Penuh Keakraban, Segera Lakukan Pertukaran Pelajar

SUASANA meriah mewarnai SD Islam Sabilillah Malang akhir pekan kemarin.Yakni ketika mereka menerima tamu ‘’istimewa’’ para guru dan siswa dari Attarkiah Islamiah Istitute dari Thailand yang melakukan kunjungan ke sekolah  dalam naungan Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah Malang.

Para tamu dari negara Gajah Putih  disambut berbagai hiburan menarik diantaranya terbang Al Banjari, Tari Malangan dan musik tradisional  Angklung. Persembahan ini  sekaligus  merupakan rangkaian kegiatan rutin sekolah setiap hari Sabtu  yakni berbagai   kegiatan ekstrakurikuler.
Kunjungan dilanjutkan melihat kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler dan ruang belajar baik di tingkat SD   dan dilanjutkan juga ke TK Islam Sabilillah Malang. Kemudian, kunjungan berakhir di SMP Islam Sabilillah Malang dengan disambut tampilan ekstrakurikuler berupa pencak silat. Kedua guru dari Thailand kagum dengan tampilan pencak silat.Karena itu,  mereka juga  menyampaikan bahwa olah raga pencak silat memang  juga disenangi oleh siswa di Thailand. Menariknya, para tamu ternyata juga cukup fasih berbahasa Indonesia sehingga komunikasi dan dialog dalam suasana penuh keakraban  ini, berlangsung  semakin gayeng.
 Momen menggembirakan tersebut tak luput dari incaran fotographer cilik siswa SMP Islam Sabilillah Malang yang tergabung dalam ekstrakurikuler fotografi. Dengan cekatan mereka mengabadika seluruh rangkaian acara  melalui jepretan kameranya.
Abdullah Dataesatu, salah satu guru dari Thailand menyatakan  banyak kesamaan sistem pendidikan  mulai dari TK,SD,SMP maupun SMA di Sabilillah dengan pendidikan di Attarkiah Islamiah Institute Thailanad. ‘’Pendidikan agama islam merupakan program unggulan dan dominan di sekolah serta sistemnya sama yaitu fullday school,’’ paparnya kepada Malang Post.
 Hadir pula saat kunjungan mewakili Direktur LPI Sabilillah  Dr. H. Abdur Rahman As’ari, M.Pd, MA selaku Asisten Direktur I Bidang Akademik dan Kesiswaan.  As’ari,sapaan akrabnya, menyambut baik silaturahmi tersebut dengan harapan dapat membuka jalan dimulainya kerjasama dalam hal pertukaran pelajar.
‘’SMA Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah baru di percaturan pendidikan di Kota Malang siap melakukan pertukaran pelajar.Karena memang  sesuai dengan salah satu sistem pendidikannya yaitu mengadakan kegiatan Student Exchange Scholarships,’’ ungkap As’ari yang juga menjabat  Kepala SMA Islam Sabilillah Malang.
Diungkapkan, seperti halnya di SD Islam Sabilillah Malang yang telah 2 kali mengirimkan guru dan siswanya ke Australia dan New Zaeland, maka pihaknya berharap tidak lama lagi akan mengirimkan siswa SMP dan SMA Islam Sabilillah Malang belajar di Thailand.Dan,  sebaliknya para guru dan siswa Thailand dapat belajar pula di  SD, SMP dan SMA Islam Sabilillah Malang. ‘’Mudah-mudahan  niatan baik diadakannya program pertukaran pelajar tersebut dapat bermanfaat dan saling menguntungkan,’’ harap tokoh pendidik  berpenampilan ramah ini.   (red/nugroho)