Taman-Taman Modern Kota Malang yang Diserbu Warganya(1)

Langkah cerdas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang membangun taman dengan memanfaatkan CSR dari perusahaan-perusahaan berdampak positif. Pembangunan taman tidak hanya mengubah wajah lahan yang sebelumnya kurang bermanfaat menjadi lebih bermanfaat. Tetapi juga mendapat sambutan positif dari warga Kota Malang, taman-taman indah itu diserbu warganya.

HAL tersebut terbukti dengan suasana dua taman baru, Merbabu Family Park dan Taman Cerdas Trunojoyo yang tak pernah sepi dari pengunjung. Keramaian menyelimuti hari-hari dua taman tersebut.
Khusus untuk Merbabu Family Park, taman ini baru dilaunching pada 14 Juni 2014 lalu. Sehari setelah dilaunching, kemarin (15/6), taman yang terletak di dekat Hutan Kota Malabar itu sudah diserbu pengunjung dengan tingkat keramaiannya yang bukan main.
Uniknya, pengunjung dan pengguna Merbabu Family Park tidak hanya terdiri dari anak-anak. Orang tua yang mengantarkan anaknya bermain juga memanfaatkan fasilitas yang ada di taman tersebut. Dari pantauan Malang Post, semua bagian Merbabu Family Park dimanfaatkan oleh para pengunjung, kecuali area lapangan sepakbola mini yang memang masih belum bisa digunakan.
Rumput berwarna hijau di lapangan sepakbola mini di Merbabu Family Park masih tampak segar. Segerombolan anak tampak murung dengan bola yang erat dipelukannya. “Sebenarnya saya kesini mau main bola, ternyata masih tidak boleh,” kata M. Rizky Hidayat, seorang anak yang mengunjungi taman tersebut.
Ia mengaku sebenarnya dulu sudah sempat bermain sepak bola di area berpasir ketika Merbabu Family Park masih dalam proses pembangunan. Bocah berusia sepuluh tahun tersebut datang dengan teman-teman sebayanya yang sama-sama tinggal tak jauh dari Merbabu Family Park.
“Dulu juga dengan teman-teman ini main bolanya,” imbuhnya. Sementara itu, Nurul Latifah, bocah tujuh tahun tampak ceria memanfaatkan salah satu wahana permainan di Merbabu Family Park. Ia didampingi oleh Ibunya, Reni Wahyuningsih, di arena tersebut.
Reni Wahyuningsih mengaku sengaja membawa anaknya bermain di Merbabu Family Park untuk mengisi hari libur. Ia menyambut positif keberadaan Merbabu Family Park. Menurutnya, taman tersebut merupakan tempat yang strategis dan efisien untuk memanjakan buah hatinya.
“Selain gratis, lokasinya juga terjangkau. Kalau sekadar mencari hiburan untuk anak tidak perlu jauh-jauh ke luar kota karena di taman ini juga tempatnya enak, banyak permainan yang cocok untuk anak-anak,” tandas perempuan berjilbab tersebut.
Lebih lanjut, warga Jl. Sigura-gura, Malang itu menjelaskan bahwa kemarin merupakan kali pertamanya mengunjungi taman tersebut. Dari kunjungan pertamanya, Reni sudah luluh oleh kenyamanan yang diberikan oleh Merbabu Family Park.
Bahkan, ia merekomendasikan kepada warga Malang, utamanya ibu rumah tangga yang mempunyai anak kecil, untuk tidak ragu membawa anaknya ke taman tersebut. “Meskipun ramai tapi tetap nyaman. Anak saya juga senang. Dia langsung kelihatan akrab dengan anak-anak lain yang baru dikenal. Ini bagus untuk perkembangan anak,” pungkasnya.
Memang, dengan hadirnya taman-taman berkonsep modern di Kota Malang membuat warga memiliki alternatif untuk rekreasi. Antusias warga tersebut berbanding lurus dengan harapan Pemkot Malang yang sengaja menyiapkan taman guna dimanfaatkan semaksimal mungkin. (Muhammad Choirul/bersambung)