BATU – Hujan deras yang terus mengguyur tidak hanya menghambat proyek pembangunan infrastruktur mesin pemilah dan pengolahan sampah TPA Tlekung, tapi juga merobohkan bangunan plengsengan proyek tersebut. Plengsengan yang dibangun dengan dana APBD Rp 13 miliar ini ambrol sepanjang 50 meter dengan tinggi 6 meter.
Ambrolnya plengsengan tersebut, dipastikan membuat waktu pengerjaan proyek yang dikerjakan oleh PT Kharisma Multi Jaya ini tidak akan sesuai target, alias molor. “Waktu pengerjaan proyek ini 180 hari, harusnya akhir Desember sudah selesai. Tapi karena ada kejadian seperti ini, kami minta perpanjangan waktu,’’ kata Eko Supriyanto, pelaksana proyek.
Eko menjelaskan, ambrolnya plengsengan ini  terjadi sejak Sabtu (3/12) malam lalu. Saat itu hujan deras mengguyur dan tidak ada pengerjaan. Tiba-tiba bangunan plengsengan yang sudah berdiri sejak Juni 2016 lalu ambrol. “Pertama yang di sebelah barat. Tiba-tiba ambrol. Bangunan plengsengan ini sebetulnya sudah jadi dan tinggal finishing saja,” tambah Eko, yang mengatakan setelah mengetahui bangunan plengsengan ambrol, pihaknya langsung melapor ke Pemkot Batu.


Para model memeragakan fashion hasil desainer Adi Sandix dalam Fashion Art di Jurangkuali Desa Sumberbrantas Kota Batu. (Humas Pemkot Batu for Malang Post)

BATU – Kegiatan fashion show tidak harus di hotel mewah atau lokasi lain di pusat kota. Kegiatan seperti ini juga menarik digelar di desa terpencil. Sebagai bukti, Fashion Art The Immersed Beauty of Jurangkuali  di Dusun Jurangkuali Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu sangat meriah, Senin (5/12) malam.
Jurangkuali merupakan dusun pada sebuah desa paling ujung utara Kota Batu. Catwalk fashion show tersebut diletakkan pada sebuah lapangan desa. Sedangkan kanan kiri dari lokasi catwalk tersebut adalah sawah dan kebun karena Sumberbrantas merupakan salah satu penghasil kentang di Kota Batu.
Sumberbrantas juga merupakan kawasan yang dingin karena lokasinya di lereng gunung. Jadi wajar jika penonton tidak hanya mengenakan jaket, tetapi juga mengenakan sarung saat menyaksikan para model berlenggak-lenggok di atas catwalk.
‘’Fashion Art ini merupakan rangkaian HUT ke-15 Kota Batu. Kegiatan HUT tidak hanya berpusat di kota, tetapi menyebar ke seluruh desa dan kelurahan di Kota Batu. Fashion Art sengaja kami gelar di Dusun Jurangkuali Desa Sumberbrantas ini,’’ ungkap Sinal Abidin, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, penanggung jawab Fashion Art.
Penyelenggaraan Fashion Art di Jurangkuali juga untuk penghargaan kepada desainer caliber nasional yang lahir di desa ini. Dia ada Adi Sandix. Hampir semua pakaian yang dikenakan para model dalam Fashion Art tersebut adalah karya desainer asal Sumberbrantas tersebut.
Fashion Art tersebut juga istimewa karena dihadiri runner up Putri Indonesia 2014, Yolanda Viyanditya Remetwa dari Maluku. Model juga berasal dari Batu, Malang dan berbagai daerah di Indonesia. Walikota Batu, Eddy Rumpoko dan istrinya Dewanti Rumpoko nampak bahagia saat menghadiri Fashion Art tersebut.
‘’Rangkaian HUT Kota Batu tidak harus berada di pusat kota, tetapi menyebar seluruh desa. Kalau Shining Run ada di Oro-Oro Ombo, jelajah gunung ada di Gunungsari, flower carnival di Sidomulyo, saat ini Fashion Art di Sumberbrantas. Begitu juga dengan pembangunan, tidak hanya di pusat kota tetapi juga harus menyebar ke desa-desa sehingga aka nada keseimbangan perekonomian warga,’’ tegas Eddy Rumpoko, Walikota Batu. (feb)


