Kembali ke Malang, Pimpinan Korem 083

Kol. Inf. Wachid Apriliyanto

MALANG – Tongkat komando kepemimpinan Korem 083/ Baladhika Jaya dari Kolonel Inf Fajar Setiawan, S.I.P., beralih kepada Kolonel Inf Wachid Apriliyanto. Tradisi penyambutan dan pelepasan Danrem 083 akan digelar hari ini di dua tempat. Kolonel Inf Fajar Setiawan, S.I.P akan berpindah tugas sebagai Danrem 072/ Pamungkas, Jogjakarta.
Siang hari ini, tradisi penyambutan dan pelepasan Danrem akan digelar di Makorem 083 dan malam harinya akan digelar acara lepas sambut dan Hotel Santika Malang. Kolonel Inf Wachid Apriliyanto sebelumnya pernah bertugas sebagai Dandim 0833 Malang pada 2011 silam.
Apriliyanto mengatakan, siap mengemban tugas dimanapun sebagai sebuah wujud komitmen dirinya sebagai abdi militer.

“Saya sebagai orang militer siap dipindah kemanapun sesuai perintah. Untuk kembali bertugas di Malang merupakan kebanggan tersendiri,” ungkap Apriliyanto saat dihubungi Malang Post, Minggu (31/7) kemarin.
Apriliyanto yang sebelumnya bertugas di Banda Aceh sebagai Komandan Resimen Induk Daerah Kodam IM (Danrindam IM) ini mengutarakan, bertugas di Kota Malang yang notabene merupakan kota kondusif memiliki tantangan tersendiri.
Baginya, memegang salah satu komando militer di Kota Malang merupakan tugas dan amanat berharga yang patut diperjuangkan dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, berbagai bentuk ancaman yang dapat menggganggu stabilitas NKRI dapat muncul dari berbagai aspek.  
“Proxy war masih menjadi ancaman yang patut diwaspadai. Peperangan yang akan terjadi di masa mendatang adalah peperangan yang bersifat nonmiliter dan tidak tampak. Maka dari itu pengawalan dalam menjaga budaya dan infiltrasi asing melalui ekonomi akan lebih diperkuat,” paparnya.
Selebihnya, ia berharap agar dirinya dapat mengembangkan terus hasil-hasil yang telah dicapai komando sebelumnya. Hal ini guna meningkatkan optimalisasi kinerja dalam menyiapkan dan mendidik kader-kader prajurit TNI yang handal, hebat, militan, profesional dan pemberani dalam tugas-tugas militer. (ica/aim)