Rayakan Bersama Warga, Gratiskan Tiket Rekreasi 4000 Siswa

EDDY Rumpoko (ER), Wali Kota Batu ini genap berusia 54 tahun, Jumat (8/8/14) kemarin. Berbagai kegiatan ikut memeriahkan hari ulang tahunnya, mulai peringatan sederhana bersama para kepala SKPD, masyarakat Kota Batu hingga pemberian tiket wisata gratis kepada ribuan siswa.
Anak-anak TK di Dusun Dresel Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu seharusnya sudah pulang sebelum waktu salat Jumat tiba. Namun mereka masih berkumpul di dekat gedung TK hingga siang hari. Sang ibu juga tidak mengajak anak-anak pulang, tetapi memilih ikut berkumpul di rumah yang berdekatan dengan sekolah dan masjid di Dusun Dresel itu.
Anak-anak, guru TK dan para orang tua tampak menyiapkan beberapa kue tart. Katanya, kue tart tersebut untuk wali kota. Ya, mereka mendengar ER akan datang ke dusun mereka sembari merayakan ulang tahun ke-54.
‘’Pak Wali ulang tahun, Pak Wali ulang tahun dan datang ke sini. Kami harus memberikan hadiah,’’ ungkap salah satu warga Dresel Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu.
Warga mendengar ER akan datang sebelum salat Jumat dan melaksanakan salat Jumat bersama warga sekitar. Namun karena padatnya kegiatan, dia baru tiba di Dresel usai salat Jumat. Wargapun menyambut antusias kedatangan orang nomor satu di lingkungan Pemkot Batu ini.
Anak-anak dan warga yang semula santai, langsung berhamburan ke tepi jalan, dekat parkir mobil dinas. Mereka berebut salaman, begitu ER keluar dari mobil dinas warna putih itu. Para guru TK, ibu-ibu dan anak-anak segera mengeluarkan beberapa kue tart. Saat berada di Oro-Oro Ombo, ER juga mendapatkan hadiah patung bergambar dirinya yang diberikan para ajudan dan sekprinya.
Merekapun bernyanyi bersama lagu selamat ulang tahun untuk ER. Setelah itu anak-anak berebut menyodorkan tempat agar diberikan kue oleh Wakil Ketua DPD PDIP Jatim ini. ER pun kewalahan memberikan potongan kue tart karena anak-anak dan warga terlalu banyak. Peringatan ultah ke-54 ER di Dresel cukup meriah karena ada hiburan elekton dan seorang penyanyi. Mereka juga makan bersama karena pedagang bakso, tahu campur, mie dan diundang secara khusus. Ibu-ibu juga ikut terharu karena bisa bertatap muka langsung dengan wali kota.
Masih kegiatan menyambut ulang tahun ER, ribuan siswa mendapatkan fasilitas rekreasi gratis, sehari kemarin. Dari data yang didapat di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Batu, jumlah siswa berkesempatan rekreasi gratis itu sebanyak 4000 orang. Mereka berasal dari perwakilan SD, SMP, SMA/SMK yang berada di Kota Wisata itu.
‘’Ada 4000 siswa yang mendapatkan fasilitas rekreasi gratis terkait ulang tahun Pak Wali,’’ ungkap Mistin, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Batu.
Sebanyak 4000 siswa mulai SD hingga SMA/SMK ini disebar ke beberapa objek wisata, mulai Jatim Park 1, Jatim Park 2, Ecco Green Park dan Museum Angkut. Mereka bisa masuk ke objek wisata secara gratis mulai pagi hingga sore kemarin.
‘’Supaya anak-anak bisa ikut senang dan mendapatkan fasilitas rekreasi secara gratis,’’ ungkap ER.
Sementara itu data dari pengelola objek wisata, siswa yang datang ke Museum Angkut sebanyak 970 anak, Jatim Park 2 sebanyak 1700 siswa, dan Ecco Green Park 500 siswa. Sedangkan sisanya, rekreasi gratis ke Jatim Park 1 dan objek wisata lainya.
Perayaan ulang tahun juga terlihat di rumah Dinas Wali Kota serta Panti Asuhan Aisyiah Dusun Binangun Bumiaji. ER juga mendapatkan kue tart dan doa para anak panti asuhan yang berdekatan dengan base camp Rafting Kaliwatu/Apple Sun ini.
Sedangkan beberapa Kepala SKPD menggelar perayaraan sederhana di rumah dinas wali kota. Mereka menyerahkan lima tumpeng dalam perayaan ulang tahun itu. Lima tumpeng itu menjadi simbol keluarga ER yang berjumlah lima orang.
Saat perayaan di rumah dinas, ER mendapatakan ucapan selamat ulang tahun dari berbagai kalangan di Kota Batu yang terekam dalam sebuah video. Mereka berasal dari siswa, tokoh, kusir, jukir, petani, para PKL hingga pedagang di pasar. (febri setyawan)