Malang Post | Malang Post - Malang Post

Komunitas


PECINTA klub sepak bola asal Inggris, Liverpool pasti tak asing dengan nama Bold Indonesia Group of REDS’ Supporters (Bigreds). Berdiri atas inisiatif dari Astri Widayanti, 1 Januari 2000. Pengurus pertama yang membantu jalannya perkumpulan itu. BIGREDS pun tercatat sebagai satu-satunya suporter klub sepak bola mancanegara yang berdiri di Indonesia sebelum tahun 2000.
Saat itu, menjelang pergantian millennium tepatnya tanggal 28 Desember 1999, para pegiat mailing list liverpoolfc-ind@onelist.com berkumpul di rumah Hendra Kurniawan dan mengikrarkan berdirinya perkumpulan pecinta Liverpool FC yang saat itu dinamai Liverpool FC Fans Club Indonesia.
Popularitas komunitas ini tak berhenti sampai di situ, Bigreds juga menjadi suporter klub pertama di Indonesia yang mendapatkan status Branch (sebutan resmi klub suporter dari Liverpool FC) dari klub yang didukungnya. Momen gemilang tersebut terjadi di tanggal 18 Oktober 2004. Apa yang dicapai Bigreds dengan status Indonesia’s Official Liverpool FC Supporter Club jauh mendahului klub suporter lain di Indonesia.


“Tentu Bigreds tidak terlena dengan status serba pertamanya,” ujar Donny Agustiyanto, Ketua Bigreds Malang.
Ia mengatakan, saat ini, Bigreds terus mencoba untuk memperkuat posisi sembari berkreasi dari segala sisi. Ia juga menceritakan, akhir November 2012, member resmi tercatat tidak kurang dari 5200 member tersebar di 27 regional di berbagai kota di Indonesia, termasuk wilayah Kota Malang yang mencapai 120 member.
Ia mengatakan, berbagai kegiatan rutin pun digelar di semua regional Bigreds seperti kegiatan wajib nonton bareng (nonbar), futsal, sepak bola, bulutangkis dan lain-lain. Berbagai kelimpahan ide dari setiap member di regional Malang membuat mereka juga tak jarang membuat kegiatan insidental yang berguna seperti kegiatan off season yang bertujuan meningkatkan keguyuban internal maupun kegiatan sosial yang bertujuan memperkuat hubungan harmonis dengan masyarakat sekitar. (mgb/oci)


Sumbangkan Seribu Rupiah untuk Satu Gol
MALANG – Kreatifitas membuat Bigreds lagi-lagi menjadi inisiator kegiatan sosial bernama “One Goal One Thousand (OGOT)”. Ide kegiatan ini adalah untuk setiap gol yang tercipta oleh Liverpool FC, mereka siap menyumbangkan seribu rupiah. Meski pada prakteknya banyak yang menyumbang lebih dari nominal itu untuk setiap gol yang tercipta. Kegiatan peduli sosial ini pertama kali didengungkan pada tahun 2009 bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan.
Donny mengatakan, untuk hasil sumbangan denda 1 Gol, disumbangkan ke panti asuhan yang ada di Kota Malang.
“Para pendukung Liverpool FC dikenal sebagai suporter dengan karakter dan cara mendukung yang bagus,” ungkap Donny.
Ia menambahkan, bahkan banyak sosok dan tokoh penting sepak bola dunia mengakuinya dengan berbagai ragam kekagumannya.
Hal yang tentunya tidak jauh berbeda yang dilakukan oleh suporter yang tergabung di Bigreds.
“Gaya dukung pada saat nobar dan prestasi di berbagai kegiatan menunjukkan itu. Hal ini membuat Bigreds menjadi profil yang menarik untuk liputan media,” ujar dia dengan sedikit bercanda. (mgb/oci)


Rutinitas Nobar Lahirkan Keakraban Anggota
MALANG – Bigreds Malang sendiri memiliki kegiatan nonton bareng sebagai rutinitas komunitas ini setiap minggunya. Nobar rutin ini dilakukan di Gedung Kick Off, jln. Letjen S. Parman 107 Malang.  Komunitas yang berjumlah 120 orang ini sangat kompak untuk membela timnya.
“Rutinitas nonton bareng inilah yang menjadi ikatan kekeluargaan kita,” ujar Donny Agustiyanto.
Yang menjadi kewajiban saat nonton bareng ini adalah menggunakan seragam liverpoool, dan membawa aksesoris lainnya.
Donny mengatakan, rutinitas Nobar mingguan ini selalu dilakukan dan ditunggu-tunggu.
“Liverpool itu seperti jiwa kami,” ceritanya.
Ia mengatakan, jiwa yang telah menyatu pada tim favoritnya itu juga melahirkan rasa  kekeluargaan diantara anggotanya.
Selain itu, Bigreds memiliki majalah internal yang secara periodik rutin hadir untuk member dan non-member dalam jumlah ribuan eksemplar.
“Walk On Redsletter” merupakan majalah yang diterbitkan oleh Bigreds IOLSC. Sebuah karya yang coba kita dokumentasikan ke dalam bentuk yang apik atas dasar kecintaan kepada Liverpool F.C,” cerita Donny.
Isi dari majalah ini adalah tentang tulisan berita seputar club sepak bola kecintaan Bigreds. Selain tentang seputar liputan Liverpool majalah ini juga berisi tentang informasi kegiatan dari komunitas Bigreds di seluruh Tanah Air.
“Kesemua content tersebut dikontribusikan secara berkualitas oleh member,” imbuhnya.
Ia menambahkan,  yang belum mendapatkan majalah ini, bisa didapatkan dengan cara langsung mendapatkannya pada saat kegiatan Nonton Bareng di Kick off yang berada di depan toko Hartono Electronik.  (mgb/oci)

Halaman 1 dari 152

Please publish modules in offcanvas position.