Malang Post

Batu Agropolitan

Permudah Masyarakat Mendapatkan Layanan

Share
Paten di Kecamatan
BATU-  Sebentar lagi, Kecamatan akan menjadi pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul bagi SKPD. Ini, seiring dilaksanakannya Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) yang merupakan program pemerintah pusat.
Dengan Paten, kualitas pelayanan kepada masyarakat ditargetkan akan meningkat. Tidak hanya itu, juga dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di bawah koordinasi camat selaku penanggung jawab Paten.
Camat Batu, Aries Setyawan mengatakan, Kecamatan Batu siap melaksanakan program ini untuk mendekatkan pelayanan. Kesiapan ini ditunjukkan dengan ketersediaan SDM yang ada di tiap kecamatan.
 “SDM kita sudah siap untuk melaksanakan Paten, baik dari sisi jumlah maupun kemampuan SDM,” terang Aries.
Meski demikian, pihak kecamatan masih menunggu pelimpahan kewenangan dari SKPD kecamatan. Pelimpahan kewenangan akan diberikan melalui peraturan walikota untuk menerbitkan sebagian kewenangan dari SKPD seperti Badan Penanaman Modal (BPM) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
Ia mencontohkan kewenangan pelayanan perizinan, meskipun kecamatan mampu, tanpa ada pelimpahan kewenangan pihaknya tidak akan bisa berbuat apa-apa. “Kalau sudah ada pelimpahan kewenangan kita tinggal menyiapkan perangkat IT-nya,” tegas Aries.
Program Paten, menurut Aries tidak akan membebani pihak kecamatan, karena selama ini setiap proses perizinan sebagian sudah dilakukan. Jika Paten dilaksanakan, ia memperkirakan akan terjadi lonjakan permintaan layanan dari masyarakat, namun hal itu tidak menjadi masalah karena selama ini Kecamatan Batu sudah menerapkan pelayanan malam.
Lebih lanjut Aries menjelaskan, pelayanan malam yang dilakukan mulai pukul 18.00 hingga 20.30.  Jumlah masyarakat yang memanfaatkan program ini antara 5 hingga 10 orang permalam.
Memang tidak semua pelayanan akan diserahkan ke kecamatan melalui Paten, karena ada Badan Penanaman Modal. Untuk IMB misalnya, kecamatan hanya akan melayani IMB untuk bangunan kurang dari 100 m2. Demikian juga SIUP hanya melayani izin usaha Mikro Kecil. (muh/han)
comments