Malang Post

Batu Agropolitan

Gunakan Mobil Plat Hitam, Jaksa Bagi-Bagi Stiker

Share
BATU - Ajakan melawan korupsi, nampaknya hanya sebatas kata-kata. Jaksa di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu menggunakan mobil dinas plat hitam saat bagi-bagi stiker dan brosur anti korupsi kepada masyarakat yang melintas di simpang empat Lippo Plasa, Selasa (9/12), kemarin.
Tidak jelas kenapa mobil dinas yang khusus digunakan untuk Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) milik Kejaksaan Negeri ini setiap hari selalu berplat hitam, apakah untuk menghindari membeli BBM non subsidi atau karena sebab lain.
Sama seperti seluruh Kejari se-Indonesia, Hari Anti Korupsi se-Dunia juga diperingari oleh Kejari Batu dengan menggelar upacara serta bagi-bagi stiker serta brosur. Mereka memilih membagi stiker kepada masyarakat umum tanpa masuk ke instansi-instansi pemerintah.
Lebih menarik lagi, banyak masyarakat yang menolak menerima stiker yang diberikan oleh jaksa-jaksa ini. Akibatnya, para jaksa ini pun balik kucing, kembali menepi ke jalan dan membagikan stiker kepada pengguna jalan yang lainnya.
Menurut Meran, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Batu menjelaskan bahwa peringatan hari Anti Korupsi se-Dunia ini dipusatkan di Jogjakarta. “Kita diinstruksikan untuk menggelar upacara dan bagi-bagi stiker kepada masyarakat,” ujarnya.  
Tema hari Anti Korupsi se-Dunia tahun 2014 ini adalah Tegakkan Integritas, sesuai dengan tema ini, Meran sadar bahwa pemberantasan korupsi harus dimulai dari dirinya sendiri. “Mari kita berantas korupsi dari diri sendiri, Kejaksaan tidak bisa berbuat apa-apa kalau tidak ada dukungan dari masyarakat,” ujar Meran bertekad melawan korupsi dari internal Kejari Batu.
Tidak hanya membagi ratusan stiker, Kejari Batu juga memasang banner-banner di beberapa sudut kota.  Banner ini bertuliskan ajakan untuk bersama-sama melawan korupsi.  Untuk mencegah korupsi mereka harus melakukan upaya pencegahan dengan terus melakukan himbauan serta melakukan penerangan hukum kepada masyarakat.
Mengenai tindak pidana korupsi di Kota Batu, menurut Meran terjadi peningkatan kualitas, seperti modus operandinya. “Kita berusaha maksimal untuk menekan terjadinya tindak pidana korupsi,” terangnya.
Sementara itu di hari Anti Korupsi se-Dunia Pemuda Pancasila Kota Batu meminta kepada Jaksa untuk bercermin dan melakukan pengusutan tindak pidana korupsi tanpa tebang pilih. “Jangan tebang pilih dalam penegakan tindak pidana korupsi,” ujar Endro Wahyu, Ketua MPC PP. (muh/feb)
comments

Page 10 of 1225