Malang Post

Batu Agropolitan

Bentangkan Bendera Raksasa, Upacara di Lereng Panderman

Share
BATU – Warga Kota Batu tidak hanya melaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus di Stadion Brantas. Warga juga akan melakukan upacara di lereng Gunung Panderman, Senin (17/8) besok. Tidak hanya upacara, peserta juga akan membentangkan bendera raksasa di lereng gunung itu.
Bendera yang bakal digunakan untuk upacara dan dibentangkan di lereng Gunung Panderman sudah siap di Stadion Brantas Kota Batu, Sabtu (15/8) kemarin. bendera ukuran 40 x 25 meter, dibentangkan  terlebih dahulu dan dilipat dalam lapangan stadion.
Mas,ud, salah satu panitia pelaksana kegiatan pengibaran bendera di Gunung Panderman mengatakan, bendera tersebut langsung dibawa ke pos polisi Alun– alun setelah dilipat, kemarin. Hari ini, bendera akan dibawa keliling kota dan langsung naik ke Gunung Panderman.
“Sebenarnya rangkaian kegiatan pengibaran bendera di lereng gunung Panderman ini diawali 14 Agustus, bertepatan Hari Pramuka. Karena peringatan hari Pramuka diundur dipusatkan 20 Agustus nanti, kami persiapkan bendera raksasa hari ini (kemarin),“ kata pegawai BKD Kota Batu ini.
Untuk longmarch, kata dia, pembeawa bendera raksasa mulai perjalanan dari Alun-alun berlanjut ke Jalan Panglima Sudirman, Taman Makam Pahlawan, Simpang Empat Gereja Jago, simpang empat Pesanggrahan, kemudian berlanjut ke Dusun Toyomerto, menuju ground kemerdekaan lereng Gunung Panderman.
Menurutnya, peserta akan memanggul bendera, sehingga mereka mudah membentangkan saat berada di lereng Panderman dengan kemirngan sekitar 45 derajat.  Minggu (16/8) sekitar pukul 16.00, bendera mulai dibentangkan di lereng Panderman. Senin (17/8) diadakan upacara bendera dan penanaman pohon di lokasi lereng yang sudah terpasang bendera.
Rencananya, bendera raksasa tersebut dibentangkan di lereng Panderman selama sehari. Bendera raksasa kembali akan dilipat dan dibawa ke kota, Selasa (18/8) oleh tim.
Peserta yang akan naik ke Gunung Panderman diperkirakan 50 orang. Selain panitia juga terdapat BPBD Kota Batu sebagai Panitia pendamping, Cansabalas Adventure Team Independent Community yang tahun lalu juga sebagai pelaksana pembentangan bendera merah putih raksasa di Gunung Panderman. (feb) 
comments