Malang Post

Kriminal

Informasi Peristiwa Hukum terkini di Malang Raya

Awalnya Gratis, Lalu Paksa Beli

Share

SINGOSARI – Awalnya semua konsumen diberi gratisan, dan setelah mulai ketagihan, baru dipaksa untuk membeli. Itulah salah satu modus pengedar pil koplo atau Dobel L, yang dilakukan tersangka berinisial AM, 17 tahun. Remaja yang tinggal di Desa Banjararum, Singosari, ini baru saja diringkus petugas Polsek setempat.
Untuk menguatkan perbuatan AM, polisi sebenarnya hanya berhasil menyita barang bukti 100 butir pil koplo.“ Pengungkapan Narkoba, memang menjadi atensi Polda Jatim,” ujar Kapolsek Singosari, Kompol Ariek Indra Sentanu, kemarin.
Dari hasil pemereiksaan, AM menjual pil koplo secara eceran. Yakni per 10 butirnya seharga Rp100 ribu, dan pengakuan tersangka cukup klasik baru dua kali menjual pil jenis tersebut.“ Sasarannya memang teman sebayanya.  Awalnya disusu mencoba secara gratis, kemudian setelah pembeli merasa ketagihan maka harus membeli. Keterangan tersangka sedang kami kembangkan, karena ada bandar besar yang memasok di wilayah Singosari,”tambah perwira menengah (Pamen) ini. (big/lyo)
comments

Maling Incar Hard Disk Komputer Sekolah

Share
 
BATU-Sungguh memprihatinkan, dalam rentang waktu 6 bulan sudah ada 6 sekolahan  di wilayah Kota Batu, yang disatroni pencuri. Ironisnya, pelaku sengaja membidik sekolah favorit.  Yakni, SDN Sisir 1, SDN Temas 1, SDN Pesanggrahan 1, SDN Ngaglik 1 dan SMP /Al Izzah yang berlokasi di Desa Sumberjo.
Kejahatan tersebut belum berhenti, karena kemarin (4/2) maling beralih membobol ruangan kantor SDN 4 Ngaglik menyikat sebuah hard disk, laptop dan uang Rp 92 ribu yang merupakan uang infak. Total kerugian yang ditanggung oleh pihak sekolah kurang lebih Rp 2,5 juta.
Menariknya, sang maling ternyata bukan mengincar komputer, melainkan data yang ada pada hard disk. Dugaan ini muncul, karena banyak komputer di ruangan guru ini, namun yang diobok-obok hanya satu yakni komputer utama.
“Banyak komputer lebih bagus dibandingkan komputer utama itu, tapi oleh pelaku tidak diapa-apakan,” terang Retno Teguh Wijayanti, Kepala Sekolah SDN 4 Ngaglik.
Hard disk yang hilang berisi data penting, mulai dari data utama sekolah, seperti data guru, data siswa, administrasi penting dan laporan bulanan sekolah. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengganti data yang hilang tersebut.
“Komputer lain utuh, malah komputer TU (tata usaha) yang letaknya sedikit tersembunyi malah yang diobok-obok,” ujar Dian Candra Wijaya, Bagian TU.
Begitu juga dengan laptop yang hilang, penuh dengan data penting, salah satunya dapodik.Peristiwa pencurian ini diketahui kemarin (4/3) pukul 06.00. Saat itu Suntari penjaga sekolah melihat seluruh isi kantor diobrak abrik. Ia pun melaporkan ke salah satu guru, kemudian ditindaklanjuti dengan melaporkan ke polisi.
 Melihat dari bekas-bekasnya, maling mencongkel selot jendela luar sekolah yang berbatasan dengan pekarangan kosong, kemudian pelaku mencopot teralis dan  masuk ke dalam ruangan. “Polisi sudah datang untuk olah TKP,” terang Retno.
Sementara pihak Polres Batu melalui Kasubag Humas menyebut, bahwa polisi masih melakukan olah TKP sekaligus mencari saksi-saksi sekitar TKP.“Sampai saat ini di Ngaglik anggota masih mendalami, di sekolah itu barangnya diungkrah ungkrah (diobrak abrik) saja sementara tidak ditemukan barang hilang,” tegas  AKP Waluyo Kasubag Humas Polres Batu. (muh/lyo)
comments

