Malang Post

Batu Agropolitan

15 Pasien Segera Operasi Jantung

Share
BATU – Sebanyak 15 pesien jantung dari Malang Raya dan sekitarnya masuk daftar tunggu untuk melakukan operasi jantung di RS Harapan Kita Jakarta. Pasien tersebut berangkat ke Jakarta jika sudah ada panggilan dari pihak rumah sakit serta kesiapan mereka sendiri.
Sebanyak 15 pasien tersebut masuk dalam daftar Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Malang. Pihak YJI juga sedang mempersiapkan kondisi pasien sehingga mereka akan benar-benar siap dan layak operasi jika rumah sakit memberikan panggilan.
‘’Jika rumah sakit memberikan panggilan, serta pasien juga sudah siap, kami langsung berangkatkan mereka ke Jakarta,’’ ungkap Dewanti Rumpoko, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Malang di sela-sela Rapat Kerja (Raker) di Gedung Bina Bhakti Praja Pemkot Batu, Sabtu (25/4) kemarin.
Hingga tahun 2014 lalu, YJI Cabang Malang sudah memberangkatkan 72 pasien untuk menjalani operasi di RS Harapan Kita. Satu pasien membutuhkan biaya antara Rp 50 juta hingga Rp 150 juta. Biaya perawatan ditanggung oleh YJI pusat, sedangkan YJI Malang bertanggungjawab atas akomodasi pasien.
‘’Akomodasi juga sangat mahal karena pasien butuh biaya pulang pergi Malang-Jakarta. Mereka tinggal di Jakarta sekitar dua bulan selama menjalani operasi sehingga membutuhkan biaya hidup tinggi. Pasien ini mayoritas berasal dari Malang Raya, sedangkan sebagian berasal dari Blitar, Pasuruan dan Probolinggo,’’ tegas istri Walikota Batu Eddy Rumpoko ini.
Raker kemarin diikuti sekitar 125 orang dari seluruh Malang Raya. Selain pengurus, mereka juga motivator klub jantung sehat. Pembahasan preventif terjadinya penyakit jantung juga menjadi pembahasan serius dalam raker yang berlangsung sehari itu.
YJI Cabang Malang memiliki program semakin mengaktifkan klub jantung sehat hingga penambahan lagi. Saat ini di Kabupaten Malang ada 33 klub, tetapi hanya sekitar 16 yang aktif. Di Kota Malang terdapat 19 klub dan aktif sekitar 70 persen, sedangkan di Kota Batu terdapat 19 klub jantung sehat dan hampir semua aktif.
Menurutnya, banyak manfaat yang didapatkan anggota klub untuk menjaga kesehatan jantung. Selain olahraga melalui senam jantung, mereka juga mendapatkan sosialisasi menjaga kesehatan jantung, wisata raga, hingga sarasehan-sarasehan.
Saat ini juga sudah ada klub jantung sehat usia remaja. Jika para remaja membentuk atau menjadi anggota klub jantung sehat, manfaat yang dirasakan sangat besar. ’’Jadi klub jantung sekarang tidak hanya identik dengan mereka usia 50 tahun, tetapi juga sudah ada klub jantung usia remaja,’’ pungkas dia. (feb)
 
comments