Koperasi Wanita Serba Usaha Setia Budi Wanita Ukir Prestasi (1)

KOPERASI  Wanita Serba Usaha (SU) Setia Budi Wanita  (SBW) Jawa Timur, jadi porosnya koperasi di Indonesia. Koperasi ini harum karena prestasi dan inovasi. Dikelola para wanita, koperasi yang berpusat di Kota Malang itu tangguh sekaligus memberdayakan anggotanya.

Eksistensi Kopwan SU SBW Jatim, bagai mercusuarnya dunia koperasi. Disaat kebanyakan koperasi mati suri dan hanya sekadar bernama koperasi, Kopwan SU  SBW Jatim eksis sebagai koperasi yang sejati. Sederet prestasi dan penghargaan yang diraih adalah bukti konkretnya.
‘’Semuanya ini karena kerja keras bersama-sama. Kami bahu membahu, gotong-royong  menjalankan nilai dan sistem koperasi sehingga bermanfaat bagi anggota dan masyarakat,’’ kata Ketua I Kopwan SU SBW Jatim, Dra Sri Untari MAP.
Tahun 2012 kemarin, adalah tahun prestasinya Kopwan SU SBW Jatim. Sejumlah prestasi bergengsi diraih sepanjang tahun yang baru lalu. Prestasi mengiringi Kopwan SU SBW Jatim sejak awal tahun hingga akhir tahun 2012.
Desember lalu, Sri Untari sebagai pimpinan Kopwan SU SBW Jatim, dinobatkan sebagai tokoh koperasi Jawa Timur. Ia adalah salah satu dari 10 tokoh penggerak  koperasi di Jawa Timur yang dinilai berdedikasi dan berhasil oleh Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo.
Penghargaan bergengsi lainnya juga diraih pada September lalu. Yakni Indonesian Best of The Best Award 2012. Kopwan SU SBW Jatim meraih award tersebut untuk kategori ‘As The Best Service Excellent Of The Year’.
Pada Juli 2012, Kopwan SU SBW Jatim juga unjuk kekuatannya sebagai koperasi yang memiliki banyak anggota dan inovatif. Itu dibuktikan dengan memecahkan rekor Muri memakai handbody lotion massal dengan jumlah peserta terbanyak.
Rekor Muri  yang dipecahkan di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB) itu dalam rangkaian peringatan HUT ke  65 Koperasi Indonesia.
Berdasarkan catatan Muri, jumlah anggota koperasi wanita SBW Jatim yang memakai handbody lotion sebanyak 1.839 orang dalam sekali waktu. Padahal jumlah yang diusulkan sebenarnya 1.700 orang.
Sri Untari mengatakan, pihaknya menggagas pemecahan rekor Muri tersebut  karena anggota koperasi yang dipimpinnya itu  memiliki beauty class, yang bekerjasama dengan Sariayu Martha Tilaar.
‘’Kami ingin mengajak seluruh anggota  bahwa koperasi tidak hanya berkutat pada dirinya sendiri saja. Tetapi juga berusaha keluar, harus kreatif, inovatif, tidak jadul dan penuh kreatif,’’ kata  Untari yang juga  ketua Pusat Koperasi Wanita Jawa Timur ini.
Koperasi beranggota lebih dari 6.000 orang itu juga  pernah menghadirkan runner up 1 Miss Indonesia 2012, Ovi Dian Aryani Putri. Tujuannya  untuk berbagi tips cantik kepada ribuan anggota koperasi tersebut.
Mengharumkan nama koperasi sekaligus Kota Malang dan Jawa Timur sebenarnya sudah dilakukan Kopwan SU SBW sejak awal tahun 2012.
Saat itu Pemprov Jatim menyatakan Kopwan SU SBW sebagai jujugan koperasi di seluruh Indonesia untuk belajar sistem tanggung renteng. Kopwan SU SBW Jatim dinilai menjadi salah satu koperasi  yang ikut mewujudkan Jawa Timur menjadi daerah penggerak koperasi di Indonesia.
Kopwan SU  SBW merupakan koperasi yang kali pertama menerapkan dan mengenalkan sistem tanggung renteng. Sistem yang menunjukkan jati diri koperasi ini masih dipertahankan sampai sekarang. Bahkan sudah diikuti oleh berbagai daerah di Indonesia.
Sederet prestasi dan inovasi menghantar Kopwan SU SBW Jatim sebaagi salah satu dari 100  koperasi  besar di Indonesia.  
Kisah prestasi yang diraih tidak terjadi dengan serta merta.  Menurut Untari,  kerjasama dan kerja keras adalah jalan untuk membesarkan koperasi.
‘’Dan ini semua menunjukan bahwa di Kopwan SU SBW Jatim memiliki suatu kekuatan kebersamaan sehingga meraih prestasi, memperoleh penghargaan dan mendapat kepercayaan,’’ papar Untari yang juga wakil ketua Komisi B DPRD Kota Malang ini.
Selain kerja keras, pemahaman akan tugas pada bagiannya masing-masing serta semangat yang berkobar-kobarlah yang menghasilkan prestasi. Kini, Kopwan SU SBW Jatim menjadi mercusuar dunia koperasi ditengah redupnya keberadaan dan peran koperasi. (van/bersambung)