Masuk UB Tanpa Tes, Sisihkan 370 Peserta dari Seluruh Indonesia

ADIESTA Feby Dhaviyanti, dinobatkan menjadi Duta Brawijaya 2013. Siswa SMAN 2 Malang ini mendapat kesempatan istimewa masuk Universitas Brawijaya (UB) tanpa tes. Harapan 1 Putri Kartini 2011 berhak masuk ke Jurusan Bisnis Internasional di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB. Bagaimana sosoknya?

Sabtu malam lalu, menjadi hari yang amat istimewa bagi Adiesta. Siswa kelas 12 IPS itu, menerima penghargaan sebagai Duta Brawijaya 2013. Ucapan selamat pun diberikan langsung oleh Rektor UB, Prof Dr Ir Yogi Sugito.
’’Saya tidak menyangka mendapat penghargaan ini. Awalnya sudah pesimis karena saingannya bagus-bagus,’’ ungkapnya ditemui di sekolahnya kemarin.
Adiesta masih terlihat lelah. Maklum saja sebelum malam penganugerahan yang dilaksanakan Sabtu malam lalu di Samantha Krida, ia harus mengikuti karantina dengan jadwal yang cukup padat.
Putri pasangan Evi Nanik Puji Astutik dan Karsono ini mengalahkan wakil dari 109 sekolah di Indonesia. Total peserta dalam lomba ini 371 orang. Terdiri dari 162 peserta putra dan 209 peserta putrid.
‘’Mayoritas pesertanya adalah duta pariwisata di daerah. Jadi mereka memang sudah punya potensi,’’ ujarnya.
Beruntungnya, dara kelahiran 3 Februari 1995 itu pernah digembleng oleh M-Teens Malang Post dalam ajang Putri Kartini 2011. Adiesta adalah peraih Harapan 1 Putri Kartini 2011.
’’Banyak manfaatnya saat saya ikut M-Teens. Materi yang diberikan saat pemilihan Duta UB, sedikit banyak pernah didapat saat ikut Putri Kartini,’’ kata dia.
Sebelum malam penganugerahan, 30 finalis menjalani masa karantina selama empat hari. Ada banyak pengetahuan yang diberikan. Mulai dari sejarah UB, komunikasi dan juga perform. Peserta juga diberi kesempatan untuk unjuk bakat. Ada yang menampilkan tarian, nyanyi dan beragam bakat lainnya.
’’Saya kebetulan biasa ikut lomba pidato bahasa Inggris, jadi itu yang saya tampilkan,’’ ujarnya.
Lulusan SMPN 8 Malang ini pun berhasil memukau juri saat penjurian 5 besar. Jawaban spontannya memilih sosok idola Mantan Presiden BJ Habibi.
’’Habibie itu sosoknya jujur, kerja keras dan cerdas. Saya sangat mengagumi beliau,’’ urainya.
Pertanyaan lainnya yang mampu dijawab dengan bagus adalah saat ia menggambarkan dirinya dengan satu kata yaitu Semangat. Baginya dengan semangat pantang menyerah maka segala apa yang diinginkan pasti bisa diraih.
Saat namanya diumumkan menjadi Duta Brawijaya 2013, sontak ia kaget. Orang tuanya yang hadir pun langsung lari ke bawah panggung untuk mengambil gambar buah hatinya yang membanggakan itu.
Dengan kemenangan ini ia berhak menikmati liburan ke Lombok tiga hari. Hadiah Rp 5 juta yang diterimanya akan dipakai untuk keperluan kuliahnya nanti.
Dara cantik itu, kini bisa lebih fokus dengan Ujian Nasional (UN) tanpa harus khawatir kalau tidak bisa menembus PTN impiannya. Jurusan bisnis internasional adalah impiannya. Seperti diketahui jenjang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) baru dimulai pendaftarannya pada awal Februari ini.
Kepala SMAN 2, Budi Harsono mengaku bangga dengan capaian siswanya ini.
‘’Semoga saja prestasi yang diraih siswa kami ini membuat sekolah ini tak lagi dipandang sebelah mata, karena sebenarnya banyak mutiara disini salah satunya Adiesta,’’ ujarnya. (lailatul rosida)