Melancong Bersama Garuda Indonesia dan Singapore Tourism Board (1)

GARUDA Indonesia dan Singapura Tourism Board  (STB) menyelenggarakan MediaFam Trip mengunjungi Singapura pada 28 Januari  hingga 1 Februari 2015 baru lalu. Berikut catatan Malang Post,satu-satunya media dari Malang,yang diundang mengikuti kegiatan selama lima hari tersebut.

Setelah menempuh penerbangan yang sangat nyaman dan memanjakan penumpang, pesawat Garuda GA854 mendarat mulus di bandara Changi Singapura pada 28 Januari 2015 siang. Penerbangan selama sekitar dua jam terasa sangat singkat karena selama itu kami dimanjakan dengan berbagai fasilitas termasuk asyik menonton film di layar yang  tersedia di  setiap kursi penumpang maupun menyantap beragam hidangan lezat dan minuman yang menggugah selera. ‘’Wah lagi enak-enaknya nonton film,ternyata kita  sudah mendarat di Singapura,’’ kelakar seorang penumpang.
Fransiska Pangat (Channel & Partnership Development STB) dan Indriati Permanasari (Asst.Manager Digital Media STB) dengan penuh keramahan menyambut  kedatangan  rombongan kami termasuk beberapa pengusaha agen perjalanan dari berbagai kota yang turut diundang mengikuti kegiatan ini.
Setelah beristirahat sejenak, kami  tak mau  membuang waktu segera    ke Pulau Sentosa guna mengunjungi berbagai  obyek wisata yang  memadati   pulau tersebut. Termasuk museum Madame Tussauds berpusat di Inggris dan baru beberapa bulan ini dibuka di negara ini.
Baru beberapa langkah memasuki museum,kami langsung disambut patung Bung Karno.Proklamator dan presiden pertama RI ini gagah mengenakan seluruh atribut resminya termasuk kopiah dan seluruh tanda jasa yang pernah diterimanya. Ukuran patung maupun detil bagian tubuhnya benar-benar sesuai sehingga semakin menambah kegagahannya bersanding dengan para tokoh dunia lain mulai dari Mahatma Gandhi,Ratu Elizabeth II,Nelson Mandela hingga Barack Obama. Patung  Nelson Mandela sempat membuat kami tersenyum sekaligus bangga,karena diabadikan dengan mengenakan baju batik khas Indonesia. Para tokoh dunia tersebut  diletakkan cukup berdekatan dan semua menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto bersama maupun melakukan berselfie ria.
Hanya ada dua tokoh dari Indonesia  dipilih untuk diabadikan di museum patung yang tiap hari dikunjungi puluhan ribu turis dari manca negara ini.Selain Bung Karno,adalah mantan juara  All England delapan kali yakni Rudy Hartono. Mantan jawara bulutangkis dunia tersebut diletakkan satu kawasan dengan para tokoh atlet dunia termasuk pesepakbola nomor wahid dunia Ronaldo.
Penampilan sederet artis dan musisi  dunia mulai dari Marilyn Monroe,Jackie Chan, Angelina Jolie,Brad Pitt.Michael Jackson hingga Beyonce kian menyempurnakan isi museum  yang dibuka setiap jam 10.00 hingga 21.00.
Museum  Madame Tussauds merupakan destinasi baru yang sangat diminati  wisatawan dari seluruh dunia yang dari ke tahun ke tahun terus bertambah jumlahnya.  Pada tahun 2014 lalu,tercatat sekitar 15 juta wisatawan memadati ‘’Negara Singa’’ berpenduduk hanya 5 juta ini. Sebagian besar dari jumlah tersebut berasal dari Indonesia,disamping  beberapa negara lain seperti Jepang,Cina,India,Eropa,Amerika serta Australia.
‘’Khusus wisatawan dari Indonesia,jumlahnya  terus meningkat secara drastis. Untuk melayani mereka,kami dari STB sudah memiliki 200 guide resmi  yang bisa berbahasa Indonesia dan wajib mengenakan ID  card setiap kali bertugas,’’ papar  tour guide kami,Augustar.
Pria berdarah Padang (Sumbar) dan India ini memaparkan dengan banyaknya guide yang dapat berbahasa Indonesia seperti itu,sangat memudahkan para wisatawan dari berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. ‘’Apalagi soal makanan juga  pasti tidak ada kendala.Karena di Singapura terdapat sangat banyak rumah makan dan restoran yang menyediakan berbagai menu yang cocok dengan lidah orang Indonesia,’’ ujar Augus,sapaan akrab,pria ramah ini. (nugroho/bersambung)