dan damai dengan semangat Salam Satu Jiwa, Arema. (muhaimin)