Anak Yatim Akan Diajak Demo

Share
MALANG – Sidang lanjutan perkara penggelapan uang nasabah Tamwil Perdana Surya Utama (PSU), yang diduga dilakukan Anharil Huda Amir, Kamis hari ini bakal dibanjiri nasbah. Mereka akan berorasi, untuk mendesak agar terdakwa dihukum berat.
Anharil Huda Amir, merupakan General Manager Tamwil-PSU. Pekan lalu, dia juga harus lari lantaran dikejar nasabah usai persidangan di PN Malang.
 “Besok, (hari ini, red), dalam persidangan terdakwa Anharil memang agendanya pemeriksaan saksi-saksi. Kami sudah mempersiapkan puluahan nasabah yang juga korban, untuk hadir dan berorasi di depan PN Malang,” ungkap Koordinator KCP BMT-PSU Suhat, Diah N, siang kemarin..
Diah menambahkan, tak hanya nasabah yang akan memenuhi PN, namun juga  anak-anak yatim dari panti asuhan yang notabene ikut jadi korban ulah terdakwa. “Anharil sudah menipu ratusan nasabah, mulai tabungan panti asuhan maupun sekolah. Oleh karen itu, anak-anak yatim pun akan ikutan datang ke persidangan Anharil,”jelasnya.
Untuk sementara ini, para nasabah menginginkan majelis hakim menghukum terdakwa. Sedangkan menyangkut persoalan uang tabungan yang diduga digelapkan terdakwa, itu persoalan nanti.
 “Saya dan korban lainnya, tetap optimis dan terus membawa kasus ini sampai selesai. Kalau masalah uang tabungan dikembalikan atau tidak, itu urusan nanti. Kami semua akan mengikuti sesuai prosedur hukum,” tandasnya. Tercatat dana yang masuk di KCP BMT PSU Suhat milik 433 nasabah, sekitar Rp 4. 696. 835. 143. (mg12/lyo)
comments

Awas Calo Jual Paspor Palsu

Share
MALANG – Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang, mewaspadai adanya calo-calo luar kota yang ancang-ancang menyebar wilayah Malang raya untuk menjual paspor palsu dengan  sasaran calon TKI/TKW. Kewaspadaan ini sangat beralasan, lantaran paspor palsu sudah beredar di Waru, Sidoarjo. Tiga tersangka tertangkap salah satunya justru asal Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang, Salman Faris Dalimunthe mengingatkan, agar masyarakat lebih waspada dan jangan tanggapi bila didatangi orang untuk menawarkan pembuatan paspor. Pengajuan atau pembuatan paspor, jauh  lebih baik langsung datang ke Kantor Imigrasi.
“Saya himbau kepada masyarakat, untuk wasapada dan jangan mudah percaya dengan calo. Karena pembuatan paspor palsu ini, merupakan perbuatan pidana,’’ungkap Salman kepada Malang Post. Kemarin.
Memalsukan sebuah surat ataupun dokumen paspor, memang sudah menjadi pekerjaan pelaku. Mereka mulai menjaring calon korban, dengan iming-iming proses pembuatan paspor cepat dan tidak berbelit.
“ Banyak korban utamanya calon TKI/TKW yang tertarik dengan bujuk rayu calo ini. Apalagi dijanjikan proses pembuatan paspor tak memakan waktu lama, tetapi ujung-ujungnya yang dirugikan justru pembeli paspor palsu ini,’’urainya.
Calon TKI dan TKW sangat empuk untuk dijadikan sasaran calo jenis ini, lantaran umumnya tingkat pendidikan dan pengetahuan mereka masih kurang. Bahkan, kata dia banyak juga yang tidak memiliki ijazah.
“ Memang cukup banyak TKI pendidikannya masih rendah, sehingga  tak punya keberanian mengurus sendiri semua persyaratan pembuatan paspor mulai dari akta kelahiran, kartu keluarga, legalisir ijazah ataupun keterangan lainnya. Imbasnya, mereka mereka menerima tawaran calo walaupun dengan imbalan biaya mahal,’’terangnya. (mg12/lyo)
comments

Siagakan Panic Button

Share

Belakangan ini pelaku kejahatan makin intensif mengincar pelajar. Tak tanggung-tanggung, pelakupun  dengan leluasa ngaku sebagai anggota polisi, lalu melakukan intrograsi di jalanan dan ujungnya membawa kabur harta korban.
Pihak Polres Malang Kota pun bergerak cepat, dengan menyiagakan jenis aplikasi Panic Button yang bisa dipasang pada phonsel berbasis Android. Fungsi aplikasi ini, tak lain menekan terjadinya kejahatan.
“ Aplikasi ini dapat menghubungkan korban dengan kepolisian. Ketika korban mengalami perlakuan kejahatan, langsung saja menekan aplikasi  Panic Button,” terang Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Nunung Aggraeni.
Begitu aplikasi Panic Button ditekan, maka keberadaan korban bisa terdeteksi oleh pihak kepolisian, dilanjutkan anggota patroli melakukan penyisiran TKP.“ Begitu ada informasi masuk dari masyarakat, polisi secara cepat merespon dan melacak keberadaan korban yang mengalami kejahatan tersebut,” tandas Polwan asal Srengat, Blitar ini.
Terkait munculnya penjahat yang ngaku-ngaku anggota polisi, perwira pertama berparas cantik ini meminta agar warga termasuk pelajar untuk tak menghentikan kewaspadaan.
“ Kalau kebetulan berhadapan dengan orang yang ngaku polisi, minta untuk menunjukan kartu tanda anggota (KTA, termasuk jangan takut menanyakan nama maupun tugasnya di bagian apa dan catat semuanya,’’tutur Polwan yang semasa bhintara berdinas di satuan Lalu lintas ini. (mg12/lyo)

comments

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL