Manajer Bank Jadi Guru Sehari, Sukses Edukasi Siswa SD-SMP Kota Malang

SUKSES: Branch Manager Bank Mandiri Cabang Malang Gatot Subroto, Dodiek S Hermawan sukses mengajar di SMPN 6 Malang dalam program Mandiri Edukasi.

PROGRAM Mandiri Edukasi yang digelar Bank Mandiri memberikan kesan mendalam pada siswa di sekolah. Seperti yang terlihat di SMPN 6 Malang Jalan Kawi pada Kamis (16/10/14). Branch Manager Bank Mandiri Cabang Malang Gatot Subroto, Dodiek S Hermawan yang bertugas mengajar sehari di sekolah tersebut sukses menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat heboh para siswa.
Aula lantai dua SMPN 6 pagi itu terlihat ramai dengan ratusan siswa kelas VII. Mereka terlihat serius dengan teman sekelasnya sembari sesekali bergoyang dan bernyanyi. Dodiek yang mendapatkan tugas mengajar di sekolah tersebut sekali-kali terlihat memberikan semangat pada tiap kelas yang sedang belajar membuat yel-yel.
“Ayo semangat membuat yel-yel yaa, yang terbaik akan dapat hadiah dari Bank Mandiri,” ujar Dodiek.
Tanpa canggung, ia juga mencontohkan gerakan-gerakan menari dan ikut bertepuk tangan riuh bersama siswa. Anak-anak pun tambah semangat untuk menampilkan yel terbaiknya. Suasana semakin heboh ketika materi perbankan disampaikan oleh Dodiek. Dengan atraktif, manajer yang masih muda itu memberikan pertanyaan kepada siswa seputar perbankan.
“Ayo siapa yang bisa menebak logo apa ini,” tanya dia yang langsung disambut acungan tangan dari para siswa.
Ternyata, siswa SMPN 6 cukup pandai dan memiliki pengetahuan luas mengenai perbankan. Buktinya ketika ditanya logo ciri khas tiap bank, semua bisa menjawab dengan benar. Mulai dari logo bank BRI, BNI, Bank Jatim hingga Bank Papua.
“Di Indonesia banyak bank, kalian harus mengenalnya. Siapa yang tahu apa fungsinya bank,” tanya Dodiek.
Siswa yang berebut menjawab mendapatkan apresiasi dari tim Mandiri yang ikut hadir di sekolah. sejumlah hadiah pun diberikan kepada siswa yang langsung membuat mereka berjingkrak.
“Menurut saya orang harus menabung ke Bank karena untuk menyiapkan masa depan. Bank punya produk namanya Tabungan, Deposito dan Giro,” komentar salah satu siswa Salsa, yang langsung diganjar sebatang cokelat oleh tim Bank Mandiri.
Tak hanya mengajar dan menginspirasi siswa, kedatangan tim Bank Mandiri kemarin juga memberikan bantuan untuk sekolah senilai Rp 4 juta. Bantuan diterima oleh Heni Farida, wakil kepala SMPN 6. Ia memberikan apresiasi kepada Bank Mandiri yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan.
“Kami bangga karena dipilih dalam program Mandiri Edukasi ini,” ujarnya.
Menurut Heni, kegiatan tersebut melibatkan siswa kelas VII sebanyak 254 orang. Ia berharap siswa mendapatkan pengetahuan baru mengenai perbankan sekaligus bisa memberikan semangat kepada mereka untuk menjadi yang terbaik di masa depan.
Program Mandiri Edukasi adalah agenda nasional yang melibatkan jajaran direksi dan lebih dari 1000 pegawai Bank Mandiri. Mereka mengajar 31.950 pelajar SD hingga SMA serta 8.500 mahasiswa. Kota Malang adalah salah satu daerah yang mendapat program Mandiri Edukasi tahun 2014 dari Bank Mandiri. Ada 550 siswa SD hingga SMA yang ikut serta kegiatan ini. Mereka diberikan materi tentang perbankan dan peluang kerja kedepannya. Seperti diketahui, Mandiri Edukasi di Kota Malang telah sukses dilaksanakan di tiga sekolah. Yakni di SDK Santai Maria 2, SMPN 6, dan SMKN 4. (oci/red/habis)