BATU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) terus melakukan jemput bola untuk menyelesaikan E-KTP. Menggunakan mobil layanan, para petugas Dispendukcapil memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa Oro-Oro Ombo, Senin (5/12) kemarin.
Kedatangan mobil pelayanan ini pun langsung direspon warga. Mereka berbondong-bondong mendatangi Balai Desa, tempat untuk melakukan perekaman KTP. “Sebetulnya sudah sejak lima hari, mobil layanan ada di sini. Sekarang adalah hari terakhir, sehingga warga banyak yang datang,’’ kata salah satu petugas E-KTP.
Layanan E-KTP menggunakan mobil tidak berbeda dengan layanan di kantor Dispendukcapil. Pemohon yang akan melakukan perekaman lebih dulu wajib melengkapi adminitrasi dan mengisi berkas permohonan. Jika berkas yang diajukan lengkap, pemohon langsung melakukan perekaman. Hanya bedanya, pemohon tidak perlu jauh-jauh ke kantor Dispendukcapil.
“Semuanya dapat dilayani di sini, mulai E-KTP, pengajuan akte kelahiran, pengajuan akte kematian, pembuatan KK dan lainnya. Layanannya sama, yang penting dengan layanan ini kita lebih mendekatkan diri kepada masyarakat,’’ tambah petugas tersebut.


BATU – Royal Hawaiian Party menjadi tema Royal Orchids Garden Hotel and Condominium, saat malam pergantian tahun. Dengan tema yang diusung tersebut, pihak hotel bintang empat ini tidak sekadar memberikan hiburan live musik atau galadinner, tetapi juga menawarkan hiburan spesial lainnya.
“Tahun baru menjadi even spesial. Kami memberikan Spectacular New Year’s Eve Party,’’ kata Executive Assisten Manager Royal Orchids Garden Hotel and Condominium, Gringgo Sartana Souisa.
Dia menjelaskan, tema yang diusung agar berbeda dengan hotel-hotel pada umumnya. Dengan tema ini, tidak hanya karyawan yang menggunakan pakaian ala Hawai, tapi dia juga meminta para tamu hotel untuk menggunakan ala Hawai. 
Sekalipun bukan sesuatu yang wajib, dress code yang dikunakan, akan mempengaruhi kemeriahan pesta yang akan diberikan. “Pesta akan kami gelar di area kolam renang. Banyak sekali kejutan di sana,’’ tambahnya.
Lalu apa saja yang ditawarkan Royal Orchids Garden Hotel and Condominiums saat tahun baru nanti dengan tema tersebut? Diantarannya adalah Royal International Dinner, Royal Cocktail Party, Royal Bruch, The Remix DJ Performance, dan Clown and Magician. Selain itu juga ada band dan hadiah serta doorprize yang ditawarkan pada even tersebut.
“Semua itu dapat dinikmati para tamu. Dan yang tidak ketinggalan, kami juga menggelar pesta kembang api,’’ urainya. Selain party yang istimewa, tawaran menarik juga diberikan kepada tamu, yakni para tamu mendapatkan diskon menarik. Tidak hanya yang melakukan pemesanan melalui website, tapi juga yang melakukan pemesanan ditempat, akan mendapatkan diskon spesial hingga 20 persen.
“Kami akan memberikan diskon 20 persen untuk tamu yang melakukan pemesanan melalui online. Tapi ada syaratnya, mereka membayar full di depan. Termasuk yang booking di tempat, akan mendapat diskon 20 persen, setelah mereka membayar full,’’ ucapnya.
Tidak hanya tahun baru, tawaran istimewa juga diberikan kepada tamu saat perayaan natal. Untuk perayaan natal tema yang diusung hotel dengan jumlah 132 kamar ini adalah Royal Christmas at Snow Season. Dengan tema ini, para tamu yang datang akan mendapatkan beragam fasilitas, mulai live music dan lainnya. “Kami juga akan memberikan beragam hadiah, kepada pengunjung,’’ tambahnya.
Sama seperti tahun baru, even natal pihaknya juga memberikan diskon spesial, sebesar 30 persen. Diskon itu diberikan untuk tamu yang melakukan booking melalui website.
Menjelang even Natal dan Tahun Baru, Royal Orchids Garden Hotel and Condominium sudah bersiap. Terbukti, kemarin pohon natal sudah dipasang. Tentu saja, tidak sekadar pohon natal biasa, tapi juga beragam aksesoris, dimana pohon natal yang dipasang di lobi hotel ini pun memberikan kesan sangat mewah.
Pohon natal ini akan menghiasi lobi Royal Orchids Garden Hotel and Condominiumes selama bulan desember ini. “Kami menggunakan pohon cemara asli agar kesannya natural. Selain asesoris ini, juga ada salju yang dibuat dari steoform,’’ tandas Gringgo. (ira/feb)


