Melancong Bersama Garuda Indonesia dan Singapore Tourism Board (2)

SELALU menawarkan hal baru. Hal ini dilakukan oleh Singapura yang sangat agresif  menggerakkan roda industri pariwisata mereka sehingga makin seru dan menarik bagi puluhan  juta wisatawan dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Salah satu obyek wisata andalan dari Resort’s World Sentosa saat ini adalah Marine Life Park (MLP). Dengan lebih 60 juta liter air,taman air ini menjadi rumah bagi 100 ribu hewat laut dari 800 spesies berbeda mulai dari hiu sampai spesies ikan langka dalam berbagai habitat yang sangat  memikat pengunjung.
‘’MLP menawarkan banyak pilihan yang menyenangkan. Dan memang sengaja didisain untuk memperdalam pengetahuan para pengunjung mengenai kelautan dan ekosistemnya,’’ papar Indriati Permanasari,Assistant Manager Digital Media Singapore Tourism Board (STB) yang menemani kami selama lima hari berada di Singapura.
Wanita  ramah asal Jakarta ini memaparkan MLP juga dilengkapi berbagai wahana  termasuk SEA Aquarium yang merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia.Pengunjung benar-benar dapat menikmati kehidupan di bawah laut hingga menyusuri perjalanan melalui hamparan laut dan mengungkap berbagai habitat di samudera luas.
Pusat dari akuarium ini adalah habitat Open Ocean (Lautan Terbuka) yang  memanjakan pengunjung karena disajikan dari viewing panel dengan panjang 36 meter dan tinggi 8,3 meter. Ukuran tersebut sama dengan ukuran enam buah bus! Dan untuk semakin memudahkan pengunjung,di tempat yang memiliki puluhan zona ini disediakan 50 panel interpretif dan 20 layar sentuh.
Menariknya, di MLP ini sekaligus juga dijadikan program pembelajaran bagi murid playgroup hingga kelas 6 SD untuk belajar mengenai aneka ragam spesies ikan. Juga program untuk murid belajar mengenai beragam spesies hewan laut dan habitat mereka.‘’Para murid juga dapat bermalam di tempat ini pada malam hari.Pengelola menyediakan seluruh kebutuhan jika mereka bermalam disini. Pesan selalu kami tekankan adalah mengajak semua pihak termasuk para murid untuk selalu  aktif melindungi alam laut kita,’’ lanjutnya, didampingi Fransiska Pangat Channel & Partnership Development STB.
Kreatifitas pengelola MLP memang patut diacungi jempol. Karena mereka juga membangun 11 kamar yang menawarkan sensasi tersendiri bagi wisatawan yang bermalam di kamar-kamar tersebut. Salah satu sisi kamar tersebut langsung merupakan bagian dari SEA Aquarium sehingga dengan membuka tirai  maka wisatawan dapat beristirahat dan tidur dengan ditemani  puluhan ribu ikan  berwarna warni yang lincah berenang di sisi kamar mereka.
‘’Wah sensasinya  memang  sangat  luar biasa.Kalau nanti bulan madu,saya ingin sekali bermalam  disini. Pasti sangat asyik,’’ komentar rekan wartawan dari Surabaya ketika kami berkesempatan mengunjungi kamar istimewa  tersebut.
Selama beberapa tahun terakhir,memang begitu banyak hal-hal baru yang dibangun sehingga menambah lanskap pariwisata sehingga Negara Singa ini semakin memikat dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Khususnya dari Indonesia baik pada musim liburan maupun hari biasa. Kami berkali-kali menjumpai rombongan wisatawan dari berbagai daerah se-Indonesia. Termasuk rombongan pelajar asal Bogor yang sedang mengikuti final Olimpiade Robot di Singapura maupun rombongan mahasiswa, karyawan maupun keluarga dari berbagai penjuru tanah air.
Hal tersebut memang  tidak  berlebihan sebab disamping jarak Indonesia ke Singapura relatif dekat, juga ditunjang keberadaan  Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang lima telah memiliki 12 penerbangan setiap minggunya dari 9 kota di Indonesia antara lain Jakarta, Denpasar dan Surabaya ke Singapura.
‘’Kami selama ini sudah melayani wisatawan dari Jakarta yang menghendaki berangkat ke Singapura  pada pagi hari dan malam harinya sudah kembali lagi ke Jakarta. Jadi sangat praktis,’’ ungkap Khurnia Ramadhani marketing executive PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Surabaya.  
Pria asal Surabaya ini juga memaparkan  untuk melayani jumlah wisatawan asal Indonesia ke Singapura yang jumlahnya dari hari ke hari terus bertambah, PT Garuda Indonesia siap terus menambah jumlah penerbangan ke Singapura.’’Dengan layanan keramahtamahan khas Indonesia, kami siap memanjakan wisatawan asal Indonesia yang selalu tertarik mengunjungi begitu banyaknya destinasi wisata baru di  Singapura,’’ papar Khurnia Ramadhani yang bersama  Achmad Rofian Junaidi  dan Natalia Anindya Sarathi  dari PT Garuda Indonesia Surabaya mendampingi rombongan kami.
Tambahan destinasi atau lanskap wisata tersebut dilakukan di berbagai tempat termasuk  di kawasan Universal  Studios Singapore (USS)   di Pulau Sentosa yang  merupakan  proyek pariwisata termegah dan termahal di dunia. Kawasan  senilai  7 miliar dolar Singapura tersebut mempunyai 24 wahana serta atraksi di tujuh tema zona dimana 18 diantaranya adalah wahana dilengkapi  berbagai  atraksi baru. Taman hiburan ini menawarkan berbagai koleksi pertama di dunia misalnya koleksi tunggal terbesar di dunia atraksi DreamWorks Animation, Istana Far Far away dari dunia Shrek yang pertama. Kemudian taman hiburan wahana Madagaskar yang pertama di dunia, atraksi Transformers pertama di dunia serta masih banyak lagi. Tiket  masuknya  sangatlah terjangkau. Yaitu 74 dolar Singapura untuk  pengunjung dewasa dan 54 dolar Singapura untuk pengunjung anak-anak.(nugroho/bersambung)