Malang Post

You are here: Batu Agropolitan

Batu Agropolitan

Ngekor Senayan, F-Demokrat Walk Out

Pemilihan Jabatan Komisi DPRD, Memanas
BATU – Prediksi bahwa paripurna penetapan alat kelengkapan dewan akan berlangsung alot, Kamis (23/10) benar benar terbukti di Gedung DPRD Kota Batu. Rapat memperebutkan 14 jabatan itu sempat memanas, bahkan Fraksi Partai Demokrat (FPD) pilih walk out sebelum jabatan-jabatan itu diperebutkan semua fraksi.
Hengkangnya FPD itu, lantaran usulannya bagi-bagi jabatan dimentahkan forum. Langka itu mirip dengan FPD DPR RI pada penghujung periode lalu ketika usulannya yang menyetujui Pilkada Langsung namun dengan syarat, tak mendapat dukungan semua fraksi di Senayan. Praktis, FPD DPRD Kota batu terkesan mengekor sidang di Senayan yang menghebohkan itu.
Dalam agenda paripurna kemarin, memang memperdebatkan penentuan jabatan ketua, wakil, dan sekretaris untuk Komisi, Badan Legislasi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah dan Badan Kehormatan. Suasana panas berlangsung sejak awal sidang. Beberapa anggota menginginkan penetapan tersebut dilakukan berdasarkan musyawarah mufakat, sedangkan lainya mengusulkan dilakukan melalui voting.
Dedy Alwani Ketua FPD, misalnya, menginginkan penetapan dilakukan berdasarkan musyawarah mufakat. Dia mengusulkan jabatan sebanyak 14 itu, dibagi rata kepada tujuh fraksi yang ada di DPRD kota apel ini. ‘’Di sini ada tujuh fraksi untuk menempati 14 jabatan. Kenapa tidak dibagi rata saja jabatan kelengkapan dewan tersebut, sehingga masing-masing fraksi mendapatkan dua jabatan,’’ ungkap Dedy Alwani, putra sulung politikus Partai Golkar Kota Batu ini.
Usulan tersebut langsung direaksi anggota dewan lainya. Misalnya Didik Machmud Ketua Fraksi Golkar, yang justru menginginkan mekanisme penetapan alat kelengkapan dewan harus berdasarkan tatib.
‘’Kita punya tatib dan jangan sampai melenceng dari tatib. Dalam tatib disebutkan, bahwa setiap pengambilan keputusan dilalui dengan musyawarah mufakat. Namun jika musyawarah mufakat tidak bisa dilalui, maka mekanisme dilakukan dengan pemungutan suara. Suara terbanyak mengikat suara semua anggota,’’ ungkap Didik Machmud.
Perdebatan terus memanas, karena semakin banyak usulan dalam sidang yang dipimpin Ketua DPRD Cahyo Edi Purnomo itu. Dalam suasana perdebatan, Fraksi Demokrat yang terdiri dari tiga orang akhirnya memilih meninggalkan ruang sidang paripurna.
Dihubungi melalui ponselnya usai sidang, Dedy menjelaskan, pihaknya mengusulkan mekanisme penentuan jabatan alat kelengkapan dewan itu dibagi rata demi sebuah kebersamaan. Jumlah anggota dewan di kota ini hanya sedikit, yakni 25 orang sehingga akan ada keguyuban ketika ada pembagian rata seperti itu.
‘’Demokrat tidak harus memilih jabatan dulu. Misalnya saja, F-PDIP sebagai pemilik suara terbanyak diberi kesempatan memilih dua jabatan dulu. Lalu fraksi-fraksi lain, sehingga semua fraksi akan memiliki pejabat pada alat kelengkapan dewan,’’ tegas dia.
Karena tidak mendapatkan tanggapan dalam persidangan itu, dia memilih walk out dari ruang sidang bersama dua nggotanya. Pihaknya juga sudah mendapat perintah dari partai, bahwa walk out adalah pilihan ketika usulan tidak mendapatkan tanggapan.
Kelanjutannya, paripurna tetap diteruskan dengan mekanisme voting. Nama-nama pejabat sesuai usulan fraksi, melakukan sidang tersendiri. Mereka kemudian menentukan jabatan ketua, sekretaris dan wakil melalui voting. Hasilnya, untuk Komisi A jabatan diisi oleh Sudiono (Ketua), Hasmono (Wakil) dan Budiarto (Sekretaris). Angota, Usman, Sampurno, Saihul Anam dan Sugeng Hariono.
Komisi B diisi Suwandi (Ketua), Didik Subiyanto (Wakil), Shanti (Sekretaris), Katarina Dian, Wito Argo, Asmadi, Reni Agustin dan Sandi (anggota). Ketua Komisi C dipegang Didik Machmud, Ludi Tanarno (Wakil), Hely Suyanto (Sekretaris), Nur Auliya, Dewi Kartika, Suliadi dan Dedy Alwani (anggota).
Badan Legislasi diisi Katarina Dian (Ketua) dan Dewi Kartika (Wakil) serta wakil tujuh fraksi. Badan Kehormatan diisi oleh Budiarto (Ketua) dan Suliadi (Wakil). Sedangkan penyangkut pemilihan Badan Anggaran dan Badan Musyawarah, ditunda. (feb/lyo)
 

Page 1 of 1542

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »