Malang Post

You are here: Batu Agropolitan

Batu Agropolitan

Jas Pelantikan Dewan Dipatok Rp1,5 Juta

BATU - Pelantikan 25 Caleg terpilih menjadi anggota DPRD Kota Batu, diperkirakan digelar 30 Agustus mendatang setelah KPU mengeluarkan penetapan ditindaklanjuti pengesahan Gubernur Jatim. Untuk pelantikan itu sendiri, sekretaris dewan telah menganggarkan pengadaan jas full dress yang per potongnya untuk setiap anggota DPRD baru dipatok seharga Rp1,5 juta.
Biaya pengadaan jas itu, dianggarkan melalui APBD kota ini.
Sekretaris Dewan, Erwan Puja F membenarkan hal tersebut, walaupun sejauh ini pihaknya belum melakukan pengukuran jas dan pakaian kepada caleg-caleg terpilih lantaran masih menunggu tahapan KPU selanjutnya.” Kami belum melakukan pengukuran jas bagi mereka, mungkin dua bulan sebelum pelantikan baru dilakukan pengukuran plus pengadaanya,”jelas Erwan menjawab Malang Post.
Mantan Kasatpol PP ini menambahkan, untuk jas pelantikan anggota dewan yang baru itupun tidak ada motif tertentu. Yakni modelnya sama seperti jas pada umumnya, sebab jas dan pakaian tersebut merupakan pakaian resmi. Untuk harga jas per anggota dewan, dikatakan memang kisarannya Rp1,5 juta. Sehingga untuk 25 anggota dewan, anggaran khusus untuk kebutuhan jas diperlukan Rp37,5juta dan hal itu mengacu pada Perwali tahun 2014.
Malahan, tambah dia, di daerah lain harga per potongnya bisa melebihi Rp 3 juta.” Tergantung pada setiap daerah, dan itu sudah diatur dalam Perwali,”tuturnya.
Pihaknya pun tidak perlu melakukan tender terlebih dahulu, karena kisaran anggarannya dibawah Rp200 juta (syarat untuk ditenderkan).”Gak usah pakai tender, nilainya tidak terlalu besar,”jelasnya.
Tidak hanya itu, anggota dewan pun akan mendapatkan dua stel pakaian sipil harian (PSH) dalam setahun. Juga pakaian sipil resmi (setahun sekali), pakaian dinas harian (PDH) satu kali dalam setahun. Selain itu, disiapkan pula mobil dinas dan tunjangan kelengkapan lainnya seperti tunjangan keluarga (suami, istri dan anak) berupa uang yang ketentuan setingkat PNS golongan IV, yang kesemuanya belum termasuk gaji pokok, dan tunjangan kesehatan keluarga dan tunjangan lainnya. (mik/lyo)

Page 10 of 901