BATU –  Para pemuda yang sempat diamankan anggota Satuan Sabhara saat Operasi Sapu Bersih (Saber) Minggu (4/12) malam lalu akhirnya dipulangkan. Mereka yang berjumlah 20 orang ini hanya mendapatkan pembinaan saja, dan membuar surat pernyataan.
Tidak terkecuali FA, 16 tahun, warga Dusun Jurang Kuali, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang kedapatan membawa benda mirip pisau kecil juga dilepaskan.
“Semalam, semuanya dilepaskan. Termasuk yang diduga membawa senjata tajam juga dilepas,’’ urai Kasat Sabhara Polres Batu, Iptu Mohammad Lutfi. Alasam dilepasnya FA ini, pertama benda yang dibawa tidak termasuk senjata tajam, melainkan adalah alat pertanian. Selain itu, track record dari FA juga cukup baik, alias dia tidak pernah melakukan ulah, atau berbuat kriminal.
“Kemarin, kami tidak melakukan pendataan sendiri. Tapi juga melibatkan anggota reskrim, ini untuk mengetahui apakah orang diamankan pernah terlibat kasus criminal atau tidak. Ternyata tidak ada, semuanya bersih,’’ ungkap Lutfi. Tapi demikian, Lutfi pun mengatakan pihaknya tidak akan memberikan ampun kepada para pemuda yang diamankan tersebut. Jika salah satunya terindikasi berbuat kriminal, pihaknya pun tidak segan-segan menciduknya kembali dan menjebloskannya dalam tahanan. Terlebih selain memiliki data masing-masing anak yang diamankan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan anggota reskrim.
Lutfi juga menyebutkan, jika pihaknya juga tidak diam. Sebanyak 20 anak yang diamankan dan sempat dibawa ke Polres Minggu lalu juga diberi penyuluhan. Berbagai imbauan juga diberikan, mulai dari mengingatkan mereka untuk tidak mabuk-mabukkan, serta tidak mengkonsumsi narkoba. Menurut dia, mabuk dan mengkonsumsi narkoba merupakan awal  dari perbuatan melanggar hukum lainnya.
“Setelah kami beri imbauan, kami juga mendatangkan orang tua atau walinya. Para orang tua dan wali ini juga kami imbau untuk memperhatikan anak-anaknya, agar mereka tidak terjerumus pada pergaulan yang salah,’’ tambahnya. Dan setelah memberikan imbauan, 20 anak inipun langsung diserahkan kepada orang tuanya masing-masing, setelah mereka menulis surat pernyataan.
Seperti yang diberitakan sebelumnya Operasi sapu bersih (Saber) digelar anggota Satuan Sabhara Polres Batu Minggu (4/12) lalu.  Hasilnya 20 orang diamankan. Mereka diamankan dari dua tempat yakni area Alun-Alun Kota Batu dan Pasar Besar Batu. Dari 20 yang diamankan satu diduga membawa senjata tajam, dan ikat pinggang dengan gasper roti kalung.
Selain operasi Saber, menjelang pergantian tahun petugas juga menggalakkan patroli. Terutama di toko emas. Patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya tindak kriminal menjelang akhir tahun. (ira/feb)

Halaman 1 dari 709