Pernah Tantang Trial Diet, Raih Silver Button dari Youtube


Memiliki tubuh yang kurus dan sehat menjadi dambaan setiap wanita yang ada di dunia. Hal tersebut juga merupakan dambaan para wanita yang bertubuh gemuk. Mereka seringkali melakukan berbagai usaha agar tubuhnya mengecil. Veronica Brigita Puput Rahayu (22 tahun), menularkan tips diet sehat melalui vlog, setelah ia sukses menurunkan berat tubuh.
Ya, banyak yang gagal melakukan diet lantaran tidak pernah konsisten terhadap niatnya tersebut dan jarang berolahraga. Wanita yang akrab disapa Gita ini sukses menurunan bobot tubuhnya sebanyak 24 kg dengan berolahraga. Selain itu, dirinya juga berbagi pengalamannya tersebut melalui sebuah vlog di Youtube. Saat ini, sudah ada 100.000 lebih subscriber pada akunnya tersebut.
Sekitar tahun 2014, pada waktu itu di awal kuliah dirinya sudah mulai resah dengan bobot tubuhnya yang ketika itu mencapai 79 kilogram. “Ketika itu, aku merasa gendut banget. Kalau melakukan aktivitas apapun gampang lelah dan sesak. Sejak saat itu, aku bertekad untuk diet,” terang dia kepada Malang Post.
Kemudian, Gita pun memulai diet tersebut diawali dengan mengatur pola makan. Namun, tak juga mengalami penurunan berat badan, Gita akhirnya bertemu dengan Daffa (yang kini menjadi suaminya, Red).
“Ketika itu, Daffa ngajak aku untuk olahraga. Aku paling nggak suka olahraga. Dulu setiap diajakin, alasanku ada aja,” ujar wanita yang saat ini sedang menyelesaikan skripsi tersebut.
Namun, seiring berjalannya waktu, Gita yang sering menemani Daffa untuk berolahraga ini akhirnya tertarik untuk mencoba. “Awalnya aku coba gym, diajarin sama Daffa. Lama-kelamaan jadi keterusan dan jatuh cinta banget dengan olahraga,” lanjut wanita yang mengambil jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya tersebut.
Namun, perjalanan diet Gita tidak berjalan mulus. Sempat ada pertentangan dari kedua orangtuanya karena dinilai pola makan Gita yang sedikit dan dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan Gita. “Mereka melarang aku makan nasi merah, pokoknya dilarang banget deh. Ketika lihat aku makan dengan porsi sedikit dan seadanya, malah disuruh makan lebih banyak lagi. tapi karena udah niat dan diimbangi dengan olahraga rutin, aku harus bisa buktikan ke mereka kalau pola dietku tidak membahayakan kesehatan,” tukas dia.
Berkat usaha dan kerja kerasnya itu, dalam kurun waktu satu setengah tahun, Gita berhasil melangsingkan tubuhnya. “Sekarang bobot Gita sudah 55 kg. Kalau melakukan aktivitas apapun sudah nggak ngos-ngosan lagi. Pakai baju juga nggak perlu pakai baju cowok yang size-nya besar,” papar dia.
Gita pun meng-upload metamorfosis tubuhnya tersebut melalui instagram. Ketika itu, follower Gita banyak yang heran dan meminta tips diet dari Gita. Hal tersebut yang membuat dia membuat vlog bersama dengan sang suami. Dalam hal ini, sang suami lah yang bertugas untuk mengambil gambar hingga mengedit vlog Gita tersebut.
“Ketika itu, followers banyak yang kirim DM. nah, aku bingung balasnya, repot juga kalau harus balas satu-satu. Dari situlah, aku dapat ide untuk bikin vlog tentang tips diet,” ujar wanita yang tinggal di kawasan Sukun ini.
Ketika itu, Gita mengatakan, video pertama yang diunggah melalui channel Gita VBPR ini diposting pada tanggal 5 Desember 2016 dengan durasi 13:49. “Ketika itu, yang melihat antusiasnya tinggi. Kemudian mereka pada subscribe dan meminta aku untuk membuat video tentang tips kesehatan berikutnya. Aku nggak nyangka kalau penonton tersebut begitu antusias,” urai dia bersemangat.
Saat ini, sudah ada 44 Healthy Vlog yang sudah berhasil dibuat oleh Gita. Ia mengaku, sengaja membuat konsep yang sedikit berbeda dengan kebiasaan vlogger yang lain. “Kebanyakan para cewek itu bikin beauty vlog. Aku nggak tertarik untuk membuat hal serupa. Aku pengin konsisten untuk berbagi tips kesehatan dan olahraga yang aku buat berdasarkan pengalamanku sendiri,” beber dia.
Beberapa waktu lalu, untuk mendekatkan diri dengan para subcribernya, Gita mengadakan Diet Challenge yang berhadian 20 sereal diet. “Jadi, aku tantang mereka untuk membuat trial menu diet mereka sendiri. Ada 500 orang yang ikut. Lomba diadakan pada 3 Juli-3 Agustus 2017, seru banget. Ini juga bisa menyemangati mereka yang sedang diet,” lanjut dia.
Saat ini, jumlah subscribers vlog Gita sudah lebih dari 100.000. hal tersebut yang membuat dirinya mendapat penghargaan dari Youtube Jakarta. “Aku dapet silver button dari mereka. Sekitar bulan September atau November aku akan bertolak kesana. Aku juga masuk dalam komunitas youtubers dan melakukan kontak melalui aplikasi chat,” imbuh Gita sedikit malu-malu.
Alumnus SMA Santa Maria ini mengatakan dirinya secara tidak langsung untuk mengajak para pemuda untuk rajin berolahraga berdasarkan pengalaman yang dimilikinya selama ini. “Aku berbagi pengalamnku sendiri. Selama aku belum mengalami, aku nggak berani berbagi kepada mereka,” kata wanita yang sesekali juga aktif zumba ini.
Gita mengimbau kepada generasi muda untuk menjaga pola makan dan konsisten dalam menjaga kesehatannya. “Harus set goals secara jelas, disiplin dan konsisten kepada diri sendiri. Ajak kerjasama juga orangtua dan pacar untuk mendukung. Satu lagi yang peling penting, cintai diri kalian sendiri!” tandas dia bersemangat.(Amanda Egatya Talitha/ary)

Malang Hari ini

loading...