Ketika ‘Pasukan Belakang Layar’ Sehari Jadi Suporter

Bukan skuad Arema Cronus dan Aremania saja yang menjajah ibukota Jakarta untuk pertandingan away pamungkas di putaran pertama ISL 2014 wilayah barat, hari ini. Ternyata, Singo Edan juga memberangkatkan seluruh pegawai kantor dan mess Arema, untuk ladub tret tet tet ke Batavia. Menggunakan jalan darat, dengan mengusung tema, Kuasai Jakarta.

Wajah cantik Ardhisa Rika YP, staf Media Officer Arema, tampak kuyu, pagi kemarin. Kulit putihnya tak lagi segar. Matanya pun merah. Softlens berwarna hijau yang biasa dia pakai, tak bisa menyembunyikan rasa kantuk. Urat-urat merah yang mengelilingi bola mata putihnya, memaksa kelopak matanya untuk mengatup.
Bekas keringat masih tampak jelas dari pelipis yang menyembul dari buntalan jilbab abu-abu bercorak bunga. Disa pun tampak kurang segar karena cuaca panas ibukota Jakarta.
Sesekali, dia menyeka dahinya yang berkeringat dengan tisu. Disa berharap, tisu bisa mengurangi kegerahan dan rasa ngantuk akibat perjalanan jauh dari Malang menuju Jakarta, menaiki bus yang berisi seluruh karyawan kantor serta mess Arema.
‘’Rasanya punggung kaku sekali. Ya, busnya memang enak. Tapi, kalau duduk berjam-jam dalam posisi yang sama, tentu akan bikin punggung kaku,’’ terangnya.
Namun, rasa lelah dan capek yang dirasakan oleh Disa, seakan sirna begitu bus tiba di Jakarta. Wajahnya seperti disuntik air dingin. Raut mukanya kembali ceria.
Disa dan rombongan kantor serta mess Arema, akhirnya tiba di Jakarta, Sabtu pagi kemarin. Ya, rombongan ini bukanlah rombongan biasa. Bus ini berisi orang-orang di balik manajemen serta mess Arema, yang selama ini tidak terekspos di ranah publik. Biasanya, tur Arema ke Jakarta, selalu dilakukan skuad Arema dan Aremania.
Tiap tahun, kehadiran Arema dan Aremania di Jakarta jadi pemandangan yang lumrah. Tapi, tahun ini ada yang beda. Bukan hanya Ahmad Bustomi dkk serta Yuli Sumpil dkk yang menguasai Batavia.
Ternyata, dibalik gegap gempita suporter serta pemain Arema di SUGBK, ada rombongan karyawan kantor Arema serta mess pemain Arema, yang ikut ladub tret tet tet ke Jakarta.
Sejak Jumat pagi lalu, karyawan Arema, mulai dari staf media officer, keuangan, staf bisnis dan marketing, supir, penjaga kantor, Liason Officer, tukang masak mess hingga penjaga mess pemain, ikut berangkat ke Jakarta demi nonton Arema. Perjuangan menuju Jakarta pun cukup melelahkan.
Rombongan pegawai yang diketuai Media Officer Arema, Sudarmaji, harus naik bus dan melewati jalur darat demi menuju ibukota. Berangkat dari Malang pada hari Jumat pagi, rombongan baru masuk daerah Jakarta, Sabtu pagi kemarin. Tujuannya, yakni untuk nonton Singo Edan berlaga di SUGBK menghadapi Persija Jakarta.
Tapi, rombongan bus karyawan kantor dan pegawai mess Arema tidak hanya untuk nonton Arema. Sudarmaji menyebut, kegiatan ini juga digelar sebagai program tahunan manajemen untuk mengajak karyawan plesir.
‘’Ini program tahunan. Tahun kemarin ziarah wali limo. Untuk tahun ini, kita plesir ke Jakarta, main ke tempat-tempat terkenal di ibukota, dan diakhiri dengan nonton Arema di SUGBK,’’ tegas Sudarmaji ketika dikonfirmasi Malang Post.
Pagi kemarin, rombongan langsung meluncur ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Layaknya rombongan wisata, para pegawai dan karyawan Arema itupun dimanjakan dengan wahana menarik. Suasana gayeng dan penuh keakraban pun terasa. Sebab, karyawan dan pegawai mess Arema, sehari-harinya selalu disibukkan oleh kebutuhan manajemen dan skuad.
Tidak ada waktu liburan khusus bagi mereka. Tidak heran, wisata ke Jakarta pun dimanfaatkan dengan baik oleh para karyawan. ‘’Suasana gayeng sekali. Mereka adalah orang-orang yang kesehariannya selalu disibukkan dengan kegiatan tim dan manajemen. Waktu seperti ini adalah waktu yang berharga buat kami,’’ tegas Sudarmaji.
Kemarin, rombongan menjelajah beberapa tempat. Selain TMII, rombongan karyawan Arema juga mendatangi Ancol, serta menyempatkan belanja di Mangga Dua. Lalu, rombongan juga mendatangi masjid kubah emas Depok dan museum Purna Bhakti. Hari ini, rombongan berencana datang ke Masjid Istiqlal dan menyaksikan laga Arema.
‘’Setelah puas keliling Jakarta, kita langsung merapat ke hotel pemain untuk berangkat bareng tim menuju SUGBK. Kita nonton Arema, dan kami harap Arema memenangkan pertandingan,’’ tutur Sudarmaji. Rombongan karyawan Arema sendiri menginap di Aila Hotel daerah Cikini, Jakarta Pusat. (fino yudistira)