Saat Relawan Demi Indonesia Bertandang ke Jakarta

Gegap gempita mendukung Menteri BUMN, Dahlan Iskan sebagai Presiden RI 2014 nanti, benar-benar ditunjukkan para Dahlanis, sebutan pendukung dan pecinta Dahlan Iskan. Selama dua hari di Jakarta, loyalitas ataupun kebanggaan bisa bertemu dengan idola mereka muncul. Tidak sedikit yang langsung menyatakan kesediaannya ‘berperang’ agar mantan bos Jawa Pos tersebut jadi orang nomor satu di republik ini. Berikut catatan wartawan Malang Post, Marga Nurtantyo dan M. Firman yang menyertai rombongan Dahlanis Malang dan Jawa Tmur menuju Jakarta.

Puluhan anggota Dahlanis Malang yang dikoordinir Sodiq berangkat ke Jakarta dengan menggunakan satu bus pariwisata untuk menghadiri silaturahmi Relawan Demi Indonesia yang diadakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta. Bukan hanya Dahlanis Malang, namun Dahlanis-Dahlanis yang tinggal di Surabaya, Jember, Banyuwangi, Mojokerto, Madiun, Solo, Semarang hingga Cirebon sekalipun, turut bergabung menjadi satu. Tidak ada kata capek atau mengeluh, meskipun harus menempuh perjalanan darat hingga 26 jam menuju ibu kota. Mereka secara spontan memberikan dukungan pada Dahlan yang lahir dari dunia virtual.
Sungguh menarik karena mereka berangkat pun sudah mengenakan berbagai atribut yang bergambar Dahlan Iskan, mulai kaos, jaket atau sepatu sekalipun. “Selama ini memang kami hanya berkumpul di dunia maya. Bulan April lalu, ada pertemuan di Bandung dan sekarang silaturahmi relawan Demi Indonesia ini merupakan kegiatan nyata Dahlanis untuk mendukung Dahlan Iskan sebagai presiden,” terangnya. Sebab itu, salah satu agar niat itu terwujud, rombongan sempat mampir ke Gus Sueb di Pondok Darul Ulum, Jombang. “Selain silaturahmi, kami juga meminta doa supaya niat ini diridhoi Allah,” sambungnya.
Karena itu pula, sikap Dahlan Iskan yang selalu cuek atau berpura-pura tidak melihat kedatangan Dahlanis di setiap acara yang didatanginya dimanapun, tidak menjadi masalah yang sangat berarti. Mereka tetap gigih dan bersemangat. “Kami sungguh-sungguh tidak menyia-nyiakan kedatangan kami ke Jakarta untuk bertemu Abah (panggilan mereka kepada Dahlan Iskan). Kami berharap benar, Abah bisa menjadi presiden,” timpal Dahlanis lainnya secara kompak di dalam bus. Beberapa alasan yang mendasari para Dahlanis rela untuk ‘bertempur’ agar jagonya menjadi presiden, mantan Dirut PLN ini dianggap sangat jujur, rela berbagi ataupun suka blusukan kemana-mana.
“Kami lihat Abah bisa mengayomi semua orang yang didatanginya. Kata-katanya menyejukkan setiap bertemu kami,” ujar Yuni Widyawati, Ketua Dahlanis Malang. Karena itupula, tegas mereka, dukungan terhadap Dahlan Iskan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan mereka juga berharap, militansi kepada Dahlan Iskan benar-benar bisa mereka wujudkan untuk memperoleh angka pemilih yang sangat maksimal dalam pilihan presiden tahun depan. “Kalau perlu kita bersaing siapa yang bisa memperoleh jumlah angka pemilih terbesar nanti,” cetus Dahlanis lainnya. (*)