Malang Post

You are here: Batu Agropolitan

Batu Agropolitan

Jadi Guru Inspiratif Didaftarkan Sang Anak

INSPIRASI: Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko,Ny Dewanti Rumpoko dan Ganis Rumpoko saat mengajar dalam Kelas Inspirasi kemarin.


BATU- Seharian kemarin (29/9), Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko bersama sang istri, Dewanti Rumpoko, menjadi guru dadakan di SDN – SMP  Satu Atap Desa Gunungsari yang berlokasi di Dusun Brau, Kecamatan Bumiaji.
Sambil membawa laptop dan alat peraga, ER- panggilan akrabnya itu ternyata tak kikuk menjalankan aktifitas barunya itu.Hari itu, dia mengajar seluruh siswa di sekolah yang berada di daerah terpencil dilingkari perbukitan itu. “Mbak-mbak, Mas-mas (begitu ER memanggil para siswa,red) sudah mengenal saya ?,” tanya ER.
ER yang paling getol mengunjungi daerah pinggiran itupun, memang mudah dikenal, Lantas siswa-siswa pun dengan lantang menjawab nama lengkap ER sekaligus jabatannya. Namun mereka sontak berubah bingung ketika ER menanyakan wali kota itu jabatan apa ?.“Wali kota itu adalah kepala daerah, yang bertugas memimpin sebuah kota. Lalu wali kota itu kerjanya apa ?,” ER kembali bertanya. 
Seorang siswa nyeletuk, “Ngitung duit,’’celetuknya lantang. Gelak tawa pun meledak di ruangan, bahkan ER ikutan terpingkal-pingkal mendengar jawaban itu. Ayah tiga  anak itu memaparkan, pekerjaan yang dilakukannya setiap hari adalah membangun sebuah kota yang bersih, maju dan masyarakatnya sejahtera. Kemudian, pria yang dua periode menjabat wali kota inipun mendorong siswa untuk rajin belajar, agar kelak bisa meraih cita-citanya.
“ Kalau cita-citanya menjadi petani, jadilah petani yang unggul. Saya juga berdoa agar ada wali kota bahkan ada presiden yang lahir dari dusun ini,” tutur ER disambut tepuk tangan seluruh siswa dan guru, yang memadati ruangan.
Walaupun berada daerah terpencil, namun cukup banyak pemuda dan pemudi Dusun Brau, yang sukses menamatkan kuliah. Bahkan, di daerah penghasil air susu sapi perah ini pun telah lahir beberapa dosen, bahkan ada yang sudah menjadi pegawai Pemkot.
Dalam kesempatan itu, ER menampilkan video tentang perkembangan pembangunan di kota wisata ini. Beberapa kali siswa bertepuk tangan dengan wajah penuh kekaguman. Pada sesi yang sama, wali kota juga menggelar simulasi pemilihan kepala daerah.
ER menjadi salah satu relawan Kelas Inspirasi, sebuah gerakan peduli pendidikan diprakarsai Anis Baswedan.  Sedangkan sang istri, Dewanti Rumpoko kemarin mengajar di SDN Gunungsari 1 dan putrinya, Ganis Rumpoko  mengajar  di SDN Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. “Saya didaftarkan Ganis, karena saya memang tertarik untuk mengikuti nya. Saya ingin memberikan motivasi bagi anak-anak, agar mereka bisa meraih cita-cita mereka,” ujar Dewanti.
Suasana asyik terlihat saat  dosen Unmer Malang ini  mengajar siswa kelas 1 sekolah itu. Di awal-awal pertemuan, mantan Ketua PRSI Kota Malang ini bertanya kepada para siswa yang lapar. Ternyata semua siswa itu mengangkat tangan dan mengatakan sedang lapar. Dewantipun kemudian membagikan susu kotak kepada para siswa. Dia mengajak anak-anak minum bersama. Namun ada beberapa anak yang memilih tidak minum saat itu. ‘’Saya tidak minum, susu akan saya minum di jalan,’’ ujar salah satu anak dengan polos.
Dengan menggunakan seragam, ibu tiga anak ini sempat meminta salah satu anak untuk maju. Dia berdialog kecil mengenai jarak rumah siswa itu, jumlah saudara hingga cita-cita jika siswa itu besar. ‘’Kamu kan akan terus sekolah hingga nanti menjadi dokter,’’ ujarnya ramah.
Secara terpisah Ganis menuturkan  sangat senang mengajar bagi siswa dan siswi SDN Gunung Ronggo yang terletak di Kecamatan Tajinan ini. ’’Saya memberikan meteri mengenai jurnalistik dan mengajak siswa siswi sekolah tersebut membuat majalah dinding (mading).Mereka semua merasa antusias, ’’ ungkapnya sembari tersenyum. (muh/feb/lyo)

Page 1 of 1484

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »